Home Investasi Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Perhiasan

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Perhiasan

by Lara Nifa
investasi emas

Berinvestasi emas memang sangatlah menguntungkan, tapi itu jika Anda berinvestasi pada emas murni. Berbeda dengan emas perhiasan yang memang bisa juga dijadikan investasi masa depan. Hanya saja, ada kekurangan dan kelebihan yang harus Anda ketahui ketika ingin investasi emas perhiasan. Untuk lebih jelasnya, mari ikuti ulasannya berikut ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Perhiasan 

Emas memang logam yang sangat berharga dan nilainya pun sangat tinggi. Namun, perlu Anda ingat bahwa emas yang memiliki harga tinggi adalah yang mempunyai kadar kemurnian yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja berbeda dengan emas perhiasan yang masih diberi campuran logam lain. Maka daripada itu, tidak heran jika investasi emas perhiasan mempunyai kelebihan dan kekurangan, seperti berikut ini: 

Kelebihan Investasi Emas Perhiasan 

Emas perhiasan tentu saja mempunyai banyak kelebihan untuk kehidupan Anda. Berikut ini adalah kelebihan investasi emas perhiasan: 

  1. Menjadi pelengkap penampilan 

Kelebihan pertama dengan investasi emas perhiasan adalah dapat menjadi pelengkap penampilan. Hal ini sendiri tidak lepas dari bentuk dari emas perhiasan yang di desain secantik mungkin. Dimana tentu saja ini akan menjadi pelengkap penampilan Anda ketika sedang berada di luar rumah. 

Karena emas dikenal dengan harganya yang mahal, maka tidak heran jika orang yang menggunakan emas selalu dicap sebagai orang yang mempunyai kemampuan finansial yang baik. Semakin besar emas perhiasan, maka biasanya harganya pun akan semakin mahal. 

  1. Dapat dibeli di toko emas mana saja 

Kelebihan lain dari emas perhiasan adalah sangat mudah didapatkan. Hal ini sendiri karena banyaknya toko emas yang ada sekarang ini. Sehingga bagi Anda yang akan berinvestasi emas perhiasan pun tidak kesulitan. Apalagi rata-rata toko emas yang ada di Indonesia mempunyai kualitas yang sangat baik. 

Tidak heran jika banyak orang yang lebih memilih menabung perhiasan daripada emas murni. Karena selain mudah didapatkan, emas perhiasan juga punya banyak pilihan dan bisa digunakan dimana saja. 

  1. Harganya lebih murah 

Emas perhiasan tentu saja memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan emas murni yang masih dalam bentuk batang. Hal ini sendiri dikarenakan tingkat kemurnian dari emas perhiasan sudah menurun. Dimana memang dalam proses pembuatan emas perhiasan akan diberikan campuran logam lain. 

Walaupun memang ada emas yang mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi, tapi tentu saja harga yang harus Anda bayarkan juga mahal. Anda pun harus menyiapkan budget yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan yang rendah tingkat kemurnian. 

Kekurangan Investasi Emas Perhiasan 

Selain kelebihan, sudah pasti ada kekurangan dari investasi emas perhiasan ini. Berikut ini adalah kekurangannya: 

  1. Harga jual yang jauh lebih murah 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tadi bahwa dalam emas perhiasan sudah dicampur dengan logam lain dan menyebabkan kemurnian emas juga turun. Semakin rendah kemurnian emas, maka jelas semakin murah pula harga jualnya. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. 

Berbeda ketika Anda membeli emas batangan yang kemurniannya mencapai 99%, dimana harganya pasti akan sangat mahal sekali. Hal ini juga sebanding dengan harga beli dari emas perhiasan yang jauh lebih rendah dibandingkan emas murni. 

  1. Harus dirawat 

Karena sudah dicampur dengan logam lain, biasanya perawatan yang diperlukan juga berbeda. Tidak jarang beberapa emas perhiasan bisa berubah warna jika kadar kemurniannya sangat rendah. Bahkan ada yang akan lecet jika terbentur sesuatu. Jika terjadi hal ini, maka jelas harga dari emas perhiasan juga bisa turun drastis. 

Jadi, ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di emas perhiasan, lebih baik tahu bagaimana cara merawatnya agar emas tetap terjaga dan harga jual tidak turun terlalu jauh. 

  1. Resiko hilang sangat besar 

Tidak seperti emas murni batangan yang tidak perlu dibawa kemana-mana, emas perhiasan sudah pasti akan digunakan oleh Anda. Hal ini meningkatkan resiko hilang yang cukup besar. Karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi ketika Anda beraktivitas. 

Maka daripada itulah banyak orang yang kehilangan perhiasan di tempat umum atau mengalami tindak kriminal. Jadi, sangat disarankan sekali untuk tidak menggunakan perhiasan jika memang tidak begitu penting. Karena resiko kehilangan yang bisa merugikan. 

Itulah beberapa penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari investasi emas perhiasan. Walaupun begitu, hingga sekarang investasi emas perhiasan masih terbilang sangat menguntungkan. Apalagi jika Anda memang menyukai emas perhiasan, dimana sewaktu-waktu bisa Anda pakai sendiri atau jual kembali. 

Sangat disarankan ketika ingin berinvestasi emas, maka harus melihat kadar kemurnian yang ada. Hal ini sendiri penting, mengingat semakin tinggi nilai dari kadarnya, maka harganya pun akan jauh semakin mahal. 

Related Posts