Home Tips Kelebihan Apotek Online di Masa Pandemi

Kelebihan Apotek Online di Masa Pandemi

by Lara Nifa
apotik online

Di zaman serba canggih seperti sekarang, transaksi online mengalami lonjakan yang dapat dikatakan sangat cepat. Ini termasuk membeli dan menjual obat-obatan di apotek online. Di Indonesia, konon keberadaan apotek online semakin meningkat, terutama di sebagian kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang. Maraknya apotek online sekarang dikarenakan pelayanannya yang menawarkan banyak fasilitas yang tidak terdapat di apotek biasanya.

Sebelumnya untuk membeli obat Anda harus pergi ke apotek, tetapi sekarang Anda dapat membelinya secara online tidak harus pergi keluar rumah. Yuk, cek kelebihan apa saja dari apotek online ini. 

Apa itu apotek online? 

Anda dapat membeli berbagai jenis obat yang Anda butuhkan, mulai dari obat batuk, obat biasa, masker, alat tes gula darah, alat cek kolesterol, vitamin, suplemen diet, bahkan jenis produk lainnya misalnya produk perawatan kulit. Sama pula membeli produk lain di e-commerce, Anda bisa mengakses apotek online kapan saja dan dimana saja untuk membeli produk kesehatan atau obat-obatan yang Anda butuhkan. Transaksi pembayaran umumnya diproses dengan beragam metode pembayaran, termasuk transfer bank dan dompet digital  yang ditawarkan di situs web apotek online.

Kelebihan apotek online 

Di Indonesia, hadirnya apotek online semakin meningkat, terutama sejak adanya pandemi  di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan apotek online semakin menawarkan layanan pengiriman dan pemesanan gratis yang membantu konsumen untuk membeli obat tanpa  keluar rumah. Berikut beberapa kelebihan yang apotek online miliki.

1. Beli obat lebih praktis 

Kelebihan dari apotek online yaitu Anda bisa memesan semua jenis obat dengan menggunakan aplikasi atau mengunjungi website di smartphone Anda. Lalu, apabila Anda dapat dengan mudah menemukan obat yang Anda butuhkan tanpa harus mencarinya di apotek.

2. Buka 24 jam 

Apotek biasa biasanya buka dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Bahkan bisa juga tutup lebih awal. Oleh karena itu, tidak jarang mengecewakan pelanggan. Sebagian besar apotek online buka 24 jam sehari. Cukup pesan dan bayar dan obat pasti diantar ke lokasi Anda. Ini sangat bermanfaat jika Anda membutuhkan obat di tengah malam.

3. Bebas antrian 

Antrian untuk membeli obat di apotek biasa bisa sangat ramai. Sebab, bukan hanya satu pelanggan yang membeli obat. Itu pasti bukan masalah besar sebelumnya, tetapi Anda harus menghindari antrian selama pandemi. Kehadiran apotik online memudahkan pembelian obat tanpa antrian. 

Cukup buka situs web dari rumah Anda di ponsel cerdas Anda dan Anda akan segera mendapatkan obat yang Anda butuhkan. Anda dapat menghemat waktu dan meminimalkan risiko terkena virus tanpa mengantri.

4. Harga obat lebih murah 

Banyak apotek online yang menawarkan produk dan obat kesehatan dengan harga yang murah dan banyak orang juga yang senang membeli obat atau vitamin yang promo. Sehingga sangat mungkin untuk Anda membeli semua produk kesehatan tanpa harus melebihi anggaran yang telah ditetapkan. 

5. Jenis produk lebih lengkap 

Tidak seperti toko obat biasanya, hampir seluruh apotek online menawarkan beragam jenis obat dari kategori obat, membantu pelanggan menemukan produk yang mereka butuhkan. Selain  obat-obatan, ada juga yang menjual produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, dan produk untuk ibu dan anak. Tetapi, harap periksa legalitas dan keaslian produk sebelum Anda mengkonsumsinya. 

6.Mudah mengetahui detail produk 

Sebelum Anda membeli obat-obatan harap baca detail produk untuk menghindari kesalahpahaman. Keunggulan apotek online yaitu  detail dan deskripsi produk yang lengkap (termasuk izin BPOM dan tanggal kadaluarsa) lebih mudah dibaca dan Anda dapat lebih akurat menentukan obat-obatan yang ingin dibeli.

7. Tersedia fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker 

Walaupun online, tetapi Anda bisa melakukan sesi konsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui obat apa yang harus Anda beli. Pastinya fitur ini  akan memudahkan pasien untuk mengetahui dosis, aturan pakai dan fungsi obat yang akan dikonsumsi. 

8. Dilengkapi dengan fitur tebus resep 

Untuk orang dengan riwayat penyakit tertentu, biasa membeli obat tidak semudah membeli suplemen makanan atau vitamin. Hal ini disebabkan oleh obat-obatan tersebut memerlukan resep dokter. Fitur tebus resep ini disediakan oleh sebagian besar apotek online memudahkan pembelian obat langsung dengan resep dokter Anda tanpa mengantri. Unggah resep dokter Anda ke aplikasi Anda dan tunggu prosesnya sampai apoteker mengirimkan obat tersebut ke alamat Anda dengan cepat. 

9. Gratis ongkir 

Keuntungan membeli obat dari apotek online bukan cuma mudah dan cepat, namun juga hemat. Hemat waktu dan pengiriman sebab Anda tidak perlu mengantri. Biaya pengiriman sering digratiskan dalam berbagai kondisi. 

Inilah manfaat apotek online yang harus Anda ketahui. Dengan munculnya apotek online, memudahkan Anda untuk mendapatkan obat yang Anda butuhkan menjadi tidak lagi sulit. Pastikan Anda puas dengan produk kesehatan dari apotek online untuk Anda dan keluarga.

Related Posts