Home Investasi Kaum Millinneal, Ini Cara Untuk Investasi Emas

Kaum Millinneal, Ini Cara Untuk Investasi Emas

by Lara Nifa
investasi emas

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melipatgandakan dana yang kita miliki. Mulai dari ditabung, dijadikan modal usaha hingga diinvestasikan agar bisa mendapatkan keuntungan. Hal yang kini cukup popular dilakukan adalah dengan investasi. Bagi kaum millennial, investasi dianggap sebagai gaya hidup produktif untuk menghasilkan keuntungan dari dana yang kita miliki. Investasi pada dasarnya memiliki arti pengalokasian dana yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan jangka waktu tertentu.

Bukan sekedar hanya untuk mencari keuntungan semata, investasi juga dilakukan sebagai salah satu cara untuk menjamin masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu ketika kita masih produktif dalam berpenghasilan, kita bisa mulai investasi untuk masa depan. Investasi sendiri mempunyai banyak pilihan yang bisa kita pertimbangkan untuk dicoba. Beberapa contoh dari investasi antara lain saham, obligasi, sukuk, reksadana, deposito hingga investasi pada barang berharga dan juga properti.

Investasi barang berharga kini sedang naik. Investasi barang berharga berupa logam mulia yang sering menjadi pilihan adalah investasi emas. Emas dipilih sebagai salah satu yang investasi dianggap baik karena emas mempunyai kecenderungan untuk naik harganya dari waktu ke waktu dan jarang sekali mengalami penurunan yang signifikan. Oleh sebab itu emas dianggap sangat menarik untuk menjadi salah satu investasi terlebih lagi sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari investasi emas. Keuntungan itu antara lain:

Keuntungan investasi emas

  • Mudah dicairkan ketika dibutuhkan

Yang menjadi nilai plus investasi emas dibandingkan dengan investasi lain adalah karena emas mudah dijual ketika kita membutuhkan dana segar yang mendesak. Jadi untuk mendapatkan dana segar investasi emas menjadi yang paling leluasa dan paling mudah untuk dicairkan karena pada beberapa investasi lain, ada tempo yang harus dipatuhi untuk mendapatkan keuntungan dari produk investasi tersebut.

  • Emas adalah investasi yang bebas pajak

Hal yang menarik dari investasi emas adalah karena investasi ini bebas dari pajak. Dibandingkan investasi lain seperti saham dan obligasi, emas cenderung tanpa pajak karena tidak ada system bagi hasil dari perusahaan yang bisa menimbulkan pajak. Ataupun seperti investasi properti yang terikat pajak tahunan yang harus kita bayar. 

  • Terlindung dari inflasi

Emas memiliki kecenderungan untuk terus naik harganya dari waktu ke waktu sehingga emas dianggap aman dari inflasi. Dibanding dengan menyimpan uang yang nilainya bisa terus turun dan beresiko terkena inflasi, menginvestasikan dana dengan membeli emas akan melindungi kekayaan karena nilainya yang akan terus naik sehingga akan memberi keuntungan yang lebih baik.

Untuk memulai berinvestasi terutama pada investasi emas, ada beberapa hal yang harus kita pahami dan persiapkan agar investasi yang kita lakukan berhasil dan juga menghasilkan keuntungan yang maksimal. Penasaran dengan investasi emas ini? Yuk kita simak cara berinvestasi emas untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal bagi pemula.

Cara investasi emas

  • Tetapkan tujuan

Sebelum kita berinvestasi apapun, tetapkan dulu tujuan yang ingin diraih dari investasi ini. Hal ini penting untuk dilakukan sebagai motivasi dalam berinvestasi itu sendiri. Banyak tujuan yang bisa dipilih mulai dari kebebasan finansial di beberapa tahun mendatang, atau tujuan-tujuan lain seperti untuk biaya pernikahan, sebagai modal usaha dan lain sebagainya. Dengan ada tujuan dan target yang sudah ditetapkan, kita jadi memiliki motivasi untuk konsisten dan fokus pada investasi yang kita lakukan. 

  • Pantau perkembangan harga

Setelah menetapkan tujuan dari investasi yang kita lakukan, hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah memantau perkembangan harga emas dipasaran. Hal itu ditujukan untuk menentukan kapan kita bisa membeli emas untuk memulai investasi. Walaupun harga emas selalu cenderung naik, ada kalanya harga emas itu akan turun dan itulah waktu yang tepat bagi kita untuk membeli emas dan memulai investasi. Dengan membeli emas saat harga turun akan membuat keuntungan kita menjadi lebih besar.

  • Belilah emas di tempat yang tepat, aman dan juga terpercaya

Hal penting yang juga harus kita pertimbangkan adalah tempat untuk membeli emas harus bisa menjamin legalitas dari emas itu sendiri. Jangan tergiur pada harga yang miring dan tidak masuk akal karena pada investasi emas ini juga sarat dengan penipuan. Carilah tempat jual beli emas yang aman dan juga terpercaya serta terjamin legalitasnya.  Pastikan juga emas yang kita beli dilengkapi surat sertifikat yang menjamin keasliannya.  

  • Siapkan tempat penyimpanan yang aman

Setelah membeli emas sebagai investasi, kita harus mempersiapkan tempat penyimpanan yang aman bagi emas kita. Kita bisa menyiapkan brankas ataupun safety box untuk menghindarkan emas yang kita miliki dari pencurian yang jelas sangat merugikan. Selain menyimpan emas yang kita miliki di rumah, kita bisa juga menyimpan emas yang kita miliki di bank yang menawarkan SDB (safe deposit box). Untuk menggunakan layanan ini tentu saja kita harus membayar biaya rutin yang ditentukan dari pihak bank.  

  • Fokus pada investasi

Hal terpenting yang harus kita lakukan ketika berinvestasi adalah tetap fokus dalam berinvestasi terlebih lagi pada investasi emas yang cenderung lebih menguntungkan bila dilakukan dalam jangka panjang. Selalu motivasi diri untuk tetap disiplin dalam mengejar tujuan dari investasi tersebut agar kita lebih fokus pada investasi yang sudah kita lakukan.

Related Posts