Home Tips Kamu Harus Tahu Modus Penipuan Belanja Online

Kamu Harus Tahu Modus Penipuan Belanja Online

by Lara Nifa

Semakin maraknya belanja online semakin marak pula para oknum yang memanfaatkan hal ini untuk melakukan modus penipuan agar mendapatkan cuan. Para penipu tersebut membuat modus menjadi penjual online baik melalui media sosial sampai marketplace.  Selain itu bahkan para penipu juga ada yang menyamar sebagai kurir bahkan petugas bea cukai demi mengelabui para calon korbannya. Tinggi nya tingkat penipuan ini mengharuskan setiap orang untuk terus waspada ketika akan berbelanja online.

Tetapi karena awamnya masyarakat terhadap modus modus yang marak, menjadikan hal ini terus terjadi berulang kali sampai menyebabkan korban yang sangat banyak. Untuk itu, masalah ini sebenarnya sudah memasuki masalah yang cukup serius yang harus ditangani. Diharapkan pemerintah dapat melakukan edukasi kepada warganya agar dapat  terhindar dari modus ini. Karena untuk saat ini hampir seluruh masyarakat sudah sangat berketergantungan dengan belanja secara online.

Modus Penipuan Saat Belanja Online

Toko online yang palsu

Modus pertama yang sering dilakukan oleh para penipu biasanya adalah membuat toko online palsu, baik di media sosial maupun di marketplace. Modus yang jalankan biasanya mereka menjual barang atau suatu produk dengan harga yang sangat murah dan dibawah pasar. Karena harga yang sangat miring inilah biasanya banyak orang yang tertarik untuk membeli. Nah, ketika ada seseorang yang tertarik dengan produk tersebut, mereka akan melayani nya dengan sebaik mungkin bahkan dengan waktu yang sangat cepat agar orang tersebut tidak beralih. Bahasa yang digunakan juga biasanya sangat professional dan dapat dengan mudah untuk meyakinkan para korbannya.

Setelah para korban sudah yakin untuk membeli produk itu, dan sudah mentransfer sejumlah uang untuk pembayaran maka nantinya barang tersebut tidak akan diantarkan. Untuk itu, modus modus macam ini sebenarnya dapat kita antisipasi dengan banyak cara. Seperti, kamu harus mencurigai toko yang menjual dengan harga sangat murah. Kemudian kamu dapat melihat ulasan yang ditulis oleh para pelanggan sebelum sebelumnya, dan yang terakhir kamu dapat menggunakan sistem pembayaran COD untuk antisipasi barang mu tidak diantarkan. 

Mengaku sebagai petugas bea cukai

Modus yang sering ditemukan selanjutnya adalah mengaku sebagai pihak bea cukai. Hal ini biasanya ketika kamu melakukan pembayaran antar negara. Melakukan pembelanjaan antar negara biasanya memanglah sangat sulit dan ribet, tetapi kamu juga perlu berhati hati terhadap modus ini karena memang cukup sulit untuk membedakannya. Biasanya penipu tersebut akan menyamar sebagai pihak bea cukai yang sedang menahan barang mu, dan ujung ujungnya orang tersebut meminta tebusan agar barang mu dapat keluar dari penahanan otoritas.

Jika kamu mengalami modus serupa, hal pertama yang kamu lakukan adalah berpikir dengan jernih. Apakah benar kamu sedang membeli barang tersebut, jika iya kamu juga harus memastikan terlebih dahulu sampai dimana barang tersebut. Biasanya jika membeli suatu barang melalui marketplace, maka kamu akan mengetahui setiap posisi dari barang itu. Beda lagi jika kamu hanya membeli barang dari luar negeri melalui teman mu, maka besar kemungkinan barang tersebut tertahan oleh pihak cukai. Tetapi kamu harus benar benar memastikan apakah oknum tersebut memang petugas cukai atau tidak. 

Phishing

Modus lainya yang kerap terjadi adalah phising. Modus ini biasanya akan mengarahkanmu pada situs belanja palsu. Untuk itu, ketika membuka suatu link atau website kamu harus berhati hati terhadap tautan yang tertera tersebut. Jangan sampai kamu masuk pada situs situs bodong yang dapat merugikan. Apalagi situs bodong tersebut biasanya memiliki banyak penawaran yang sangat menarik. Hal itu tentu saja kan menarik minat mu untuk menelusurinya lebih jauh, bahkan sampai pada tahap pembelian.

Ketika kamu terkena modus ini, maka kamu tidak akan bisa meminta pertanggungjawaban kepada siapapun. Karena pemilik situs tersebut saja sangat sulit untuk dilacak apalagi ditemukan. Tetapi jika kamu suda terlanjur modus penipuan seperti ini dengan jumlah yang besar, kamu dapat melaporkannya kepada pihak berwajib agar dapat diusut. 

Meminta data data pribadi

Kadang terdapat modus penipuan berupa doorprize atau hadiah dari sebuah perusahaan yang akan memberikanmu sejumlah uang bahkan kendaraan mewah. Biasanya modus ini berupa link yang harus kamu isi data data pribadi agar dapat menebus hadiah tersebut. Jika sudah mengarah ke data data yang bersifat pribadi, kamu harus segera keluar dari link tersebut karena sudah dapat dipastikan hanya sebuah modus penipuan semata. Jangan mau dengan sukarela memberikan data pribadi mu untuk hal hal yang belum dapat dipastikan kehalalannya.

Karena jika data pribadi mu sudah bocor, maka orang orang akan dengan mudah untuk meretas apapun milikmu. Mulai dari alamat rumah mu sampai tabungan yang kamu simpan di bank sekalipun bahkan dapat lenyap.

 

Related Posts