Home Bisnis dan Usaha Cara Memulai Usaha Jualan Burung

Cara Memulai Usaha Jualan Burung

by Lara Nifa

Jika Anda merupakan seorang pecinta burung dan Anda berpikir untuk mencoba menjadikan hobi anda menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

Burung merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena keindahan bulunya, bentuk fisik dan juga kicauannya pun mampu membuat banyak orang rela mengeluarkan uangnya demi mendapatkan burung favoritnya.

Aalah satu jenis burung yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah burung berkicau. Burung berkicau ini adalah burung yang mempunyai kelebihan khusus terutama pada suaranya.

Bahkan burung ini sering sekali di dalam sebuah lomba ataupun kontes untuk menentukan apakah burung tersebut memiliki suara kicauan yang bagus ataupun tidak.

Sekilas Mengenai Usaha Jualan Burung

Usaha jualan burung kicauan ini sangat bagus untuk dijalankan, karena jika Anda berbicara mengenai hobi maka orang yang memiliki ketertarikan pada burung kicau akan rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk mendapatkan burung dengan suara kicauan yang merdu.

Tentunya hal ini akan menjadi sebuah peluang usaha bagi para anda calon pengusaha baru.  Oleh karena itu anda tidak perlu bingung nantinya apabila pendapatan dari berjualan burung ini bisa berkali-kali lipat dibandingkan harga belinya.

Selain itu banyaknya komunitas pecinta burung yang tersebar luas dan tersebar di seluruh Indonesia dan juga terdiri dari berbagai kalangan baik dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa ataupun dari golongan kelas atas, kelas menengah sampai kelas kebawah. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah alasan penting mengapa usaha  berjualan burung ini sangat layak dan menjanjikan untuk dikerjakan.

Kelebihan Usaha Jualan Burung

Apakah kelebihan dari usaha jualan burung kicau ini?  Usaha jualan burung kicau ini tentunya memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah usaha ini akan memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan pada setiap kali penjualannya. Terlebih lagi jika burung yang ada jual telah banyak memenangkan kontes dari kicauannya maka harga burung yang Anda jual itu akan terus meningkat sesuai dengan jumlah kontes yang telah dimenangkan.

Selain itu Anda juga dapat menyesuaikan modal dengan keadaan dompet anda,  sehingga Anda tidak akan merasa keberatan dalam menjalankan usaha ini.

Usaha ini juga dapat dijadikan sebagai jenis usaha sampingan sehingga pendapatan dari usaha ini dapat menambah dari penghasilan utama Anda.

Bagi Anda yang memiliki hobi untuk memelihara burung kicau tentunya usaha jualan burung ini akan menambah penghasilan bahkan Anda perasaan bahagia karena anda menjalaninya dengan hobi Sehingga anda tidak merasa terbebani dalam proses usaha jualan burung ini.

Keuntunga Usaha Jual Burung

Berapakah harga jual serta keuntungan yang bisa didapatkan oleh setiap penjual burung?  Seperti yang telah dibahas sebelumnya penghasilan dari usaha jualan burung ini dapat menggiurkan.

Bagi siapapun yang yang mengetahuinya, hal ini terbukti karena harga burung yang memiliki suara kicauan yang merdu tidak bisa sama sekali dianggap murah.

Karena sebagaimana kita tahu burung merupakan salah satu hewan peliharaan yang mempunyai harga yang tergolong mahal, bahkan harga dari 1 ekor burung saja dapat mencapai jutaan rupiah.

Anda dapat melihat kisaran harga burung kicau yang beredar di pasaran Kemudian Anda bandingkan dengan harga burung biasa, tentunya anda akan mendapatkan perbedaan harga yang cukup signifikan antara burung biasa dengan burung kicau.

Jika Anda ingin memulai untuk melancarkan usaha jualan burung kicau ini maka anda harus memulainya dengan membuat  nama dan branding.

Dalam proses pembuatan nama dan branding ini adalah proses yang paling sulit. Jika anda ingin memiliki pelanggan tetap maka Anda harus mempunyai nama yang sudah terkenal sehingga membuat Anda banyak diminati oleh para pecinta burung.

Mengingat biasanya para pecinta burung itu akan menitipkan burungnya yang hendak dijual kepada orang-orang yang terpercaya tentunya dengan nama dan branding yang baik pula, kemudian melalui orang tersebutlah burung tersebut bisa diperjualbelikan.

Contohnya website omkicau adalah salah satu contoh dari website yang memfasilitasi para penjual burung untuk memperjualbelikan burungnya di website tersebut.

Selain itu di website tersebut juga telah tersedia berbagai macam keperluan burung seperti pakan obat-obatan mainan kandang hingga lainnya.

Melalui percobaan tersebut maka akan mempermudah mempertemukan antara penjual dan pembeli burung.  Untuk usaha perorangan Anda dapat membangun sebuah nama dan branding dengan cara banyak mengikuti sebuah kompetisi dan aktif berkecimpung serta bergaul dengan komunitas pecinta burung lainnya.

Anda juga harus aktif untuk mengikuti setiap kompetisi sehingga akan besar kemungkinan untuk burung Anda mendapatkan berbagai penghargaan yang akan membuat harga jual burung Anda semakin besar nantinya

Demikian adalah penjelasan mengenai usaha jualan burung apabila anda tertarik Anda dapat menjalankan jenis usaha yang satu ini. Semoga membantu.

Related Posts