Home Bisnis dan Usaha Jenis Usaha Rumahan Yang Bisa Dijalankan Mahasiswa

Jenis Usaha Rumahan Yang Bisa Dijalankan Mahasiswa

by Lara Nifa

Apakah Kamu seorang mahasiswa sedang mencari ide usaha untuk menambah uang kuliah kamu atau sekadar menambah uang jajan kamu? Kenapa kamu tidak mencoba usaha rumahan yang saat ini sedang booming di kalangan anak-anak muda. Tidak membutuhkan modal yang besar untuk mulai menjalankan usaha rumahan ini. Selain itu waktu kerja pun fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu kuliah dan belajar kamu.

Meski menggunakan modal yang tidak terlalu besar, menjalani usaha rumahan bisa mendatangkan keuntungan yang besar lho kalau kamu serius menjalaninya. Tentu saja dibutuhkan produk atau jasa yang berkualitas serta pelayanan yang memuaskan untuk membuat usaha rumahan kamu berkembang.

Kelebihan Usaha Rumahan Dibandingkan Usaha Lain

Memulai usaha rumahan bisa membantu kamu mendapatkan cuan selain kamu juga bisa belajar untuk mandiri. Sebelum membahas jenis usaha rumahan, berikut beberapa keuntungan menjalankan usaha rumahan dibandingkan jenis usaha lainnya.

1.Tidak perlu sewa tempat

Dengan memulai usaha rumahan, kamu tak perlu menyewa tempat lagi, kamu bisa memanfaatkan lokasi rumahmu untuk menjalankan usaha rumahan kamu. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan jenis usahanya saja. Kamu bisa menggunakan kamar kosong yang tak terpakai di rumah kamu, area garasi ataupun teras rumah kamu.

2. Bisa dijalankan secara online maupun offline

Ada berbagai jenis usaha rumahan, kamu bebas untuk memilih jenis usaha rumahan yang cocok untuk kamu jalankan, ada usaha rumahan yang bisa kamu jalankan secara daring atau online, ada pula usaha yang dapat kamu jalankan secara offline

Jika kamu menjalankan usaha rumahan kamu secara online pastikan jaringan internet kamu mempunyai koneksi yang baik. Sebaliknya jika kamu menjalankan usaha rumahan kamu secara offline pastikan lokasi usaha kamu mendukung untuk usaha yang kamu jalankan.

Jenis – Jenis Usaha Rumahan

Berikut beberapa jenis usaha rumahan yang bisa kamu coba untuk kamu jalankan.

1. Online Shop

Jenis usaha rumahan  yang cocok banget buat kamu kaum mager, karena hanya dibutuhkan smartphone dan koneksi internet untuk menjalankan usaha rumahan berbasis online ini. Usaha rumahan ini cocok untuk kamu jika rumah kamu mempunyai area terbatas dan tak memungkinkan untuk menjalankan usaha rumahan secara offline, atau kamu yang hanya berstatus anak kosan dengan kamar kost yang sepetak.

Kamu bisa memulai usaha online shop sebagai reseller atau dropshipper. Yang membedakan adalah jika kamu menjadi reseller, kamu menyimpan stok produk yang akan kamu jual dan akan memakan tempat apalagi jika produk kamu berukuran besar. Jika demikian, kamu bisa menjalankan usaha rumahan kamu sebagai dropshipper, karena dropshipper hanya meneruskan pesanan ke penjual sebagai perantara dan tidak menyimpan produk yang dijual.

Menjadi dropshipper juga bisa menjadi solusi buat kamu yang belum memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha. Kamu bisa menjalankan usaha ini kapan saja dan dari mana saja. Carilah produk yang cocok untuk kamu jual dan jangan lupa seringlah mempromosikan produk kamu di marketplace maupun media sosial kamu.

2. Thrift Shop

Usaha jaman now yang sedang digandrungi anak  muda generasi kini. Jika kamu memiliki area garasi atau teras rumah, kamu bisa mencoba usaha baju bekas atau thrift shop sebagai usaha rumahan kamu. Apalagi kamu mempunyai banyak baju bekas yang sudah tidak terpakai daripada menumpuk di gudang atau kamar kamu kenapa tidak dijadikan cuan saja. Kamu juga bisa menjalankan usaha ini secara online.

Thrift shop atau second hand store adalah toko yang khusus menjual baju dan barang bekas ber merek atau brand import yang masih dalam keadaan kayak pakai. Selain baju banyak barang bekas lain yang bisa kamu jual seperti sepatu atau tas. Kamu juga bisa bekerja sama dengan teman-teman kamu yang mungkin ingin menitipkan barang bekas layak pakainya di tempat kamu. Kamu bisa berbagi hasil dari keuntungan penjualan dengan teman kamu.

3. Kuliner Kekinian 

Satu lagi usaha rumahan jaman now yang bisa kamu lirik selain usaha thrift shop adalah kuliner kekinian. Siapa sih yang tidak suka jajan, apalagi sekarang banyak jajanan yang begitu menggoda lidah kita. Kamu bisa memulai dengan sebuah food stall kecil di depan rumah kamu untuk memulainya. Banyak pilihan jajanan kekinian yang bisa kamu coba mulai dari kopi susu, boba, martabak mini sampai cilor.

Bahkan kamu juga bisa memulai usaha rumahan ini tanpa bermodalkan gerobak atau food stall. Caranya, kamu cukup menjalankannya secara online dan bekerjasama dengan penyedia makanan online. Saat ini sudah banyak aplikasi penyedia jasa  makanan online yang bisa kamu pilih. Kamu hanya tinggal mendaftar menggunakan smartphone kamu untuk memulai usaha rumahan ini. 

Kesimpulan

Dengan menjalankan usaha rumahan, kamu akan mendapatkan tambahan uang yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan kamu seperti membiayai kuliahmu, kebutuhan harian, jajan, liburan  ataupun sekedar tabungan untuk masa depan dan investasi. Jadi sudah siap memulai usaha rumahan kamu?

 

Related Posts