Home Bisnis dan Usaha Jenis Tanaman Hidroponik Paling Menguntungkan

Jenis Tanaman Hidroponik Paling Menguntungkan

by Lara Nifa
tanaman hidropnik

Menanam menggunakan metode media tanpa tanah dan meningkatkan nutrisi untuk tanaman supaya lebih efisien dalam kualitas yang diinginkan, Metode ini bisa disebut metode penanaman tumbuhan secara Hidroponik. Tingkat kebutuhan tanaman menggunakan metode hidroponik adalah utamanya membutuhkan asupan air yang cukup sedikit dan pupuk yang kualitas baik, metode ini sudah mengenyampingkan tanah untuk media utamanya.

Menanam menggunakan metode Hidroponik sangat cocok penerapannya di daerah atau lokasi yang tidak begitu memiliki pasokan air yang cukup. Biasanya penanaman metode hidroponik berada di kawasan perkotaan dan tidak membutuhkan banyak tempat, di sisi lain metode ini juga tidak membuat petani sering membersihkan lokasi seperti halnya penanaman menggunakan tanah akan sering membersihkan rumput liar dan ceceran pupuk jatuh ke bawah.

Jika Anda ingin memulai menanam dengan metode Hidroponik dan ingin mendapatkan keuntungan dari bercocok tanam dengan metode Hidroponik, Anda harus mempelajari bagaimana meningkatkan unsur hara dan menstabilkan unsur mineral supaya tumbuhan tersebut dapat menjadikan nilai ekonomi yang tinggi untuk Anda, Apa saja tanaman dengan metode Hidroponik yang banyak dijadikan Hobi tapi menguntungkan, simak uraiannya dibawah ini:

Sayuran Selada

Jenis tanaman atau sayuran satu ini adalah yang paling banyak dipakai atau dibutuhkan restoran junk food, selada menjadi komoditas masyarakat lokal dan juga masyarakat pelancong dari luar negeri. Tumbuhan sayur ini sangat cocok dibudidayakan menggunakan metode Hidroponik karena lebih banyak membutuhkan sinar matahari dan sedikit air untuk menanamnya.

Daun selada banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia ketika membuat olahan lalapan bersama dengan sayuran lainnya, pecel lele, ayam goreng dan lain-lain,  selada ini dikonsumsi secara mentah akan tetapi harus di bersihkan dengan sangat teliti. Sedangkan di luar negeri selada banyak digunakan oleh restoran junk food sebagai pelengkap burger, hotdog, dan juga salad sayur. Selain menyehatkan karena memiliki antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Nilai ekonomi sayuran selada juga sangat bagus untuk Anda memulai bisnis tanaman Hidroponik.

Sayuran Paprika

Sayuran paprika adalah salah satu jenis tumbuhan hortikultura yang sangat mudah dalam budidayanya dan secara pertumbuhan juga sangat cepat. Tumbuhan paprika juga sangat sulit ditanam jika media yang dipakai adalah tanah, maka dari itu paprika sangat cocok jika menggunakan metode hidroponik. paprika biasanya digunakan untuk penyedap rasa alami dan juga bisa digunakan sebagai penyedap salad sayur.

Pembudidayaan paprika agak sedikit sulit jika tidak dirawat secara intensif karena tidak boleh terlalu terkena sinar matahari langsung dan pasokan air untuk paprika juga harus cukup.

Paprika ini cara perawatannya sedikit mirip dengan tomat, cabai yang membutuhkan suhu udara yang stabil untuk menghasilkan bobot kualitas lalu hal ini juga dapat mempengaruhi nilai ekonomi penjualan paprika tersebut.

Buah Anggur

Buah anggur adalah salah satu buah favorit masyarakat indonesia dan sering kali dicari setiap harinya. Di Indonesia anggur menjadi komoditas buah yang banyak sekali olahannya, dari minuman, salad hingga makanan, selain itu nilai ekonomi yang tinggi bisa menjadi salah satu bisnis budidaya Hidroponik bisa Anda coba.

Akan tetapi budidaya anggur harus menjaga suhu yang relatif dingin supaya memaksimalkan jumlah panen nantinya, biasanya budidaya anggur berada di suhu 25 derajat celcius dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung, Budidaya anggur ini menggunakan metode Hidroponik yang sedikit memerlukan air dan tidak perlu media tanah.

Sayuran Seledri

Sayuran seledri merupakan sayuran yang fungsinya sebagai penyedap rasa dan juga bisa untuk menampilkan warna cantik pada makanan yang dibuat. Sayuran seledri merupakan budidaya metode Hidroponik yang cocok untuk pemula, karena dari segi bibit dan cara menanamnya sangat mudah dan tidak membutuhkan tempat luas.
Nilai ekonomi seledri ini mungkin tidaklah tinggi seperti paprika, seledri, dikarenakan seledri ini sangat mudah dijumpai dan tingkat pertumbuhannya dibilang paling cepat diantara tumbuhan dengan metode Hidroponik lainnya.

Buah Strawberry Merah

Siapa yang tidak suka dengan buah yang merah merona ini, dengan rasa asam manis dan tekstur yang lembut adalah buah strawberry. Buah ini seperti halnya Anggur juga menjadi buah yang dalam pengolahannya banyak sekali digunakan seperti jus buah, selai, ice blend, makanan berat sampai makanan ringan pun banyak menggunakan buah strawberry ini.

Buah strawberry hanya bisa ditanam pada daerah dataran tinggi dengan suhu yang sejuk atau dingin, lalu sinar matahari yang minim menjadikan pertumbuhan buah ini semakin cepat. Nilai ekonomi buah strawberry ini sangat tinggi, hingga buah ini juga diekspor ke luar negeri. dalam budidayanya buah ini sangat mudah dan harus memiliki lahan yang luas supaya ketika masa panen akan mendapatkan pundi pundi yang menguntungkan.

Setiap jenis buah-buahan dan sayuran yang ditanam menggunakan metode Hidroponik memiliki kelebihan masing-masing dan juga nilai ekonomi yang menggiurkan untuk Anda coba.

Related Posts