Home Tabungan Jenis-Jenis Tabungan yang Ada di Negara Indonesia

Jenis-Jenis Tabungan yang Ada di Negara Indonesia

by Lara Nifa

Fenomena dimana masyarakat memilih untuk menabung atau menyimpankan uangnya di bank membuat bank besar di negara ini, seperti Mandiri, BCA, BNI dan juga BRI selalu menghadirkan berbagai produk tabungan yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai kebutuhan. 

Dimana tabungan bukan hanya digunakan sebagai menyimpan uang yang tidak digunakan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai tujuan finansial lainnya, baik untuk bisnis, pendidikan anak dan sebagainya. 

Lalu, apa saja jenis atau produk tabungan yang dimiliki oleh bank-bank tersebut? Silahkan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama :

Tabungan Konvensional

Merupakan tabungan yang paling umum ada di Indonesia dan jenis tabungan yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hampir mayoritas nasabah bank menjadi pemilik dari rekening tabungan ini. Karena memang masyarakat Indonesia awalnya dikenalkan terlebih dahulu dengan jenis simpanan ini dibandingkan yang lainnya.

Keuntungan dari tabungan konvensional, yaitu bunganya yang diberikan untuk nasabah adalah sebesar 0,5% sampai dengan 2%. Walau begitu nasabah juga dibebankan sejumlah biaya administrasi, dimana nominal dari biaya tersebut tentunya tidak sama dan tergantung dari jenis tabungan yang nantinya dipilih oleh nasabah.

Tabungan Investasi

Berikutnya ada tabungan investasi, dimana tujuan dari jenis ini adalah untuk berinvestasi. Jadi, tidak hanya untuk simpanan dana saja. Untuk tabungan investasi ini, bank menyediakan beberapa jenis.

Misalnya seperti deposito dan saham. Dimana kedua tabungan ini akan memberikan keuntungan yang pastinya tidak akan membuat Anda kecewa, namun sebelum Anda memutuskan untuk membuka simpanan untuk investasi ini.

Anda harus terlebih dahulu mengenal dan memahami apa itu investasi beserta instrumennya serta profil risiko. Kemudian perlu Anda ketahui juga, ketika sudah memutuskan untuk berinvestasi menggunakan deposito maupun saham. Anda tidak dapat menarik uang sesuka hati, seperti tabungan pada umumnya.

Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah tabungan yang memiliki manfaat dan ketentuan yang berbeda dengan tabungan konvensional. Dimana pada jenis tabungan ini Anda sebagai seorang nasabah akan terikat jangka waktu sehingga tidak dapat menarik uang yang disetorkan sesuka hati.

Dimana bila Anda menarik dana tersebut sebelum jatuh tempo, maka akan dikenakan denda atau penalti oleh pihak bank karena dianggap melanggar kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.

Keuntungan dari tabungan berjangka, yaitu :

  • Memunculkan kesadaran diri seseorang perihal pentingnya menabung untuk tujuan finansial lebih baik.
  • Dapat menabung yang disesuaikan dengan rencana, namun ini beresiko rendah.
  • Memperoleh bunga yang kompetitif.
  • Wadah untuk berinvestasi dan mempersiapkan diri agar lebih siap menghadapi kebutuhan di masa mendatang.
  • Mudah untuk dicairkan, walaupun apabila Anda ambil sebelum waktu yang ditentukan bisa terkena denda atau penalti.
  • Adanya fasilitas asuransi jiwa di beberapa jenis tabungan berjangka di Indonesia.

Tabungan Giro

Biasanya yang menggunakan tabungan giro adalah perusahaan, karena memang bertujuan untuk keperluan bisnis. Namun, Anda harus tahu bila nasabah yang membuka rekening giro itu tidak akan memperoleh buku tabungan, tetapi hanya berupa rekening koran dan akan dikirim secara rutin ke pihak perusahaan.

Tabungan Haji

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menunaikan ibadah haji, Anda dapat mulai menabung di bank-bank yang memang menyediakan produk tabungan haji. Dimana biasanya jenis tabungan ini bisa Anda temui pada bank syariah.

Dengan adanya tabungan haji, tentunya sangat membantu para calon jamaah dalam mengelola keuangan mereka. Karena memang tujuan utama diadakannya tabungan haji agar dapat mempermudah jamaah haji ketika menjalankan kewajibannya selama di tanah suci.

Tabungan Anak

Selanjutnya ada tabungan anak. Dari namanya sudah pasti memang dikhususkan untuk anak-anak, namun tabungan ini masih tetap tersambung dengan tabungan pribadi orang tuanya. Mayoritas pembukaan tabungan ini memang untuk keperluan buah hati di masa depan, misalnya sekolah atau kuliah.

Kemudian, saat ini sudah banyak bank di Indonesia yang menyediakan jenis tabungan ini. Tujuan diadakannya tabungan anak adalah untuk mengenalkan manfaat dari menabung kepada buah hati Anda agar nantinya mereka dapat mengelola keuangan dengan baik dan disiplin.

Tabungan Pegawai

Untuk tabungan yang satu ini umumnya memiliki kesamaan dengan tabungan konvensional atau biasa, tetapi tabungan pegawai hanya khusus bagi karyawan dari suatu perusahaan dan memang memiliki kerja sama dengan bank tertentu. 

Nantinya tabungan tersebut bisa dijadikan sebagai fasilitas tabungan beserta kartu identitas si pegawai. Untuk tabungan pegawai, Anda sebagai nasabah dibebaskan untuk melakukan penyetoran dana dengan nominal berapapun dan dapat menerimanya kapan saja tanpa dibatasi jangka waktu.

Tabungan Mahasiswa

Terakhir ada tabungan mahasiswa. Dimana jenis yang satu ini memang khusus untuk mahasiswa yang memiliki keinginan untuk menabung. Tabungan ini memiliki setoran awal ringan dan pastinya bebas dari biaya administrasi. Anda bisa membuka rekening di bank manapun di Indonesia, karena sekarang semua instansi keuangan tersebut memang telah menyediakannya.

Related Posts