Home Investasi Jenis-Jenis Perusahaan Investasi Terbaik di Indonesia

Jenis-Jenis Perusahaan Investasi Terbaik di Indonesia

by Lara Nifa

Sekarang kegiatan berinvestasi di negara ini memang sedang banyak dilakukan oleh semua kalangan pada perusahaan investasi. Tetapi Anda juga harus waspada karena banyak sekali perusahaan yang asal usulnya tidak jelas dan hanya mencari keuntungan pribadi.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya Anda mencari tahu dahulu perusahaan yang menjadi incaran. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda tidak mengalami kerugian dan hanya meraup keuntungan secara maksimal dalam hal finansial.

Kemudian Anda juga harus mengetahui kriteria-kriteria dari perusahaan investasi secara resmi dan tepat serta memang benar-benar menjalankan seluruh kewajiban dan tanggung jawabnya dengan baik.

Kriteria perusahaan investasi terbaik

Berikut di bawah ini adalah kriteria dari perusahaan investasi dan wajib Anda ketahui agar tidak mendapatkan kerugian di masa yang akan datang :

  • Mempunyai nomor izin untuk melaksanakan kegiatan operasional

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah perusahaan tersebut telah mengantongi nomor izin untuk beroperasi secara sah dan tentunya masih aktif. Nomor izin dari perusahaan dapat Anda lihat dan cari melalui website resmi milik OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Hal tersebut tentunya akan membuat Anda menjadi lebih yakin bila perusahaan dimana Anda ingin berinvestasi memang ada dan telah memiliki izin untuk beroperasi. Terlebih mereka juga diawasi oleh pihak yang memang mempunyai kewenangan pada bidang tersebut.

  • Memiliki kantor resmi yang bisa didatangi

Keberadaan sebuah kantor, merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan apapun sekalipun pekerjaan yang lakukan semuanya berbasis daring (online). Termasuk perusahaan investasi, karena nantinya sudah pasti akan mendapatkan banyak sekali kunjungan dari orang-orang yang ingin berinvestasi.

  • Mempunyai layanan customer service

Kemudian yang terakhir adalah layanan customer. Mengapa penting? Karena sudah pasti akan mempermudah siapapun termasuk Anda ketika membutuhkan bantuan saat terjadi kendala yang tentunya berhubungan dengan investasi.

Perusahaan investasi terbaik yang ada di Indonesia

Berikut dibawah ini adalah perusahaan investasi yang telah cukup lama beroperasi di negara ini dan tentunya terpercaya :

  • PT. BPAM (Batavia Prosperindo Aset Manajemen)

Perusahaan investasi yang sudah berdiri dari tahun 1996 ini merupakan perusahaan terbaik dan terdepan yang dimiliki oleh Indonesia. Hingga sekarang, BPAM masih terus berkembang dalam bisnis, khususnya pada reksadana.

Bisnis tersebut mereka kelola dengan sangat baik. BPAM memiliki dua produk yang banyak dicari oleh para investor, yaitu pengelolaan dana secara bilateral dan reksadana. Dimana pihak-pihak yang menjadi agennya adalah pihak perbankan (nasional dan asing). Nasabah yang berinvestasi kebanyakan merupakan perusahaan asuransi, korporasi, dana pensiun dan lainnya.

  • PT. Mandiri Manajemen Investasi

Perusahaan yang adalah spin-off PT. Mandiri Sekuritas ini telah berdiri dari tahun 2004, walaupun masih termasuk di dalam bagian PT Bank Mandiri (persero). Mandiri Investasi memiliki beberapa produk, seperti investasi alternative, reksadana hingga pengelolaan dana bagi nasabah secara personal.

Bahkan, tahun ini Mandiri Investasi berhasil meraih penghargaan dalam nominasi Reksadana Terbaik tahun 2021 di acara penghargaan Best Mutual Fund Awards 2021. Jadi, sudah pasti tidak akan ada keraguan bila Anda ingin berinvestasi melalui perusahaan ini.

  • PT. Bahana TCW Investment Management 

Bahana adalah anak perusahaan yang dimiliki negara IFG (Indonesia Financial Group) serta perusahaan yang menjadi Manajer Investasi Globay asal Los Angeles Amerika Serikat, yakni TWC (Trust Company of The West).

Bahana sendiri sudah berdiri selama hampir 25 tahun dan sudah berhasil melewati krisis ekonomi dengan sangat baik. Hal tersebut yang menjadikan perusahaan ini menjadi dipercaya oleh banyak investor di Indonesia.

  • PT. Schroder Investment Management Indonesia 

Sudah berdiri sejak 1991 dan memiliki nama Schroders Indonesia, perusahaan ini adalah manajer investasi dengan 99% sahamnya merupakan milik Schroders Plc. Produk jasa serta layanan investasinya, yaitu berupa layanan investasi dan akan sangat membantu para nasabahnya untuk mendapatkan segala yang dibutuhkan dalam hal finansial.

  • PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia

Manulife aset merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak 1996, perusahaan investasi ini berpusat di Kota Jakarta. Dimana industri yang satu ini memang selalu berhasil memberikan solusi bagi masyarakat terkait investasi, seperti reksadana. Anda bisa tenang, karena perusahaan ini terbukti aman serta terpercaya karena secara resmi telah terdaftar dan berada di dalam pengawasan OJK.

Demikianlah beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang investasi terbaik yang dimiliki oleh Indonesia dan kualitas dari jasa pelayanan baik. Pengelolaan dananya juga sangatlah terjamin, selain itu Anda jadi mengerti karakteristik dari perusahaan-perusahaan investasi agar tidak mengalami kerugian saat memutuskan untuk memulai berinvestasi.

Berhati-hatilah juga ketika ada yang menawarkan kepada Anda untuk melakukan investasi, mintalah nomor izinnya dan periksalah langsung melalui situs resmi OJK. Apakah perusahaan tersebut telah terdaftar disana.

Related Posts