Home Perencanaan Jenis-Jenis Deposito yang Ditawarkan Oleh Pihak Bank

Jenis-Jenis Deposito yang Ditawarkan Oleh Pihak Bank

by Lara Nifa

Tahukah Anda bila deposito tidak hanya memiliki fungsi untuk tabungan berjangka? Namun, juga bisa Anda jadikan sebagai sebuah investasi yang pastinya akan memberikan keuntungan kepada nasabahnya. 

Rata-rata laba yang diberikan pun selalu stabil apabila dibandingkan dengan jenis investasi lain, contohnya obligasi atau emas. Imbal hasilnya terbilang lumayan, karena itulah banyak orang yang memilih deposito sebagai tabungan investasi. Karena dianggap bisa memberikan peluang yang baik setiap tahunnya.

Apa Itu Deposito?

Deposito merupakan jenis produk simpanan yang dimiliki oleh bank, dimana proses penyetoran serta penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah disepakati. Apabila nasabah ingin menarik dana tersebut sebelum waktunya, maka nantinya akan terkena penalti (denda).

Rata-rata bank akan menawarkan tempo mulai dari 1 (satu) bulan sampai dengan 2 (dua) tahun. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Perlu Anda ketahui juga, bila waktu penyimpanan semakin lama, maka akan semakin besar juga pembayaran yang Anda dapatkan.

Jenis-jenis Deposito

Apabila Anda telah memahami tentang definisi dari Deposito, selanjutnya Anda perlu mengetahui jenis dari produk-produk deposito yang disediakan oleh pihak bank. Namun, sekali lagi perlu diketahui, bahwa ketika Anda telah memutuskan untuk menggunakan deposito.

Anda tidak dapat menarik uang sebelum jatuh tempo. Walaupun begitu, Anda bisa memperpanjang jangka waktu dari deposito yang dilakukan otomatis menggunakan sistem Automatic Roll Over (ARO).

Berikut di bawah ini adalah 3 (tiga) produk deposito yang harus Anda ketahui. Yaitu :

  • Deposito Berjangka

Pertama, deposito berjangka merupakan jenis deposito yang memiliki tempo tertentu dan bisa Anda dapat menentukannya sendiri, waktu yang ditawarkan adalah  3 (tiga) bulan hingga 2 (dua) tahun. Tipe deposito ini juga tidak dapat diambil hingga jatuh tempo sesuai kesepakatan. Seperti jenis simpanan umumnya, deposito berjangka memiliki nominal untuk setoran awal.

Di mana kebijakan dari nominal setoran adalah minimal deposito tentunya berbeda-beda di setiap bank. Tetapi, simpanan deposito pada umumnya mulai dari Rp 8.000.000. Dimana angka tersebut biasanya berlaku bagi semua jenis tabungan deposito, tidak terkecuali untuk deposito berjangka.

  • Sertifikat Deposito

Kemudian ada juga Sertifikat deposito yang merupakan salah satu produk yang biasanya akan ditawarkan oleh pihak bank serta kredit union ketika akan memberikan premi pada suku bunga, hal ini dimaksudkan sebagai imbalan untuk para nasabah yang menyetujui akan meninggalkan setoran lump sum dan tidak akan diambil atau ditarik sampai dengan tempo yang disepakati.

  • Deposito On Call

Selanjutnya Deposito on call adalah jenis deposito dengan jangka waktu yang singkat mulai dari 3 (tiga) hari sampai dengan 1 bulan. Deposito ini dapat memberikan Anda pilihan dalam menyimpan uang. Untuk mencairkannya Anda hanya cukup menghubungi pihak bank terkait, maksimal 3 (tiga) hari sebelumnya.

Tips Memilih Deposito

Supaya keuntungan yang akan didapat dari deposito lebih maksimal, Anda bisa mempraktekkan beberapa cara berikut ini :

  1. Pastikan bila dana yang disimpan pada deposito merupakan uang yang pasti tidak akan digunakan dalam waktu dekat.
  2. Pilihlah produk yang memiliki bunga menarik serta sesuai dengan tempo yang dibutuhkan.
  3. Pilihlah produk yang biaya administrasinya rendah dan penalti yang diberikan juga wajar.
  4. Beberapa bank akan menawarkan fitur terbaiknya, misalnya penarikan bunga pada waktu yang telah ditentukan serta bilyet yang bisa dijadikan sebagai jaminan pinjaman.

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Deposito

Berikut adalah beberapa manfaat serta keuntungan yang Anda dapatkan apabila memiliki deposito :

  • Mendapatkan bunga

Keuntungan ketika memiliki deposito, yaitu Anda akan mendapatkan bunga yang kompetitif bila dibandingkan dengan tabungan pada umumnya. 

  • Uang tersimpan dengan aman

Dengan membuka tabungan deposito, maka dana yang Anda simpan akan aman berada di bank. Karena hal tersebut telah dijamin oleh LPS. Jadi, simpanan uang Anda pada deposito bank sudah pasti aman.

  • Salah satu cara berinvestasi dengan mudah

Deposito adalah salah satu opsi untuk berinvestasi dengan mudah dan aman bagi Anda yang masih pemula. Risiko dari investasi ini terbilang kecil, hal ini dikarenakan adanya jaminan dari LPS. Risiko bisa saja terjadi, apabila negara sedang mengalami masalah terkait politik besar dan terjadinya krisis ekonomi.

  • Mudah dalam mengakses bunga

Keuntungan serta manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari jenis investasi ini, yaitu adanya kemudahan ketika akan mengakses bunga. Meskipun dana tidak bisa diambil apabila belum waktunya. Namun, bunga tetap bisa Anda nikmati. Bank akan mengirimkan bunga deposito tersebut ke rekening pribadi Anda.

Demikianlah beberapa hal mengenai deposito yang perlu Anda tahu, mulai dari jenis, manfaat, hingga bunga yang akan didapat. Tentunya, berinvestasi dengan deposito akan memberi rasa aman dan nyaman karena suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan dan risikonya yang cukup rendah. 

Related Posts