Home Investasi Jenis Investasi yang Paling Mudah Dilakukan Untuk Ibu-Ibu

Jenis Investasi yang Paling Mudah Dilakukan Untuk Ibu-Ibu

by Lara Nifa

Secara umum memang ibu-ibu memiliki aktivitas yang dilakukan rutin di rumah atau dalam sebuah organisasi dan komunitas yang diikutinya berupa acara arisan, selain bisa mengakrabkan diri masing-masing juga sekaligus bisa untuk menabung. Mungkin, bagi sebagian orang beranggapan bahwa menjalankan aktivitas atau menabung (mengumpulkan uang dalam waktu yang lama) adalah suatu investasi mudah yang bisa dilakukan.

Nyatanya, kegiatan tersebut bukanlah suatu aktivitas yang dinamakan investasi. Tentu saja arisan bukan merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sebagai investasi karena suatu alasan.

Alasan tersebut merupakan, uang yang selama ini dikumpulkan dalam arisan akan dimiliki sesuai hasil kocokan nama random yang keluar dengan jumlah uang yang sama. Hasil dari arisan adalah hasil yang sudah disepakati dari awal mulainya arisan. 

Sebab, uang yang sudah dikumpulkan tidak akan bertambah. Apalagi belum diperhatikan dari yang namanya inflasi dan sebagainya.

Maka dari itu, sebagai ibu-ibu pun tidak ada salahnya mencoba investasi. Investasi akan jadi lebih penting dan ada manfaatnya daripada hanya menabung uang atau ikut aktivitas arisan saja. 

Tidak perlu khawatir, karena ada juga beberapa jenis investasi yang aman dan bisa diandalkan untuk ibu-ibu yang masih pemula dan khawatir. Investasi yang direkomendasikan pun juga akan mendapatkan hasil keuntungan yang bisa membantu keperluan rumah tangga atau tabungan masa depan.

Rekomendasi Jenis Investasi yang Bisa Diambil Untuk Ibu-Ibu

Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang aman dan bisa menghasilkan keuntungan yang bisa diambil untuk ibu-ibu. Intip yuk!

Reksa Dana

Jika masih sangat pemula bagi ibu-ibu memilih investasi menggunakan reksa dana pasar uang adalah salah satu pilihan terbaik yang ingin aman. Apalagi memang nyatanya secara umum, masih banyak ibu-ibu diluar sana yang masih sangat awam tentang investasi.

Reksadana pasar uang bisa jadi pilihan terbaik yang aman dan tetap mendatangkan hasil yang untung. Karena memilih reksadana tidaklah susah, tidak ribet dan mudah saja diikuti apalagi yang masih awam.

Jika memilih instrumen investasi yang satu ini bisa dikatakan cukup aman karena akan dibantu oleh MI atau Manajemen Investasi.

SBN : Surat Berharga Negara

Selanjutnya adalah Surat Berharga Negara yang diluncurkan dari pemerintah untuk kontribusi dalam membiayai anggaran dalam negara. Jadi, sederhananya sebenarnya investasi menggunakan jenis instrumen satu ini maka seorang investor sama saja dengan memberikan pinjaman uangnya kepada negara/pihak pemerintah yang ada pada jangka waktu tertentu.

Dengan begitu, maka diberikan hasil keuntungan yang dikenal dengan sebutan bunga obligasi atau kupon. Adapun SBN dibagi dalam dua jenis yakni syariah dan juga ada yang konvensional.

Untuk membedakan kedua jenisnya maka jenis yang konvensional adalah surat utang. Sedangkan yang jenis syariah adalah investor memberikan dana pada pihak pemerintah yang nantinya bisa masuk dalam catatan penyertaan pada aset milik negara.

P2P Lending

Selanjutnya adalah jenis investasi yang bisa aman dan cocok untuk ibu-ibu coba adalah P2P Lending atau peer-to-peer lending yang juga cukup populer dalam kalangan investor yang masih pemula. 

Secara sederhana, sebenarnya pada cara kerja dari jenis instrumen investasi yang satu ini adalah memberikan pinjaman dana pada pihak yang lainnya. Kemudian, dana tersebut diberikan pada yang memiliki bisnis yang masih kecil, misalnya UMKM dan sejenisnya dalam suatu wadah khusus.

Bahkan, bisa mulai investasi dengan mulai hanya dari Rp 100.000 saja. Jika ingin memilih P2P Lending maka harus memilih penyalur yang resmi dan sudah masuk resmi dalam daftar pada OJK (otoritas jasa keuangan).

Tidak itu saja, namun usahakan calon investor untuk tetap memeriksa bagaimana keuangan yang dimiliki UMKM yang hendak diberi dana atau modal tersebut.

Deposito

Untuk ibu-ibu yang masih pemula dan hendak investasi maka memilih jenis investasi deposito juga cocok. Apalagi, jenis instrumen yang satu ini juga cukup populer di kalangan investor atau masyarakat luas.

Deposito adalah jenis investasi yang dapat dilakukan karena dikenal aman. Meskipun begitu, deposito sendiri tidak dapat mencairkan uang atau mengambil uang yang sudah di investasi dengan keinginan sendiri. Sebab, dari awal mulainya saja sudah ada persetujuan satu sama lain (pada pihak bank) tentang pengambilan dananya.

Pada umumnya, mengambil dana hasil investasi bisa diberikan izin ambil jika sudah lewat jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, atau bisa juga 6 bulan. Tidak hanya itu saja, bahkan bisa ambil dana yang sudah diinvestasikan setelah jangka waktu satu tahun.

Emas

Investasi jenis emas adalah salah satu jenis investasi yang aman dan terjamin. Jenis investasi emas juga sangat direkomendasikan untuk ibu-ibu karena akan ada keuntungan yang didapat dan aman.

Terdapat dua jenis investasi jenis emas yakni emas logam mulia atau bisa juga investasi menggunakan emas bentuk perhiasan. Selain itu, perlu diingat bahwa ada keuntungannya masing-masing.

Meskipun begitu, investasi emas tidak mudah cair. Karena jangka waktu paling cepat hanya 5 tahun.

Related Posts