Home Perencanaan Jenis dan Cara Kerja Asuransi Di Indonesia

Jenis dan Cara Kerja Asuransi Di Indonesia

by Greg Pascal
jenis asuransi

Masyarakat Indonesia masih belum menyadari secara menyeluruh begitu pentingnya asuransi. Berdasarkan data yang ada bahwa dari 240 juta rakyat Indonesia, hanya 18% saja yang sadar akan kebutuhan asuransi. Mungkin karena 82% belum tau apa itu asuransi dan jenis asuransi

Sedangkan menurut fakta dari data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ternyata dari 240 juta jiwa manusia, hanya 12% saja yang melek akan asuransi, yaitu sekitar 28, 8 juta rakyat Indonesia. 

Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan suatu langkah untuk memproteksi diri sendiri, pendidikan dan harta benda dari kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi dan kemungkinan tersebut tidak bisa diprediksi. 

Berdasarkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan, asuransi adalah suatu perjanjian antara penyedia asuransi (sebagai penanggung) dan masyarakat. 

Tujuan Asuransi Secara Umum

  1. Memberi keamanan untuk masa depan
  2. Alat pengalihan resiko
  3. Memiliki tabungan tak terduga
  4. Meminimalisir kerugian

Jenis Asuransi

1. Asuransi Jiwa

Ada 4 jenis asuransi jiwa, yaitu:

  • Who life insurance (Asuransi jiwa seumur hidup) merupakan asuransi yang  dapat memproteksi individu tertanggung seumur hidupnya. Tetapi ada beberapa perusahaan asuransi yang membatasi sehingga  tidak seumur hidup, yaitu sampai 100 tahun saja 
  • Endowment insurance (Asuransi jiwa dwiguna) merupakan asuransi yang memiliki dua fungsi, yaitu: asuransi jiwa berjangka dan sekaligus sebagai tabungan. 
  • Term life insurance (Asuransi jiwa berjangka) merupakan asuransi yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memproteksi diri peserta tertanggung dalam jangka waktu tertentu
  • Asuransi jiwa unit link merupakan asuransi yang tidak beda jauh dengan asuransi endowment insurance, kelebihan asuransi ini yaitu  menggabungkannya dengan fungsi untuk berinvestasi.

2. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan memiliki fungsi yaitu memberikan proteksi terhadap kendaraan dari kerusakan, kerugian dan kehilangan. 

Asuransi ini pun bisa menanggung terhadap kerusakan kendaraan orang lain atau atas cedera orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung (anggota asuransi).

3. Asuransi Perjalanan

Manfaat dari asuransi perjalanan merupakan asuransi berjangka pendek yang bertujuan untuk memproteksi tertanggung dari kerugian selamat dia berada dalam perjalanan

4. Asuransi Properti

Asuransi properti merupakan salah satu asuransi yang bertujuan untuk memproteksi properti seperti rumah dari berbagai kerusakan dan kerugian

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sangat populer di Indonesia, hal ini bertujuan untuk menjamin pendidikan anak-anak di masa depan. 

Premium yang dibayarkan oleh tertanggung akan berbeda-beda sesuai dengan pendidikan yang dipilih

6. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis ditujukan kepada suatu badan usaha tertentu agar bisa memproteksi usahanya dari kerusakan, kehilangan atau kerugian tertentu seperti gempa bumi, banjir, atau pun ledaman

7. Asuransi Umun

  • Asuransi kebakaran rumah, asuransi ini bertujuan untuk memproteksi rumah dari peristiwa ledakan atau kebakaran  yang tidak bisa diprediksi.
  • Asuransi kemalingan,  asuransi ini bertujuan untuk memproteksi rumah dengan penggantian kerugian akibat pencurian.

8. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan suatu asuransi yang membayar terkait biaya perawatan kesehatan, biaya medis, maupun biaya bedah. 

Asuransi ini bertujuan memproteksi Anda ketika Anda terluka atau sakit agar Anda tidak membayar secara keseluruhan biaya rumah sakit. 

9. Asuransi Kelautan

Asuransi kelautan bertujuan untuk memproteksi yang ditujukan kepada pengangkut atau pemilik perusahaan kelautan

10. Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan asuransi yang memberikan proteksi kepada pihak bank atas resiko kegagalan dalam melunasi pinjaman tunai atau kegagalan dalam melunasi kredit. Contoh asuransi ini yaitu:

  • Asuransi kredit ketahanan pangan dan energi
  • Asuransi KMK (Kredit Modal Kerja) yang ditujukan untuk proyek konstruksi atau non konstruksi
  • Asuransi Kredit Modal Kerja umum aplofend
  • Asuransi Kredit Modal Kerja umum revolving
  • Asuransi kredit investasi
  • Asuransi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) 
  • Asuransi kredit micro pola channeling
  • Asuransi kredit mikro kepada lembaga keuangan

jenis asuransi

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Kerja Asuransi

  1. Perusahaan asuransi menawarkan berbagai macam asuransi kepada calon tertanggung
  2. Kemudian setelah tertanggung memilih jenis asuransi maka harus menyetujui perjanjian polis asuransi
  3. Tertanggung wajib membayar premi asuransi
  4. Tertanggung menerima dan mengklaim asuransi

Menurut penelitian dari Manulife, Covid 19 telah mengubah stigma masyarakat atas pentingnya asuransi . 

Berdasarkan survei yang berhasil menjaring 4000 responden di Asia ternyata sudah memiliki polis asuransi atau sudah berencana untuk membeli polis dalam 6 bulan ke depan. 

Di antara hampir 4000 responden tersebut terdapat 519 responden berasal dari Indonesia. .

Jadi, data yang berhasil Manulife kumpulkan yaitu:

  • Survei dilakukan pada bulan November 2020
  • Terdapat 3946 responden dengan usia 25 tahun ke atas
  • Dari Indonesia terdapat 19 responden
  • Responden tersebut diantaranya merupakan nasabah aktif asuransi dan mereka yang belum mengikuti asuransi tetapi memiliki niat untuk mengasuransikan dirinya dalam 6 bulan mendatang

Kapan manfaat asuransi bisa Anda rasakan?

Manfaat asuransi dapat Anda rasakan ketika Anda mengalami risiko seperti kerugian, kehilangan atau kerusakan yang dipertanggungkan sesuai polis asuransi. Jika resiko itu terjadi, maka Anda perlu mengajukan klaim agar Anda bisa merasakan manfaat asuransi.

Ketika pengajuan klaim memenuhi syarat maka mustahil pengajuan klaim Anda akan ditolak. Oleh karena itu, sebelum resiko terjadi maka Anda harus mengetahui dan mengecek dengan teliti polis asuransi Anda. 

Dengan mengetahui jenis asuransi maka anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, pada dasarnya setiap asuransi mampu memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan di masa depan. Semoga informasi yang tersaji dalam artikel ini bermanfaat.  

Related Posts