Home Bisnis dan Usaha Jenis Budidaya Ikan Paling Menguntungkan dan Cara Memulainya

Jenis Budidaya Ikan Paling Menguntungkan dan Cara Memulainya

by Lara Nifa

Jenis Budidaya Ikan Paling Menguntungkan dan Cara Memulainya 

Bisnis budidaya ikan hias memiliki peluang yang besar karena sekarang banyak sekali peminat ikan hias. Hanya bermodalkan Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu saja, Anda sudah dapat memiliki usaha ikan hias. Untuk ikan yang kecil seperti cupang, maka Anda tidak membutuhkan perawatan khusus dan tempat yang luas, sehingga dapat mengurangi pengeluaran. 

Bisnis ikan hias ini sangat menjanjikan. Harus Anda ketahui jika keuntungan dari bisnis yang satu ini dapat mencapai berkali-kali lipat, lho. Tidak hanya itu saja, keuntungan juga dapat bertambah jika ikan hias yang Anda jual mempunyai motif yang unik. Nah, berikut ini ada beberapa jenis ikan hias yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. 

Jenis budidaya ikan hias yang menguntungkan 

  • Ikan cupang 

Dapat dikatakan jika ikan cupang sekarang menduduki posisi pertama menjadi ikan paling populer dicari dan dijadikan sebagai bisnis. Ukurannya yang sangat kecil menjadikan ikan ini cocok Anda budidayakan dengan mudah di rumah. Hanya membutuhkan akuarium kecil dan Anda pun tidak perlu mempersiapkan tempat luas. 

Berikut ini ada beberapa ikan cupang populer yang biasanya dijadikan bisnis, yaitu: 

  • HMPK (Halfmoon dan plakat)
  • Halfsun
  • Halfmoon
  • Double tail
  • Cupang veiltail
  • Cupang surga
  • Cupang slayer
  • Cupang sawah
  • Cupang sarawak
  • Cupang paradise

  • Ikan gabus Channa atau ikan gabus ini juga menjadi salah satu ikan yang populer selain cupang, lho. Ikan gabus banyak dicari orang untuk dijadikan peliharaan. Nah, peluang tersebut yang membuat masyarakat menjadikan ikan gabus sebagai sumber pendapatan.

Ikan gabus atau channa ini umumnya dipelihara 1 ekor saja untuk 1 aquarium. Ikan channa dapat hidup di dalam air dengan minim oksigen. Jika Anda serius ingin membuka bisnis ikan hias ini, Anda tidak perlu repot untuk memasang penambah oksigen atau instalasi aerator di dalam akuarium. 

Biasanya harga pasaran ikan channa yang ukurannya 5 hingga 6 cm sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 45 ribu per ekornya. Anda dapat mematok harga sedikit lebih tinggi dari harga Anda beli jika serius ingin berbisnis ikan channa. 

  • Tiger fish 

Tiger fish merupakan nama lain dari ikan elang yang merupakan ikan endemik dari Kalimantan, ia memiliki tubuh yang kecil, dengan warna dan coraknya seperti harimau. Namun, untuk harga dari ikan ini bisa dikatakan cukup mahal. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang berminat untuk membeli ikan ini. 

Tiger fish dengan ukuran 1 cm bisa dihargai hingga Rp 25 ribu. Oleh karena itu, semakin besar ukurannya, maka semakin mahal juga harganya. Bahkan, terdapat tiger fish yang dijual dengan harga Rp 25 juta untuk 1 ekornya dengan ukuran hanya 15 cm saja. 

Nah, itulah beberapa jenis ikan hias yang bisa Anda budidayakan dan menjadi pundi-pundi rupiah. Berikutnya mari kita simak ulasan mengenai bagaimana cara untuk memulai usaha ikan hias. 

Cara memulai usaha ikan hias 

  • Buat target pasar 

Tidak hanya orang kaya saja yang mempunyai lahan untuk memelihara ikan hias, semua masyarakat dengan berbagai keadaan ekonomi juga dapat membudidayakan ikan hias dari toples kaca atau akuarium kecil saja. Jenis ikan yang Anda pilih akan menentukan target pasar kalangan atas, menengah atau menengah kebawah 

  • Memiliki ilmu dasar membudidayakan ikan 

Demi meminimalisir resiko mati atau gagal membudidayakan, Anda wajib mengetahui cara memelihara ikan hias yang benar. Haram hukumnya untuk Anda yang ingin berbisnis ikan hias tidak merawat ikan yang sudah dibelinya. Karena tetap saja mereka merupakan hewan yang membutuhkan makan dan perawatan. 

Jika ikan Anda rawat dengan benar, maka konsumen juga akan senang melihat ikan Anda dan berminat untuk membelinya. Warna dan corak ikan hias tentunya sangat bergantung dengan perawatannya, lho. 

  • Fokus di satu jenis saja 

Jika Anda masih pemula, ada baiknya untuk fokus di satu jenis ikan hias saja dan selalu pelajari semua hal tentang perawatan ikan tersebut. Jika telah merasa mampu, Anda boleh menambah beberapa jenis ikan hias lainnya supaya bisnis Anda juga semakin berkembang. 

  • Gunakan media sosial untuk berjualan 

Supaya Anda mendapatkan keuntungan yang banyak, Anda dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan dan menjual ikan. Unggalah secara rutin ikan hias yang ingin Anda jual dan berikan deskripsi yang jelas mengenai ikan tersebut. Tidak lupa untuk cantumkan alamat Anda agar memudahkan pembeli yang ingin berkunjung. 

  • Jual perlengkapan kebutuhan ikan 

Tentunya Anda tidak ingin bisnis berjalan di tempat saja, bukan? Oleh karena itu, sambil berjualan ikan hias, Anda juga bisa berjualan pakannya, akuarium, bibit hingga obat-obatan. Sehingga, selain konsumen membeli ikan, ia juga bisa membeli perlengkapan lainnya di toko Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai jenis budidaya ikan yang menguntungkan dan cara untuk memulainya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis ikan hias!

Related Posts