Jenis Bisnis yang Belum Banyak Dijalani Orang

Dalam dunia bisnis, persaingan antara sesama pebisnis itu adalah hal yang umum. Karena setiap pelaku bisnis pasti memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan dari

Lara Nifa

[addtoany]

Dalam dunia bisnis, persaingan antara sesama pebisnis itu adalah hal yang umum. Karena setiap pelaku bisnis pasti memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan yang tinggi. 

Meski begitu, pesaing atau kompetitor tentu akan menjadi kendala tersendiri bagi para pebisnis. Semakin banyak kompetitor yang dimiliki, maka bisnis tersebut akan lebih sulit untuk berkembang dan unggul di pasaran. 

Maka tak ada salanya jika kamu memilih bisnis yang belum banyak memiliki pesaing atau kompetitor. Sehingga kamu lebih mudah untuk membuat bisnismu unggul dan bisa menguasai pasar. 

Namun apa saja sih jenis bisnis yang belum banyak pesaingnya ? Yuk, cari tahu referensi ide bisnis di bawah ini ! 

6 Contoh Bisnis dengan Sedikit Pesaing

Saat ini siapa saja bisa dengan mudah untuk berbisnis, tidak mengenal tua, muda, dari kalangan atas hingga kalangan menengah kebawah. Akan tetapi, masih ada beberapa jenis bisnis yang masih belum banyak dijalani orang. Ini dia 6 ide bisnis yang bisa jadi inspirasimu !

  • Katering Sehat

Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu tren yang sedang populer sekarang ini. Kesadaran masyarakat untuk mencukupi asupan nutrisi dan gizi dari makanan yang dikonsumsi, semakin tinggi. Ini bisa kamu jadikan peluang bisnis yang menguntungkan karena permintaannya pun pasti akan terus meningkat. Dan biasanya untuk setiap satu porsi katering sehat dihargai cukup tinggi.

Namun sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai katering sehat. Karena kamu harus benar-benar memperhatikan kualitas bahan baku dan peralatan masak yang digunakan hingga cara memasaknya. 

Paket catering yang bisa kamu tawarkan mulai dari harian, mingguan, dan bulanan. Dan pangsa pasar yang bisa menjadi targetmu cukup banyak, baik perorangan maupun partai besar seperti rumah sakit, sekolah, perkantoran, dan lain-lain.

  • Barang Daur Ulang

Bisnis yang satu ini juga belum banyak pesaingnya, padahal berpotensi besar. Kamu cukup memanfaatkan bahan-bahan yang bisa didaur ulang seperti plastik, kaca, kertas, botol, dan lain sebagainya. Kemudian dengan kreativitas dan keterampilan yang kamu miliki, bahan daur ulang tersebut bisa dibuat menjadi barang unik dan menarik.

Kamu bisa membuat tas dari koran, memanfaatkan botol bekas untuk dijadikan pajangan unik, dan kerajinan tangan lainnya yang layak jual. Modal yang dibutuhkan pun tidaklah besar sehingga akan lebih efisien untuk kamu yang bermodal sedikit. Selain itu, kamu juga ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

  • Persewaan Mainan Anak

Kebutuhan anak di zaman sekarang kian bertambah mahal. Kebutuhan anak seperti baju, makanan, susu, dan popok bayi memang harus selalu dipenuhi. Namun bagaimana dengan mainan ? Mengingat anak akan cepat tumbuh besar dan mudah bosan dengan mainannya. 

Pasti tak sedikit orangtua yang memilih tidak membeli banyak mainan untuk anak-anaknya. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka persewaan mainan anak. Tidak hanya sewa bulanan saja, kamu juga bisa menawarkan sewa harian atau mingguan karena akan lebih menguntungkan. 

  • Minuman Kesehatan

Bisnis minuman kesehatan juga patut kamu coba karena belum banyak pesaingnya. Selain itu, kebutuhan manusia untuk mencukupi nutrisinya pun semakin tinggi. Membuat produk minuman kesehatan yang berasal dari bahan-bahan alami pasti banyak diminati. 

Ada beberapa jenis minuman kesehatan yang bisa kamu jual di pasaran, antara lain aneka jamu atau empon-empon, jus buah murni, atau teh serai. Produk-produk tersebut bisa kamu jual dalam bentuk kemasan sehingga lebih awet dan tahan lama. 

  • Jasa Belanja 

Mungkin bisnis yang satu ini masih terlalu asing buat kamu, namun jika dijalankan sungguh-sungguh bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Bagi sebagian orang, belanja bulanan merupakan kebutuhan pokok. Namun terkadang ada orang yang tidak bisa berbelanja sendiri karena suatu hal atau sedang malas bepergian.

Kondisi tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan tidak butuh modal besar. Kamu hanya cukup menawarkan jasa untuk berbelanja bulanan maupun mingguan. Kamu bisa mengemas ulang belanjaan agar terlihat semakin menarik.

  • Financial Planner

Jika kamu memiliki keahlian di bidang keuangan, maka kamu bisa menjadi financial planner. Sejak adanya pandemi, orang-orang semakin tersadar pentingnya melek finansial agar bisa mengelola keuangan dengan baik.

Nah, jasa financial planner pasti akan sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat memahami bagaimana pengelolaan keuangan yang tepat. Dan kamu tak perlu modal besar untuk menjalankan bisnis ini. 

Demikian tadi beberapa jenis bisnis yang belum banyak dijalani orang. Dengan memiliki sedikit pesaing, peluangmu untuk bisa menguasai pasar akan jauh lebih besar dibandingkan menjalankan bisnis yang banyak pesaingnya. Semoga salah satu contoh di atas bisa menjadi inspirasimu ! 

Related Post