Home Regulations Pengertian Ekspor dan Impor yang Bisa Dipelajari Pebisnis Pemula

Pengertian Ekspor dan Impor yang Bisa Dipelajari Pebisnis Pemula

by Lara Nifa

Semua orang pasti pernah dengar kegiatan ekspor dan impor, kegiatan ini sangat berpengaruh pada perekonomian suatu negara dan juga sangat erat pada kegiatan masyarakat di negara berkembang dan negara maju. namun belum banyak orang tahu pengertian lebih detail dari kedua kegiatan yang dapat mendongkrak perekonomian melalui penyerapan tenaga kerja yang sedang melemah akibat dari pandemi covid-19 ini.

Pada dasarnya ekspor merupakan kegiatan mengirim suatu produk atau barang keluar dari suatu negara, sedangkan impor merupakan kegiatan mendatangkan atau mengirim suatu produk atau barang ke negara calon konsumen.

Pengertian Ekspor dan Impor

  • Pengertian Ekspor

Ekspor adalah suatu kegiatan dalam sistem perdagangan yang bertujuan menyalurkan suatu barang atau produk yang dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan yang melibatkan bea cukai untuk melancarkan pengiriman ke mancanegara.

Barang atau produk yang dikirim ke luar negeri memiliki ketentuan dan juga syarat khusus supaya pemasarannya dapat diterima oleh pasar mancanegara seperti kualitas, kuantitas dan juga jenis yang banyak diminati oleh dunia global, selain itu beberapa jenis ekspor juga harus mengikuti prosedur yang sudah dibuat oleh pemerintah setempat tentang mengirim barang seperti pembayaran pajak dan jenis komoditi yang boleh dijual keluar negeri, namun tidak semua komoditi tersebut terkena pajak ekspor seperti produk crafting, kulit, batik dan lain lain.

Prosedur dalam kegiatan ekspor tidak memiliki syarat yang sulit seperti halnya import yang memiliki banyak peraturan dan besaran pajak yang tinggi.

Manfaat Ekspor

  • Meningkatkan Pertumbuhan Industri

Kegiatan perdagangan dalam menargetkan lingkup internasional akan memberikan imbas baik pada industri suatu negara, hal ini akan memberikan suatu ekosistem yang kondusif sehingga dapat bersaing dalam perdagangan internasional.

  • Menambah Devisa Negara

Kegiatan ekspor akan memberikan dampak positif untuk pendapatan suatu negara, karena dengan banyaknya ekspor akan menjadikan ekonomi masyarakat di suatu negara berarti semakin meningkat, selain itu dengan banyaknya pelaku usaha yang bisa melakukan ekspor berarti dapat menumbuhkan investasi yang tinggi untuk meningkatkan devisa suatu negara.

  • Mengendalikan Harga Produk

Dengan banyaknya ekspor ke mancanegara akan membuat harga produk yang di negara asal itu sedang membludak, maka dengan ekspor akan membuat harga lebih stabil, karena jika tidak adanya ekspor dengan produk yang membludak akan membuat harga menjadi sangat murah dan industri akan terjadi kerugian

  • Pengertian Impor

Kegiatan impor merupakan aktivitas memasarkan atau menjual produk atau barang dari luar daerah maupun luar negeri untuk dijadikan barang atau produk yang dijual di dalam suatu negara, biasanya kegiatan impor ini dikarena suatu negara tersebut kekurang suatu produk atau barang yang menjadi komoditas penting untuk masyarakatnya seperti beras, bawang, daging dan lain sebagainya.

Kegiatan permintaan untuk mengirimkan suatu barang atau produk ke dalam suatu negara dengan jumlah besar memerlukan proses yang sangat rumit karena harus ada pendampingan dari pihak bea cukai supaya pemerintah mengetahui berapa jumlah yang masuk dan menghitung besaran pajak yang harus dibayar oleh importir.  Hal ini membuat harga dari barang impor itu lebih mahal karena ada tarif pajak di setiap produk.

Produk impor yang masuk ke dalam suatu negara tidak bisa sembarangan bisa didatangkan karena pihak bea cukai dan pemerintahan memiliki peranan untuk membatasi produk atau barang yang didatangkan oleh importir supaya tidak mengganggu perekonomian suatu negara.

Manfaat Kegiatan Impor

  • Memenuhi Kebutuhan Nasional
    Kebutuhan suatu negara akan barang impor dipengaruhi oleh lokasi geografi, cuaca dan tingkat perkembangan teknologi akan menjadi salah satu faktor dari perbedaan industrinya, sedangkan permintaan dari dalam negeri sangat tinggi dan negara tersebut tidak memiliki produknya sehingga kebutuhan nasional akan terpenuhi dengan kegiatan impor.
  • Memperoleh Teknologi Terbaru
    Kegiatan impor didalam suatu negara yang tidak memiliki barang atau produk dengan teknologi terbaru maka bisa menggunakan kegiatan impor untuk mendatangkan suatu produk dengan teknologi yang tidak ada di negara tersebut, selain teknologi biasanya kegiatan impor seperti bahan baku dan perangkat mesin penunjang industri besar, secara tidak langsung kegiatan ini akan mendukung kestabilan suatu negara.
  • Memperkuat Neraca Pembayaran
    Selain untuk memenuhi kebutuhan nasional dan juga untuk mendapatkan teknologi yang belum bisa dihasilkan oleh suatu negara, kegiatan impor bermanfaat untuk meningkatkan neraca pembayaran sehingga dapat mengurangi adanya devisa yang keluar untuk negara lain.
  • Biaya Produksi
    Dengan adanya kegiatan impor juga sangat berpengaruh pada Industri di suatu negara, kebanyakan di negara berkembang tidak memiliki alat yang dapat mempercepat operasional industri sehingga dengan impor alat pendukung yang lebih membantu operasional industri akan meningkatkan komoditas yang diproduksi untuk masyarakat luas.

Nah itulah pengertian dari ekspor dan impor, apakah Anda tertarik dengan kegiatan menguntungkan ini? Namun harus dengan langkah-langkah sesuai peraturan pemerintah ya!

Related Posts