Home Bisnis dan Usaha Jangan Tergesa Gesa, Berikut Beberapa Kesalahan Yang Kerap Terjadi Saat Mengembangkan Usaha

Jangan Tergesa Gesa, Berikut Beberapa Kesalahan Yang Kerap Terjadi Saat Mengembangkan Usaha

by Lara Nifa

Ketika kamu ingin bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan baik dan meraih kesuksesan, maka kamu tidak boleh tergesa-gesa dalam mengambil keputusan serta harus bisa menghindari kesalahan-kesalah yang kerap dilakukan oleh para pebisnis dan menyebabkan usaha mereka jalan ditempat atau gulung tikar.

Karena itulah selalu dikatakan untuk membuat perencanaan bisnis yang baik dan mempersiapkan segalanya dengan matang. Tentunya semua itu memiliki tujuan agar usaha yang akan dijalankan dapat sukses serta berkembang, juga bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Kesalahan yang Kerap Terjadi Ketika Akan Mengembangkan Usaha

Tentunya ketika kamu menjalankan sebuah bisnis, kamu ingin agar usaha tersebut bisa berkembang dengan baik. Namun, kadang kala ada saja yang menghambatnya, kira-kira apa saja faktor yang bisa membuat bisnis menjadi sulit berkembang? Berikut adalah alasan-alasannya :

  • Tidak sesuai dengan keinginan konsumen

Mungkin ide yang kamu miliki saat ini terdengar menakjubkan karena belum pernah ada yang melakukannya. Namun, belum tentu ketika direalisasikan akan menjadi meledak di pasaran. Karena itu ada baiknya kamu melakukan riset pasar, cari tahu bagaimana persaingannya dan lakukanlah survei dengan benar.

  • Kurang bisa memanfaatkan teknologi

Kamu harus ingat bila sekarang ini teknologi, khususnya digital sudah sangat berkembang. Jangan sampai tidak kamu manfaatkan. Mempromosikan bisnis di media sosial atau website saat ini jauh lebih fleksibel dibandingkan mulut ke mulut atau menggunakan cara klasik (koran, pamflet, brosur dll).

Mengapa? Karena sekarang ini hampir semua orang baik dalam atau luar negeri memiliki akses sosial media. Manfaatkan Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter dan lainnya untuk mendapatkan pelanggan. Jangan menolak teknologi, karena kamu akan rugi nantinya.

  • Dilakukan sendiri

Sekalipun usaha yang kamu jalankan saat ini hanyalah bisnis kecil, bukan berarti segalanya dapat kamu kerjakan sendiri. Bila kamu memaksakan untuk melakukannya sendirian, bisa dipastikan bila tubuh dan mental kamu tidak akan kuat.

Setidaknya kamu harus mempunyai satu atau dua orang yang dapat membantu bisnismu, khususnya bila usaha tersebut mengharuskan kamu untuk mengirim barang pesanan, entah COD atau ekspedisi.

Bila kamu merasa sulit percaya dengan orang luar, kamu dapat mengajak saudara atau keluarga untuk menjalankan bisnis tersebut. Bicarakan kepada mereka mengenai bayaran dan lain sebagainya.

  • Tidak dapat konsisten dalam menjalankan job desk

Bila sudah berniat menjalankan sebuah bisnis, tentunya kamu juga harus konsisten. Jangan pernah menunda apapun, karena menunda 1 pekerjaan saja berarti seluruh kegiatan pada satu hari itu akan banyak yang tertunda termasuk urusan pribadi.

Sebaliknya ketika kamu terlalu sibuk dengan urusan pribadi, maka pekerjaan/ bisnis yang dijalankan bisa keteteran. Karena itu, kamu harus belajar mengatur waktu dan mengerjakan semuanya sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Dengan begitu baik bisnis atau kehidupan pribadi bisa berjalan dan berkembang dengan baik.

  • Tidak mampu mengelola keuangan

Tujuan kamu membangun bisnis tentunya agar bisa memperoleh keuntungan. Tetapi jika kamu tidak mampu mengelola keuangan dan mengendalikannya sejak awal, tentu untuk menikmati untung merupakan hal yang sulit.

Keuangan yang tidak bisa diatur dengan benar bisa membuat usaha tersebut mengalami banyak kendala, misalnya :

  • Tidak tepat dalam menghitung kas masuk dan keluar.
  • Kesalahan dalam laporan pajak.
  • Terlalu mengeluarkan banyak biaya untuk layanan.

Karena itulah, mengapa sebelum membuka sebuah bisnis, baik kecil maupun besar. Kamu harus memahami cara mengelola keuangan dengan baik dan benar. Bila sejak awal cara mengatur uang sudah baik, maka segalanya akan berjalan dengan mudah.

  • Terlalu tergesa-gesa

Walau terdengar tidak sesuai dengan intuisi, namun terlalu cepat dan terburu-buru juga termasuk kesalahan yang kerap dilakukan oleh seorang pebisnis. Memang bukanlah hal yang salah apabila kamu ingin usahamu berkembang dengan cepat, tetapi bila kamu sampai salah melangkah maka bisa menjadi boomerang untuk diri sendiri.

Membangun sebuah bisnis itu, ibarat menanam pohon. Kamu tidak mungkin hanya terus menyiram pohon tersebut tanpa memberinya asupan lain seperti pupuk. Karena bila disiram terus-menerus bisa membuat akarnya rapuh dan membusuk sehingga akhirnya tumbang.

  • Terjebak pada satu metode saja

Semakin berkembangnya dunia, baik teknologi dan lainnya. Tentu akan bijak bila kamu juga menyesuaikannya. Karena, ketika konsumen menginginkan sesuatu yang lebih modern tetapi kamu tidak mau menurutinya. Sudah pasti yang akan kamu dapatkan adalah hilangnya pelanggan dalam jumlah besar.

Karena itu supaya bisnis kecilmu bisa tetap menjadi favorit konsumen, berusahalah untuk beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman saat ini. Inilah sebabnya, seorang pebisnis dituntut untuk bersikap fleksibel.

Berusahalah untuk menghindari kesalahan-kesalahan diatas apabila kamu masih ingin melanjutkan bisnis dan menikmati hasilnya. Walaupun itu memang usaha milikmu, namun bukan berarti kamu boleh bertindak sesuka hati. Jadi, bersikaplah bijak supaya usaha yang kamu miliki dapat berkembang menjadi lebih besar dari sekarang.

Related Posts