Home Tabungan Jangan Digabung, Ini Alasan Kenapa Tabungan Pribadi dan Bisnis Harus Dipisah

Jangan Digabung, Ini Alasan Kenapa Tabungan Pribadi dan Bisnis Harus Dipisah

by Lara Nifa

Sebagai seorang pebisnis, apakah selama ini kamu masih menggabungkan tabungan pribadi dengan tabungan bisnis ? Jika iya, maka mulai dari sekarang sebaiknya pisahkan ke dalam rekening yang berbeda. 

Karena bagaimana pun juga kamu harus memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik ketika menjalankan suatu usaha. Tanpa adanya pengelolaan, usaha kamu tidak akan bisa berkembang dengan baik. Nah agar keuangan bisnis bisa dikelola dengan baik, salah satu caranya yaitu dengan memiliki tabungan bisnis. Kenapa hal ini penting untuk dilakukan ?

Artikel kali ini akan mengulas beberapa alasan kenapa tabungan bisnis harus dipisahkan dari tabungan pribadi. Yuk, intip ulasannya di bawah ini !

6 Alasan Pentingnya Memisahkan Tabungan Pribadi dan Bisnis

  • Lebih Mudah Dalam Mengontrol Keuangan Bisnis

Alasan pertama kenapa kamu harus memisahkan tabungan bisnis dan tabungan pribadi yakni agar keuangan bisnis mudah terkontrol. Setiap pemasukan maupun pengeluaran yang bermanfaat untuk operasional bisnis bisa kamu ketahui secara detail.

Apabila pengeluaran tidak terkontrol dan malah terpakai untuk keperluan pribadi, maka kemungkinan bisnis kamu tidak akan bertahan lama. Kinerja keuangan pun semakin menunjukkan kondisi yang memburuk.

Nah, dengan tidak menggabungkan tabungan bisnis dan tabungan pribadi, kamu bisa terus menganalisa kinerja keuangan setiap bulannya. Apakah kondisi keuangan bisnis sudah sesuai dengan yang kamu harapkan atau malah sebaliknya ? Dengan begitu, kamu tidak akan sulit untuk menentukan bagiana mana saja yang perlu perbaikan apabila kinerja keuangan semakin memburuk.

  • Total Keuntungan Mudah Diketahui

Pernahkah terlintas di pikiran kenapa kamu tak kunjung merasakan keuntungan dari berbisnis meskipun sudah sekian lama menjalankan bisnis ? Hal ini wajar bagi para pebisnis yang masih saja menggabungkan tabungan bisnis dan tabungan pribadinya.

Jika keduanya tidak dipisahkan, kamu tidak akan tahu berapa besar keuntungan yang diperoleh dari berbisnis. Bukan tidak mungkin tabungan yang merupakan profit usaha justru terpakai untuk keperluan sehari-hari. Sehingga meskipun bisnis kamu sudah berjalan selama bertahun-tahun, tanpa adanya pemisahan tabungan mustahil jumlah profitnya bisa diketahui.  

  • Keuangan Aman untuk Memajukan Bisnis

Alasan berikut ini masih menyambung dari penjelasan sebelumnya. Besar kemungkinan kamu akan membelanjakan uang dari keuntungan bisnis untuk keperluan pribadi. Hal ini bisa saja terjadi karena kamu merasa memiliki banyak uang simpanan dan mengakuinya sebagai uang pribadi.

Bayangkan jika memang benar sampai terjadi, maka kondisi keuangan bisnis akan berantakan. Untuk melakukan ekspansi bisnis dan merealisasikan rencana lainnya tentu menjadi tidak mudah.

Maka, sebaiknya lakukan pemisahan tabungan untuk menghindari penggunaan uang yang tidak semestinya. Jika sewaktu-waktu ada pengeluaran tak terduga, kamu tahu tabungan mana yang seharusnya diambil.

  • Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

Dalam menjalankan bisnis terkadang memang perlu melakukan pengambilan keputusan. Biasanya untuk melakukan ekspansi bisnis, menentukan berbagai strategi, mengatur pengeluaran, dan lain sebagainya.

Ketika tabungan bisnis sudah dibuat secara terpisah dengan tabungan pribadi, pengambilan keputusan bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Karena kamu sudah pasti akan memiliki acuan yang cukup untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan. Salah satu contohnya yakni sudah mengetahui total aset dan keuntungan yang didapatkan dari berbisnis. 

Sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk mengambil keputusan apapun terkait bisnis yang sedang dijalankan dengan mengacu pada hal tersebut.

  • Terlihat Lebih Profesional

Setiap pelaku bisnis atau pengusaha pasti ingin mendapatkan kepercayaan dari para konsumen. Hal ini bisa kamu peroleh dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik. Karena profesionalisme kamu sebagai pebisnis akan diuji apabila tidak kompeten dalam mengelola keuangan bisnis. 

Contoh paling sederhana yakni ketika kamu mencantumkan rekening atas nama bisnis bukan pribadi untuk bertransaksi dengan konsumen. Meskipun hingga saat ini rekening pribadi masih umum digunakan oleh para pelaku bisnis. Namun penggunaan rekening bisnis dinilai lebih profesional di mata konsumen daripada rekening pribadi.

Inilah sebabnya kenapa kamu harus memisahkan urusan bisnis dengan pribadi mulai dari sekarang. Kepercayaan dari konsumen merupakan hal penting yang harus diupayakan.

  • Mencegah Kebangkrutan

Alasan terakhir yaitu untuk menghindari kebangkrutan, yang mana bisa terjadi karena tidak adanya manajemen keuangan yang baik. Tabungan bisnis dan pribadi yang dijadikan satu akan menyulitkan kamu dalam membedakan keduanya. Alhasil, godaan untuk membelanjakan uang yang tersimpan akan semakin besar.

Timbul persepsi bahwa uang yang kamu miliki sangat banyak dan bisa digunakan untuk apa saja. Dan cepat atau lambat keuangan bisnis akan terkuras sehingga tidak cukup untuk membiayai operasional bisnis itu sendiri. 

Lama kelamaan bisnis kamu jadi kacau, hingga akhirnya kebangkrutan menunggu di depan mata. Untuk itu, pastikan kamu mulai memisahkan tabungan bisnis dan pribadi agar terhindarkan dari kebangkrutan. 

Related Posts