Home Bisnis dan Usaha Jaminan Masa Depan Cerah, Inilah 7 Bisnis Sayuran yang Paling Menguntungkan

Jaminan Masa Depan Cerah, Inilah 7 Bisnis Sayuran yang Paling Menguntungkan

by Lara Nifa
bisnis sayuran menguntungkan

Bisa dibilang, bisnis pangan sangat menguntungkan dan tidak termakan oleh zaman. Itu karena bahan pangan merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh manusia untuk bertahan hidup. Selain sembako, salah satu bisnis pangan yang menguntungkan adalah bisnis sayuran.

Kabarnya, setiap harinya permintaan sayuran selalu meningkat. Apalagi sayuran segar banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak heran, jika bisnis sayuran dinilai cukup menguntungkan dan menjanjikan di masa depan.

Penasaran apa saja jenis sayuran yang dapat dijadikan peluang bisnis? Lalu, bagaimana cara merintis bisnis sayur –  mayur? Yuk, simak informasi ini.

Tips Merintis Bisnis Sayuran yang Menguntungkan

Bagi Anda yang berminat menggeluti bisnis sayuran, tidak perlu ragu lagi karena ada tips tertentu untuk merintisnya. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan, kebersihan tempat jualan sayur terjaga.
  2. Pilih sayuran yang segar dan tidak layu supaya konsumen minat untuk membeli.
  3. Kemas sayuran dengan kemasan yang bersih dan bagus.
  4. Tawarkan dengan harga yang kompetitif, namun tetap utamakan kualitas.
  5. Pastikan, bisnis yang Anda kelola menyediaka berbagai jenis sayuran.

Tersebut adalah 5 tips yang dapat Anda aplikasikan untuk merintis bisnis sayuran. Perlu diingat, yang utama dalam berbisnis adalah kualitas sayuran supaya Anda memiliki banyak pelanggan.

7 Jenis Bisnis Sayuran yang Dinilai Paling Menguntungkan

Bisnis sayuran memang dinilai menguntungkan. Itu karena bisa menghasilkan banyak uang. Selain itu, bisnis sayuran dinilai minim modal karena sayuran mudah ditanam. Adapun bisnis sayuran yang dinilai minim modal dan menguntungkan adalah sebagai berikut.

1. Bisnis Sawi Hijau (Sosin)

Sawi hijau atau populer dengan nama sosin merupakan salah satu tanaman yang mudah ditanam dan dinilai menguntungkan. Kabarnya, sawi hijau ini cepat panen meskipun ditanam selama satu bulan.

Adapun cara menanam sawi hijau yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  • Pilihlah bibit sosin yang bagus. Adapun ciri bibitnya adalah: bunga berwarna putih dan batangnya lebih panjang dibandingkan dengan sawi putih.
  • Lakukan pembibitan dengan benar.
  • Siapkan bedengan atau lahan khusus untuk bibit sosin.
  • Tanam sosin di bedengan yang telah disiapkan.
  • Tahap pemeliharaan, pastikan berikan pupuk organik. Merawat tanaman dengan baik sampai masa panen tiba.

2. Bisnis Sayuran Hidroponik

Satu lagi bisnis sayuran yang menguntungkan adalah bisnis sayuran hidroponik. Bisnis sayuran yang satu ini tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas untuk menanamnya. 

Adapun jenis sayuran hidroponik yang dapat mendatangkan untung adalah tomat, selada dan pak choy. Perlu diketahui, jika kamu merawat sayuran hidroponik dengan baik, pastinya hasil panen akan berlimpah. 

3. Bisnis Kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak diminati. Selain rasanya yang enak, kangkung juga mengandung banyak nutrisi. Kabarnya, menanam kangkung cukup mudah.

Menanam kangkung hanya membutuhkan waktu antara 4 – 6 minggu sampai dengan masa panen. Tentunya, pertumbuhan tanaman yang cepat dapat memudahkan Anda untuk meraup untung yang berlimpah. Selain itu, kangkung juga dapat ditanam secara hidroponik.

4. Bisnis Cabai

Saat ini sebagian besar masyarakat suka dengan makanan pedas. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bisnis, yaitu dengan budidaya tanaman cabai. Tentu saja, dengan menanam cabai, kemudian menjualnya, Anda akan mendapatkan keuntungan.

Kabarnya budidaya tanaman cabai ini tidak terlalu sulit. Asalkan Anda merawatnya dengan benar. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk budidaya cabai juga tidak terlalu besar. 

 5. Bisnis Bayam

Sayuran yang mengandung banyak zat besi ini memang banyak disukai oleh berbagai kalangan, sayuran tersebut adalah bayam. Kabarnya, sayuran yang satu ini juga dapat dibudidayakan secara hidroponik.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk menanam bayam juga tidak terlalu besar. Untuk budidaya sayuran bayam secara hidroponik yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut.

  • Media tanam dapat menggunakan polybag yang diisi tanah.
  • Bibit bayam yang masih bagus. Bibit bayam ini bisa berupa biji atau stek batang bayam.
  • Pupuk kompos.
  • Pestisida jika dibutuhkan.

6. Bisnis Terong

Terong merupakan salah satu tanaman yang kaya akan nutrisi. Adapun nutrisi yang terkandung dalam terong, antara lain: mineral, kalsium sampai dengan vitamin K. 

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam terong, yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan bibit yang bagus dan lakukan perawatan tanaman selama 3 – 4 bulan. Terong dapat dipanen pada bulan ke – 5 atau 6.
  • Pastikan, suhu di sekitar tanaman terong tidak kurang dari 22 derajat celcius dan tidak lebih dari 30 derajat celcius.

7. Bisnis Jamur Tiram

Bisnis sayuran lainnya yang menguntungkan adalah bisnis jamur tiram. Namun, bisnis sayuran yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar. Perlu diketahui, meski modalnya besar, hasil yang Anda dapatkan juga banyak.

Hal tersebut karena harga per kilo jamur tiram di pasaran cukup mahal. Pastinya, jika Anda berhasil melakukan budidaya jamur tiram, keuntungan yang Anda dapatkan akan banyak.

Tersebut adalah 7 bisnis sayuran yang paling menguntungkan. Tentunya, Anda dapat memilih salah satu bisnis sayuran tersebut untuk dikembangkan. Pastikan, memilih bisnis yang sesuai dengan minat Anda.

Related Posts