Home Bisnis dan Usaha Jajanan Jadul yang Masih Berpotensi Untuk Jadi Usaha

Jajanan Jadul yang Masih Berpotensi Untuk Jadi Usaha

by Lara Nifa

Tidak dapat dipungkiri kalau jajanan jadul atau makanan yang ada pada jaman dulu itu selain unik, rasanya juga enak dan bikin ketagihan. Makanya tidak jarang masyarakat masih banyak yang memburu jajanan jadul di dalam berbagai tempat yang menyediakan. Biasanya jajanan ini ada di tempat-tempat seperti pasar, atau warung pinggir jalan. Tetapi tidak jarang juga jajanan jadul ada di sebuah pameran dalam tempat yang modern seperti Mall. 

Konsumen jajanan jadul yang tidak akan ada hentinya bisa kamu jadikan peluang usaha yang berpotensi menguntungkan loh. Masih banyak jenis jajanan jadul ini yang bukan hanya di nikmati oleh orang tua zaman dulu, tetapi anak-anak zaman sekarang juga masih tertarik dengan jajanan yang unik ini. 

Jenis Jajanan Jadul yang Bisa Dijadikan Peluang Usaha

Banyak jenis jajanan jadul yang ada di Indonesia, bahkan puluhan macamnya. Disini khusus untuk kamu yang mau usaha jajanan jadul ini dia rekomendasi jajanan yang berpeluang jadi usaha. 

Rambut Nenek

Jajanan yang satu ini dari namanya saja sudah sangat menarik perhatian, yaitu rambut nenek. Tapi tenang dulu, makanan ini bukan berasal dari rambut nenek beneran kok. Rambut nenek berbahan utama gula dan tepung. Makanan ini dibuat dengan cara melelehkan gula pasir sehingga menjadi gumpalan, lalu ditarik-tarik dengan menggunakan tepung sehingga hasilnya berbentuk lapisan-lapisan panjang menyerupai rambut yang berwarna putih dari tepung, sehingga menyerupai rambut nenek. 

Jajanan ini meskipun jadul, masih banyak ditemui di antara jajanan Sekolah Dasar. Daya tariknya yang kuat bisa kamu jadikan peluang bisnis yang menjanjikan loh. 

Permen Gulali

Permen gulali atau yang sering kamu dengar dengan permen kapas adalah salah satu jajanan yang masih hits sampai saat ini. Bentuknya yang menyerupai kapas besar dengan warna yang bermacam-macam menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki permen gulali ini. Selain bentuk, rasa yang didapat juga memiliki sensasi yang tidak biasanya didapat dari permen biasa. Yaitu permen dengan tekstur seperti kapas, lembut langsung mencair setelah masuk kedalam mulut. 

Permen gulali atau permen kapas ini akan sering kamu temui di pameran pasar malam. Permen kapas sangat identik dengan anak-anak hingga saat ini, karena dari ini jajanan ini sangat berpotensi untuk dijadikan usaha dengan target konsumen yang masih besar mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekalipun. 

Kue Cubit

Untuk para penggemar kue-kue manis pasti tidak asing dengan nama makanan kue cubit. Jajanan jadul yang satu ini memiliki bentuk bulat yang kecil-kecil. Sehingga makanan ini mudah untuk dimakan. Nama dari makanan ini juga unik, karena biasanya yang dicubit itu tangan sedangkan ini kue. Pasti bakalan bikin banyak orang penasaran. Tapi tidak seperti itu artinya, kue cubit di bilang begitu karena bentuknya yang kecil. 

Mungkin untuk sebagian orang makanan ini sulit untuk didapatkan, biasanya kue cubit di jual depan sekolah dasar ataupun di dalam pasar bersama dengan jajanan pasar lainnya. Rasanya yang enak ini bisa kamu modifikasi agar berpeluang tinggi untuk dijadikan bisnis. Bisa kamu tambahkan topping diatas kue cubit. 

Telur Gulung

Jajanan yang satu ini meskipun jadul tapi masih sangat hits sampai sekarang. Apalagi banyak selebgram, youtuber sampai artis yang mulai memperkenalkan jajanan ini. Rasanya memang seperti telur dadar biasanya. Tapi cara membuatnya yang menarik yaitu digulung menjadikan jajanan ini unik. Apalagi jika dipadukan dengan saus, sangat perpaduan rasa yang lezat. 

Karena banyak penggemarnya, telur gulung sangat bisa kamu jadikan usaha kuliner loh. Cara pembuatannya yang simpel dan bahannya yang mudah dicari cocok sekali untuk kamu yang baru memulai usaha. 

Mie Lidi-lidian

Nama jajanan yang satu ini juga sangat menarik, yaitu lidi-lidian. Pasti yang kamu bayangkan adalah seperti sapu lidi, tetapi memang benar bentuknya seperti itu. Berbentuk stik tipis panjang dengan jumlah yang banyak menyerupai kumpulan lidi. Dulu jajanan ini hanya ada dua rasa yaitu asin dan pedas, sedangkan sekarang ada rasa keju, jagung bakar, rumput laut dan yang lainnya. 

Jajanan jadul ini termasuk makanan yang bisa awet lama dibandingkan dengan jajanan yang lainnya, karena tekstur nya yang keras tidak mudah melempem. Jadi peluang kamu membuat usaha jajanan mie lidi-lidian ini bisa dikirim bahkan sampai luar kota berhari-hari. 

Banyak banget kan jajanan jadul yang sangat berpotensi untuk dijadikan usaha di zaman sekarang ini. Anak-anak pasti sangat suka dengan berbagai bentuk unik dan rasa yang enak. Sehingga berjualan jajanan jadul ini gak akan rugi deh. Asalkan kamu bisa mengolah jajanan tersebut lebih kekinian tanpa mengurangi esensi dari jajanan tersebut. Nah semoga informasi mengenai jajanan jadul ini bisa bermanfaat buat kamu ya. 

Related Posts