Home Bisnis dan Usaha Jadi Emak-emak Bukan Berarti Nggak Bisa Berbisnis di Rumah, Ini dia Tipsnya

Jadi Emak-emak Bukan Berarti Nggak Bisa Berbisnis di Rumah, Ini dia Tipsnya

by Lara Nifa

Ini dia ide bisnis sampingan yang bisa ibu-ibu coba dari rumah di selama masa pandemi dan hasil penjualan mencapai jutaan rupiah. Menjadi seorang IRT bukan berarti melarang seorang ibu untuk menjalankan bisnisnya sendiri. 

Dengan perkembangan teknologi dan perubahan pola pikir dari masyarakat, para ibu mempunyai kesempatan untuk bisa meraih kembali impian mereka. Apalagi bagi ibu-ibu yang berjiwa wirausaha, ada begitu banyak bisnis sampingan yang dapat dilakukan tanpa harus melepaskan pekerjaan rumah.

Tips bagi emak-emak yang ingin berbisnis di rumah

Seiring kemajuan teknologi, ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis mereka sendiri. Ada begitu banyak alasan yang menjadi pendorong bagi para ibu untuk mempunyai bisnis sampingan, dari mulai mencari aktivitas sebagai pengisi waktu luang bisa juga untuk mencari cara guna menambah uang.

Katering

Seiring kemajuan teknologi, ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis mereka sendiri. Banyak alasan yang membuat para ibu untuk mempunyai bisnis sampingan, dari mulai mencari hiburan hingga menjajaki peluang. Secara sederhana, katering adalah bisnis yang menyediakan makanan sesuai dengan keinginan masyarakat. 

Tidak seperti restoran, katering tidak mempersiapkan tempat di mana konsumen bisa menikmati makanan mereka secara langsung. Walau demikian, bisnis katering tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. Bisnis sampingan ini mempunyai peluang yang besar.

Apalagi jika menyangkut orang yang bekerja cepat. Mereka sering tidak punya waktu lebih untuk memasak. Oleh karena itu, konsumen lebih memilih untuk membeli yang siap makan. Katering ini cocok untuk ibu-ibu berpengalaman dan pecinta masakan. 

Membuka bisnis sampingan seperti katering memungkinkan Anda untuk lebih melatih kreativitas. Supaya menu yang akan disajikan semakin bervariasi, sehingga tidak membuat bosan konsumen, tetapi tetap menyehatkan. Harga kompetitif dan adanya pesaing, juga bisa menentukan faktor kelancaran dari bisnis ini. Jika sudah mahir, bisnis ini bisa menghasilkan sampai dengan 15 juta perbulan.

Membuat makanan kering dan kue

Ini adalah pilihan usaha lain bagi ibu-ibu yang mempunyai hobi membuat kue dan roti. Ada begitu banyak jenis dari kue dan suguhan yang dapat dibuat dan dipasarkan dengan mudah. Anda bisa membuat beragam jenis kue serta jajanan yang memang disukai anak-anak.

Kemudian menjualnya dengan cara menitipkannya di kantin sekolah. Kemudian, Anda juga bisa memasarkan produk buatan sendiri di warung makan, kelontong ataupun supermarket yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

Penerjemah

Untuk Anda yang mempunyai pengetahuan bahasa asing yang baik, Anda memiliki peluang usaha pada bidang penerjemah, apalagi bagi Anda yang mempunyai pengetahuan tentang bahasa yang tidak banyak orang kuasai. Misalnya: Rusia, Turki, Swedia dan lain-lain . Anda bisa melakukan ini secara online lewat media online yang dapat Anda temukan dengan mudah melalui  internet.

Jasa laundry

Sebagai usaha sampingan selanjutnya, Anda bisa membuka cuci pakaian atau jasa laundry. Bisnis ini memiliki peluang yang terbilang besar, khususnya di kota-kota besar dimana orang-orang memiliki pekerjaan yang cepat dan tidak punya waktu  mengurus pakaian bersih mereka sendiri. 

Hanya bermodalkan mesin cuci saja, Anda bisa mengubah ruangan menjadi  tempat melakukan transaksi untuk serah terima pakaian milik konsumen. Dalam sebulan, bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan hingga 3 juta rupiah atau tergantung pada jumlah konsumen. 

Anda hanya harus ingat dalam bisnis ini selain laundry adalah memperhatikan lingkungan sekitar. Peluang usaha yang satu ini ini memang cocok untuk ibu-ibu yang tinggal di kawasan dekat kost atau pun kontrakan. 

Selain itu, tarif yang dipasang untuk setiap  transaksi juga akan mempengaruhi pada pertimbangan konsumen. Anda harus berhati-hati saat mencuci pakaian milik pelanggan, jangan sampai rusak atau tercampur/ tertukar dengan pakaian dari konsumen lainnya. 

Penulis lepas

 Mempunyai bakat menulis, juga yang terpenting yaitu minat pada menulis. Sebab tidak mungkin dapat mengembangkan bakat yang dimiliki menjadi sumber penghasilan jika Anda tidak mempunyai ketertarikan untuk meningkatkannya. 

Menulis menawarkan banyak cara untuk memperoleh uang. Anda bisa mulai bekerja sebagai penulis lepas di media online. Ada begitu banyak situs di marketplace yang membuka lowongan pekerjaan sebagai penulis dan hanya membutuhkan waktu singkat untuk memperoleh pekerjaan tersebut.     

Jasa jahit

Menjahit adalah keahlian khusus dan tidak dimiliki banyak orang, dan Anda mungkin beruntung jika melakukannya. Anda bisa memperoleh penghasilan dengan menerima pesanan jahitan dari konsumen di lingkungan rumah Anda, termasuk teman dan keluarga Anda.

Banyak orang yang mungkin saja tidak menganggap ini sebagai kesempatan bisnis yang menjanjikan dan bagus. Tetapi, jangan salah, jika bisnis ini digarap secara serius pasti akan worth it karena biaya menjahit sebuah pakaian tidaklah murah. 

Inilah beberapa tips bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan menggunakan internet sebagai alat pemasaran, para pelaku bisnis di atas bisa langsung mulai memperoleh penghasilan yang lumayan.

Related Posts