Home Investasi Investasi Yang Menguntungkan dan Minim Resiko bagi Pemula

Investasi Yang Menguntungkan dan Minim Resiko bagi Pemula

by Greg Pascal
investasi yang menguntungkan

Berinvestasi merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan keuntungan finansial selain dengan bekerja dan juga menabung. Hanya saja seringkali kita takut untuk berinvestasi karena takut resiko dibaliknya. Padahal ada banyak investasi yang menguntungkan namun tetap minim resiko.

Investasi yang minim resiko ini sangat cocok untuk pemula. Pasalnya pemula tentu belum memiliki banyak pengalaman mengenai seluk beluk investasi tersebut. Salah satu jenis investasi yang bisa Anda coba adalah investasi deposito sebagai investasi menguntungkan bagi pemula.

Apa Itu Deposito

Deposito sebenarnya sama seperti dengan dana tabungan yang kita setorkan ke pihak bank. Hanya saja untuk deposito tidak bisa secara bebas kita tarik dananya layaknya uang tabungan kita. Dana deposito hanya bisa diambil sesuai dengan kesepakatan waktu pengambilannya dengan bank.

Dari kesepakatan tersebut, kita akan mendapatkan bunga dari simpanan kita. Hanya saja bunga yang diberikan deposit tentu lebih besar daripada bunga yang diberikan dari tabungan kita. Oleh karena itulah investasi deposito bisa menjadi salah satu pilihan yang baik bagi pemula.

Keuntungan Investasi Deposito

1. Dilindungi oleh LPS

Keuntungan pertama dari investasi melalui deposito adalah bahwa simpanan deposito Anda dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Itu artinya, meskipun bank yang menyimpan dana Anda bangkrut, Anda tetap dapat menerima simpanan Anda di batas tertentu.

Itu artinya Anda tidak akan mengalami kerugian yang besar seperti yang mungkin terjadi pada investasi jenis lainnya. Keuntungan ini sangat baik untuk dimanfaatkan oleh mereka yang baru memulai untuk berinvestasi.

2. Minim Resiko

Selain karena dilindungi oleh LPS, keuntungan berinvestasi melalui deposito lainnya adalah minim resiko. Resiko yang minim ini dikarenakan karena deposito tidak akan bergerak cepat layaknya investasi lain yang terpengaruh dengan pasar. Anda tetap akan memperoleh bunga sesuai perjanjian.

Ini menjadi perlindungan kedua bagi mereka yang baru saja memulai untuk berinvestasi. Mereka tidak perlu repot setiap hari untuk mengecek pergerakan pasar dan mengubah nilai investasinya. Investor untuk deposito hanya perlu menunggu waktu deposito habis dan mengambil untungnya.

3. Pendapatan Per Tenor

Keuntungan lainnya dari investasi melalui deposito adalah pendapatan per tenor yang bisa secara fleksibel Anda tur. Pendapatan ini diberikan setiap bulannya oleh bank selama masa simpanan deposito Anda aktif. Uang dari bunga tenor deposito tersebut bisa Anda manfaatkan.

Mulai dari Anda menyetorkan kembali ke bank untuk menambah nilai deposit Anda atau juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaat tenor dari deposit tersebut juga tidak mempengaruhi nilai investasi deposito yang Anda miliki di bank.

investasi yang menguntungkan

Baca Artikel Selanjutnya :

Itulah beberapa keuntungan deposito sebagai salah satu jenis investasi menguntungkan namun juga cocok untuk mereka yang masih pemula dalam investasi. Selain deposito, ada juga juga investasi reksa dana yang juga tidak kalah menguntungkan.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

1. Keuntungan Tinggi

Keuntungan dari investasi melalui reksadana saham adalah karena keuntungannya yang tinggi. Bahkan keuntungan dari reksadana ini bisa mencapai angka 20% setiap tahunnya. Tidak heran jika reksadana menjadi pilihan investasi berjangka panjang.

2. Diversifikasi Resiko

Reksadana memiliki diversifikasi resiko yang artinya minim mengalami kerugian total. Reksadana akan disebar ke beberapa instrumen sehingga dapat saling menunjang apabila ada penurunan keuntungan.

3. Dikelola Secara Profesional

Meskipun Anda masih pemula mengenai saham, namun Anda bisa mengandalkan investasi pada manajer investasi yang profesional. Dengan demikian Anda tidak perlu repot untuk mengawasi perkembangan pasar karena sudah ditangani secara profesional.

4. Modal Investasi Kecil

Berbeda dengan deposito yang mewajibkan modal besar agar bisa mendapatkan bunga yang besar pula, nilai modal investasi melalui reksadana bisa dimulai dengan dana yang kecil. Bahkan bisa dimulai dengan angka 10 ribu rupiah yang bila dikembangkan secara tepat bisa menguntungkan.

5. Dilakukan Secara Online

Investasi melalui reksadana saat ini juga sudah dilakukan secara online. Itu artinya Anda bisa mengawasi kapan saja dan dimana saja. Bahkan dalam beberapa platform investasinya menyediakannya secara gratis. Ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih platform.

Itulah dua pilihan investasi yang bisa dipilih untuk yang baru ingin memulai investasi. Tentunya setiap jenis investasi memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Dengan memahami keduanya, kita bisa menjadi lebih memahami apa yang dapat kita lakukan selama berinvestasi.

Dengan memahami keuntungan dan kelemahan dari setiap investasi, kita juga bisa mencari mana yang sesuai dengan tujuan kita berinvestasi seperti apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Dengan demikian kita tidak salah dalam memilih investasi yang tepat.

Semoga artikel mengenai jenis investasi yang menguntungkan dan juga minim resiko bagi pemula sekalipun ini bisa bermanfaat. Selamat memulai investasi Anda, tetap aman dalam berinvestasi.

Related Posts