Home Investasi Investasi Reksa Dana Syariah di Indonesia

Investasi Reksa Dana Syariah di Indonesia

by Lara Nifa

Investasi menjadi hal yang sangat menarik sekarang ini karena keuntungan yang bisa didapatkan berkali-kali lipat dibandingkan dengan menabung. Dana yang Anda investasikan tidak akan didiamkan begitu saja tapi diputarkan lagi di pasar modal contohnya seperti saham, itulah sebabnya keuntungannya bisa mencapai hasil yang maksimal. Namun, bagi masyarakat muslim di Indonesia adanya investasi ini masih sering diragukan kehalalannya. Terdapat 3 prinsip dalam syariat Islam dimana sebuah transaksi termasuk investasi bisa dikatakan halal, yaitu sebagai berikut :

  1. Tidak mengandung riba

Investasi yang tidak mengandung riba berarti menggunakan sistem bagi hasil dalam memperoleh keuntungannya. Itu artinya investasi halal susah pasti bebas dari bunga atau segala bentuk pengambilan tambahan.

  • Tidak ada unsur gharar

Gharar berarti tidak adanya kepastian dalam sebuah transaksi jual beli dan bisa mengakibatkan kerugian pada orang lain. Gharar juga bisa dikatakan termasuk tindak penipuan karena tidak ada keterbukaan mengenai akad jual beli di awal.

  • Hindari Maysir atau judi

Investasi yang halal berarti menghindari maysir/judi atau adanya spekulasi terhadap uang maupun benda dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang besar dan cepat.

Apabila tiga prinsip di atas belum cukup untuk membuat Anda yakin dengan investasi. Maka, tidak perlu khawatir karena saat ini semakin banyak produk investasi yang sesuai dengan syariat Islam yang bisa Anda jadikan referensi, salah satunya yakni reksa dana syariah. Berikut adalah daftar investasi reksa dana syariah yang ada di Indonesia. 

  • Bahana Likuid Syariah 

Produk investasi reksa dana syariah ini adalah keluaran dari PT Bahana TCW Investment Management. Anda cukup menyiapkan modal mulai dari Rp 100.000 saja untuk bisa berinvestasi di reksa dana ini. Imbal hasilnya pun cukup tinggi bisa mencapai 6 persen setiap tahunnya. 

  • Reksa Dana Syariah Mandiri

Reksa dana ini menawarkan empat jenis investasi yaitu campuran, pendapatan tetap, pasar uang dan saham sehingga pilihan produknya pun juga beragam. Tingkat likuiditas yang diberikan tinggi sehingga investor mudah mencairkan dananya kapan saja.

Reksa dana syariah mandiri sangat cocok untuk para pemula karena minimum pembeliannya yang bisa dimulai dari Rp 100.000 saja dengan minimum penjualan Rp 10.000. Sangat terjangkau, bukan ?

  • MNC Dana Syariah

MNC Dana Syariah diluncurkan pada tahun 2006 dan merupakan anak perusahaan MNC Asset Management serta Bank BNI. Jenis reksa dana yang ditawarkan di MNC Dana Syariah yaitu pendapatan tetap dengan imbal hasil yang bisa dikatakan cukup kompetitif. 

Produk ini bisa dibeli melalui aplikasi MNC Duit dengan modal minim yaitu Rp 100.000 tanpa dikenakan biaya redemption, switching dan juga biaya subscription. 

  • Simas Syariah Unggulan

Investasi reksa dana syariah yang dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management ini mulai beroperasi sejak tahun 2014. Dan dalam periode 3 tahun terakhir, Simas Syariah Unggulan bisa mencapai keuntungan hingga 22,4 persen. Jadi, bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang, reksa dana syariah ini sangat cocok untuk dicoba karena keuntungannya pun juga untuk jangka panjang. 

  • Emco Barokah Syariah

Emco Barokah Syariah yang dikelola oleh PT Emco Asset Management ini memiliki tingkat risiko yang rendah karena nilai NAB-nya relatif stabil tiap tahunnya. Investasi reksa dana syariah ini memiliki 3 jenis yaitu surat berharga syariah, pasar uang syariah dan deposito syariah sedangkan untuk imbal hasilnya bisa mencapai 4,5 persen.

  • Majoris Sukuk Negara Indonesia

Majoris Sukuk Negara Indonesia resmi dirilis tahun 2017 dan dimiliki oleh PT Majoris Asset Management yang berdiri pada tahun 2015 dengan total dana yang dikelola yakni sebesar Rp 1,35 triliun. 

Minimal pembelian pertama pada reksa dana ini terbilang sangat murah hanya dengan Rp 10.000 Anda bisa mulai menanamkan modal. Minimal penjualannya pun mulai dari Rp 10.000 saja. Riwayat imbal hasil dalam 3 tahun terakhir dihitung dari November 2017 mencapai 26,64 persen dan selama satu tahun berada di 4,14 persen. 

  • Mandiri Investa Dana Syariah

Mandiri Investa Dana Syariah merupakan reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang pertumbuhan nilai investasinya tinggi. Hal itu dikarenakan, reksa dana ini memiliki bargaining power untuk mendapatkan tingkat suku bunga yang tinggi. 

Nilai NAB dalam 10 tahun hingga saat ini terus mengalami kenaikan yang cukup drastis dengan nilai terendah Rp 2.300 dan nilai tertinggi Rp 4.000. Imbal hasilnya dalam satu tahun terakhir mencapai 5,20 persen. 

Itulah tadi rangkuman pilihan produk investasi reksa dana syariah terbaik di Indonesia. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan investasi reksa dana syariah. Oleh karena itu, janganlah Anda ragu untuk mulai berinvestasi dengan reksa dana syariah karena terjamin keamanannya dan sudah pasti halal. 

Related Posts