Home Investasi Investasi Bidang Tambang bisa Dilakukan Dengan Cara Ini

Investasi Bidang Tambang bisa Dilakukan Dengan Cara Ini

by Lara Nifa

Investasi adalah salah satu cara yang banyak dipilih oleh masyarakat modern sekarang ini sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan diluar pendapatan tetap mereka.

Investasi biasanya dilakukan dalam jangka waktu panjang agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Karena itu investasi sangat cocok untuk kamu yang memiliki tujuan keuangan di masa depan.

Investasi Bidang Tambang Yang Menjanjikan

Banyak bentuk investasi yang bisa dilakukan. Yang terpenting bagaimana kamu rajin menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu untuk investasi. Salah satu jenis investasi yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam investasi adalah investasi bidang tambang.

Investasi dalam bidang tambang menjadi salah satu pertimbangan untuk investasi jangka panjang. Salah satu alasan kamu harus berinvestasi dibidang tamabng, karena Indonesia, merupakan salah satu negara yang kaya akan  bahan tambang yang begitu melimpah. Untuk bisa mencukupi kebutuhan bahan tambang, diperlukan banyak dukungan termasuk salah satunya adalah investor tambang.

Mengenal Pertambangan

Pertambangan sendiri dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengambil bahan-bahan endapan dan bahan galian yang berharga yang mempunyai nilai dari dalam bumi, baik lewat permukaan, ataupun dibawah permukaan bumi secara mekanik maupun secara manual. 

Tahapan Kegiatan Pertambangan

Sebelum bahan tambang yang dihasilkan diolah dan menjadi sesuatu yang berharga dan menghasilkan nilai buat investasi kamu, bahan tambang ini harus melewati beberapa tahap. Tahapan kegiatan pertambangan meliputi:

1. Tahap Prospeksi

Tahap ini adalah tahap awal dalam pertambangan, tahap ini adalah tahap pencarian untuk menemukan bahan endapan galian tambang dan mineral yang berharga.

2.  Tahap Eksplorasi

Setelah menemukan bahan tambang berharga pada tahap prospeksi, pada tahap eksplorasi ini dilakukan studi kelayakan untuk mengukur kadar bahan tambang yang terkandung serta seberapa besar jumlah bahan tambang yang dapat digali.

3. Tahap Eksploitasi

Pada tahap ini, mulai dilakukan kegiatan penambangan yang meliputi pekerjaan pengambilan bahan tambang dan mineral berharga yang mengendap untuk dibawa ke tempat penimbunan untuk pemrosesan selanjutnya.

4. Tahap Pengolahan

Tahap ini disebut juga tahap pemurnian atau pengilangan, tergantung dari jenis bahan tambangnya. Tahap ini membersihkan dan memisahkan bahan tambang yang berharga dari bahan mineral lain yang kurang berharga yang ikut terbawa saat eksplorasi.

Beberapa jenis hasil pertambangan yang bisa kita temui di Indonesia diantaranya minyak bumi, gas bumi, batubara, biji besi, timah, nickel, tembaga, perak dan bahan paling berharga saat ini, emas.

Cara Investasi di Bidang Tambang

Investasi pertambangan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memulai investasi tambang agar tidak terjadi kekeliruan yang bisa merugikan investasi kamu.

Dengan kamu berinvestasi di bidang tambang, banyak keuntungan menjanjikan yang bisa kamu dapatkan. Buat kamu yang ingin mulai investasi bidang tambang, berikut caranya yang harus kamu perhatikan:

1. Pelajari Dahulu Seluk Beluk Investasi Tambang

Sebelum kamu memulai investasi bidang tambang, kamu harus mempelajari terlebih dahulu seluk-beluk dari dunia investasi tambang. Perkaya pengetahuan kamu lewat banyak referensi yang ada seperti buku, majalah, bahkan kamu bisa meminta pendapat dari orang yang sudah lebih dahulu berinvestasi di bidang tambang.

Dengan memperbanyak referensi kamu, kamu jadi bisa menentukan jenis investasi tambang yang akan kamu pilih, dan apa saja produk investasi tambang yang menguntungkan buat kamu.

2. Tentukan Tujuan Investasi

Selanjutnya, kamu perlu menentukan tujuan investasi kamu, apa yang hendak kamu capai di masa depan lewat investasi tambang kamu ini. Apakah membeli rumah, atau mempersiapkan dana pendidikan anak kamu, pastikan kamu mempunyai tujuan yang jelas.

Dengan mempunyai tujuan investasi yang jelas, kamu jadi dapat mempersiapkan dengan baik investasi untuk mencapai tujuan kamu.

3. Hitung Target, Profit  dan Jangka Waktu Investasi

Bandingkan beberapa jenis investasi tambang yang akan kamu pilih sebagai instrumen investasi. Dimulai dengan menghitung target yang ingin kamu capai dari hasil investasi tambang tersebut, berapa banyak profit yang bisa dihasilkan oleh investasi tambang tersebut.

Kamu bisa menghitung rata-rata profit per tahun. Kemudian kamu bisa menentukan berapa pendapatan kamu yang harus sisihkan untuk berinvestasi dengan durasi waktu investasi yang sudah kamu tetapkan. Dengan menghitung secara rinci kamu bisa memaksimalkan potensi keuntungan kamu dari investasi bidang tambang.

4. Siapkan Modal

Hal terakhir sebelum kamu memulai investasi di bidang tambang, adalah mempersiapkan modal yang diperlukan untuk mulai berinvestasi. Atur dengan baik anggaran pengeluaran kamu agar kamu bisa mempunyai anggaran untuk investasi tambang kamu. Buatlah tabungan khusus untuk menyimpan dana investasi kamu agar tidak tercampur dengan dana lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai berinvestasi di bidang tambang. Berinvestasi, apapun bentuknya memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini agar tidak menyebabkan kerugian kedepannya dan memaksimalkan keuntungan yang didapat dari investasi tersebut. Selamat berinvestasi!

Related Posts