Home Bisnis dan Usaha Intip Kesuksesan Mixue dalam Membangun Bisnisnya

Intip Kesuksesan Mixue dalam Membangun Bisnisnya

by Lara Nifa

Mixue merupakan sebuah perusahaan es krim yang berasal dari China dan sedang menyebarkan ekspansinya ke seluruh dunia. Bahkan saat ini Mixue telah memiliki 20.000 gerai di China dan di negara-negara lain telah terdapat lebih dari 500 gerai termasuk di Indonesia. Fenomena dari ekspansinya gerai gerai Mixue yang ada di Indonesia ini sempat viral dan membuat banyak masyarakat Indonesia yang bertanya Tanya mengapa hal ini bisa dengan cepat terjadi. Bahkan di tengah perekonomian dunia yang sedang dihantui oleh terror resesi, tetapi Mixue malah semakin naik daun.  

Strategi Mixue Hingga Sukses Seperti Sekarang

  • Harga Terjangkau

Hal yang paling menarik perhatian dari Mixue adalah harganya yang cukup terjangkau. Hal inilah yang membuat mixeu menang dari competitor kompetitornya yang lain dan dengan mudah memikat pasar secara luas. Di Indonesia sendiri Mixue dibandrol dengan harga Rp. 8.000-22.000, dengan harga yang segitu masyarakat Indonesia menjadi sangat tertarik karena dianggap murah dari es krim lainnya. 

Untuk rasa es krim maupun boba dari Mixue sendiri juga tidak mengecewakan, dapat dikatakan harga dan kualitas cukup seimbang. Hal ini yang membuat gerai mixeu sangat marak di Indonesia karena dapat dijangkau oleh konsumen Indonesia. Tidak hanya anak anak, pasar dari mixeu ini berasal dari semua golongan sampai orang dewasa. Anak anak sekolah sampai mahasiswa sekalipun kerap kali mampir ke gerai Mixue sekedar melepas dahaga dengan membeli eskrim atau varian boba yang disediakan.

  • Menerapkan Franchise

Mixue sendiri mulai menerapkan sistem franchise atau waralaba sejak tahun 2007, dan sejak saat itu banyak gerai gerai Mixue mulai dibuka. Kemudian pada tahun 2008 Mixue semakin berkembang menjadi sebuah perusahaan dengan jumlah franchise lebih dari 181 gerai. Dalam kurun waktu hanya 1 tahun perkembangan yang sangat pesat akibat menerapkan sistem franchise. 

Kemudian pada tahun 2010 perusahaan Mixue menjalin kerja sama dengan Baodao Trading Co., Ltd. Untuk dapat lebih memperluas usaha, Dan hal ini sangat berhasil. Perusahaan Mixue semakin berkembang pesat keseluruh negri hingga saat ini. Sistem franchise ini memudahkan siapa saja yang ingin melakukan investasi, bahkan untuk anak anak muda sekalipun. Di Indonesia sendiri banyak anak muda yang tertarik dengan dunia investasi dan memilih untuk membuka gerai Mixue dengan sistem franchise. 

  • Pinjaman tanpa Bunga

Setelah membuka system franchise yang banyak membuat orang tertarik, Mixue juga membuka system pinjaman untuk membantu dalam menjalani usahanya. Hal ini bertujuan agar pewaralaba yang sedang mengalami kesulitan dalam pembukaan toko baru dapat terbantu. Tidak tanggung tanggung Mixue dapat memberikan pinjaman hingga puluhan juta tanpa adanya bunga pinjaman. 

  • Kuasai Logistik Sendiri

Mixue telah membangun pusat litbang modern untuk pabrik yang berada di pusat sejak tahun 2012, hal ini bertujuan untuk dapat menguasai rantai pasokannya sendiri dan membuat biaya produksi lebih efisien. Strategi  ini juga sangat berhasil, pada tahun tahun berikutnya Mixue dapat memasok bahan bahan baku nya keseluruh waralaba. 

Dengan memiliki pusat logistiknya sendiri , Mixue banyak menghemat biaya biaya seperti inventaris dan biaya penyimpanan juga sangat berkurang. Begitu juga dengan bahan baku, Mixue memproduksi semuanya sendiri mulai dari bahan bahan mentah , logistic, hingga ke  toko-toko waralaba yang dikuasai oleh perusahaan Mixue.

  • Menyesuaikan dengan Kebudayaan Setempat

Pada tahun 2018 Mixue mulai melakukan ekspansi keluar negeri dan dimulai dari negara Vietnam tepatnya di Hanoi. Gerai tokonya sendiri, Mixue menyesuaikan dengan unsur lokal daerah setempat dan membuat para konsumennya tetap merasa seperti berada dirumah sendiri walaupun toko tersebut berasal dari China. Hal ini yang membuat Mixue dapat menyesuaikan diri dan dengan mudah untuk mendirikan toko nya di negara-negara manapun. 

  • Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Promosi

Mixue mulai gencar melakukan promosinya pada tahun 2020 dengan pertama membuat lagu sendiri kemudian diputar di TV. Selain Tv, Mixue juga memanfaatkan media lain seperti platform media social Tik Tok dan Weibo. Tidak hanya lagu China, Mixue membuat berbagai versi lagu di negara negara lain. Dan teknik ini membuat Mixue lebih untuk menarik perhatian calon konsumennya.

Terlebih pada media social Tik Tok, Mixue sangat berhasil dalam promosinya menggunakan media tersebut. Dibuktikan dengan maraknya gerai Mixue yang ada di Indonesia, secara umum para konsumennya tahu Mixue dari media sosial tersebut. Untuk anak anak mudanya sendiri, di Indonesia hampir seluruhnya memiliki aplikasi tik tok dan hal ini yang membuat Mixue dapat memikat hati para anak anak muda Indonesia selain karena harganya yang juga cukup di kantong. 

Related Posts