Home Investasi Inilah Pengertian dari Investasi Rumah yang Harus Dipahami 

Inilah Pengertian dari Investasi Rumah yang Harus Dipahami 

by Lara Nifa
investasi rumah

Investasi real estate merupakan salah satu sarana bisnis yang  banyak disukai orang karena real estate sebagai aset yang nilainya terus bertambah dari waktu ke waktu. Sama seperti logam mulia yang aset berwujud. 

 Meskipun tidak likuid, kekayaan bersih terus tumbuh karena meningkatnya nilai kepemilikan aset di masa depan. Itu sebabnya ini adalah keputusan investasi jangka panjang yang terjamin. Cukup ambil asuransi properti untuk membuat properti Anda lebih aman. Dengan menggunakan asuransi properti juga, Anda dapat terhindar dari kerugian finansial yang berlebihan. 

Kerugian ekonomi dapat diakibatkan oleh bencana alam, kebakaran dan pencurian dengan kekerasan yang membahayakan properti Anda. Apa pengertian, keuntungan dan kelemahan dari jenis investasi ini? Apa tips terbaik untuk berinvestasi properti? Nah, tentunya akan dibahas lebih rinci dalam artikel ini.

Pengertian Investasi Properti 

Sebelum kita berbicara mengenai pentingnya investasi real estate, apa itu pengertian investasi properti? 

Real estate adalah real estate berupa tanah, bangunan, dan  prasarana yang berhubungan dengan tanah, dan bangunan seperti kantor, rumah dan apartemen. Yang dimaksud dengan investasi real estat yaitu kegiatan menanam modal untuk pengembangan real estat yang berhubungan dengan memiliki, membeli, mengelola, menawarkan, dan menjual real estat untuk tujuan memperoleh keuntungan.  

Definisi investasi real estat adalah kepemilikan real estate berbentuk bangunan, tanah atau bagian dari suatu bangunan atau keduanya, serta penyewa atau pemilik bertanggung jawab atas properti tersebut melalui transaksi pembelian dan penyewaan. 

Secara umum, investasi ini bisa diartikan menjadi kegiatan yang menginvestasikan sumber daya dan keterampilan dalam pengembangan real estat selama periode waktu tertentu. Dikenal juga dengan investasi properti. 

Jenis-Jenis Investasi Properti 

1. Investasi tanah 

Salah satu investasi real estate yang menjanjikan yaitu investasi tanah. Investasi ini terkait dengan jual beli, menyewakan tanah kosong ataupun menyewakan tanah dengan bangunan yang sudah ada. Berinvestasi pada properti ini memiliki keuntungan yang relatif tinggi yaitu 20% sampai 25%. Namun, jumlah keuntungan modal juga tergantung pada lokasi properti. 

Anda bisa memperoleh keuntungan dari harga jual properti yang sudah Anda kembangkan dengan membuat bangunan di atas properti daripada dengan harga properti saat Anda pertama kali membelinya. Biasanya, tanah kavling ini banyak peminat dari orang-orang yang ingin mendesain sendiri rumah yang diinginkannya. 

Tanah kavling umumnya telah dilengkapi dengan jaringan jalan drainase dan lainnya. Lalu, investasi yang ini juga bisa menjadi alat untuk menyimpan dan mengamankan uang Anda sebab tingkat resiko kehilangan yang sangat kecil daripada dengan menyimpan dengan bentuk uang. 

2. Investasi hunian 

Investasi perumahan mengacu pada kegiatan jual beli perumahan dan perumahan yang berfungsi menjadi tempat tinggal. Investasi ini merupakan prospek yang sangat baik mengingat permintaan yang besar untuk ruang hidup, tetapi sekarang lokasi pembangunan yang semakin langka. 

Saat ini, banyak orang tertarik untuk tinggal di lingkungan hidup dengan banyak sekali sarana dan prasarana, misalnya sarana olahraga, minimarket dan taman bermain anak.  Anda juga bisa menyewakan apartemen yang bisa disewa bulanan atau tahunan untuk menambah penghasilan. 

3. Investasi working space 

Apakah ada investasi working space? Banyak yang menganggap jika berinvestasi di gedung perkantoran mempunyai  tingkat pengembalian yang sangat tinggi daripada salah satu dari dua investasi di atas. 

Mengapa demikian?

Ini karena kantor itu pasti menghasilkan banyak uang  dan  lokasi nya sudah pasti strategis, jadi mudah dilihat oleh investor. Namun, investasi ini mempunyai kelemahan yaitu gedung perkantoran umumnya  lebih sensitif terhadap perkembangan ekonomi saat ini.

4. Investasi komersial 

Seperti halnya berinvestasi pada gedung perkantoran, investasi ini sangat diminati oleh banyak investor. Investasi ini meliputi bangunan untuk fasilitas komersial yaitu pusat perbelanjaan, hotel, bangunan komersial dan rumah sakit. Prospek investasinya sangat bagus, apalagi bilalokasi bangunannya sangat strategis dan jumlah penduduknya banyak. Investor akan diuntungkan dari harga sewa gedung.

5. Investasi properti sewa 

Selain investasi yang dapat memperoleh keuntungan dari pembelian dan penjualan real estat, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari menyewakan real estat Anda. Dengan menyewa  properti, Anda dapat memperoleh penghasilan yang stabil tanpa kerumitan. Anda dapat menyewa rumah, apartemen, bangunan komersial, dan bahkan wisma yang merupakan bagian dari investasi real estat jangka panjang Anda setiap tahun. 

Jika Anda tertarik dengan jenis investasi ini, sebaiknya pilih tempat yang strategis dan ramai seperti dekat kantor, industri, atau kampus. Namun, investasi ini mengharuskan Anda pandai mengelola dan memelihara properti yang Anda sewa. Dari manajemen properti hingga pemeliharaan, Anda dapat mempekerjakan staf khusus.

Nah, itu tadi ulasan mengenai pengertian investasi rumah dan jenis-jenis investasinya yang mungkin dapat menambah pengetahuan Anda. Selamat mencoba! 

 

Related Posts