Home Bisnis dan Usaha Inilah Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal dengan Keuntungan Besar

Inilah Ide Bisnis Sampingan Tanpa Modal dengan Keuntungan Besar

by Greg Pascal
bisnis sampingan

Sebagai mahasiswa aktif tentunya memerlukan penghasilan tambahan guna membantu membayar semesteran, maka bisnis sampingan bisa menjadi solusi dalam membantu meningkatkan pemasukan, hal ini juga berlaku bagi pemula yang ingin membuka peluang usaha.

Terdapat berbagai macam usaha sampingan modal kecil namun mampu mendapatkan keuntungan yang besar, usaha ini bisa dijalankan di sela-sela aktivitas perkuliahan oleh mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan sendiri.

Tentunya setiap membuka usaha atau bisnis memiliki resiko yang harus dihadapi, namun dengan berbekal kreativitas dan keberanian, serta pengambilan keputusan yang tepat, setiap tantangan bisa dilewati dengan mudah.

Ada beberapa bisnis yang cocok untuk pemula maupun mahasiswa untuk dijalankan sambil kuliah, peluang usaha tersebut bisa bermanfaat untuk menambah pengalaman sekaligus menambah penghasilan. Lantas, apa keuntungan berbisnis sambil kuliah atau di usia muda?

Kelebihan Bisnis Usia Muda

Terdapat banyak keuntungan yang bisa diperoleh saat memulai bisnis saat usia muda atau saat masih menjadi mahasiswa. Adapun keuntungannya sebagai berikut:

1. Menambah Uang Jajan

Memulai bisnis saat usia muda atau saat masih menjadi mahasiswa bisa menambah uang saku, jadi tidak perlu lagi meminta uang saku kepada orang tua, bahkan apabila bisnis tersebut sukses, bisa membantu orang tua dalam hal ekonomi.

2. Menambah Pengalaman

Kelebihan berbisnis di usia muda mampu menambah pengalaman, anda akan mengerti tentang bisnis, bisa merasakan kegagalan, termasuk dalam hal pengambilan keputusan yang tepat sehingga bisa meminimalisir resiko. 

3. Tabungan Masa Depan

Memiliki penghasilan sendiri serta mampu mengelolanya dengan tepat, maka bisa sebagai tabungan masa depan dengan menyisihkan sebagian keuntungan. Dengan demikian, masa depan dan hari tua nanti lebih terjamin karena sudah punya bekal.

bisnis sampingan

Baca Artikel Selanjutnya :

Jenis Usaha Sampingan

Ada beberapa jenis usaha sampingan dengan modal kecil tapi mampu menghasilkan keuntungan besar, tidak ada salahnya anda mencoba usaha ini yaitu sebegai berikut:

1. Jualan Online

Perkembangan teknologi digital kini semakin pesat, bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis online. Anda bisa jualan online seperti fashion, gadget elektronik, dan lain sebagainya.

Apabila belum memiliki modal yang cukup, maka bisa menggunakan sistem reseller atau dropshiper. Anda bisa mencari owner atau seller terpercaya, dimana produknya bisa dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan bagi anda.

2. Jasa Les Anak Sekolah

Memiliki kemampuan mengajar, maka bisa mencoba membuka jasa les anak sekolah. Anda bisa mengajar dengan keahlian dan kemampuan yang dimiliki, atau bisa bekerjasama dengan teman anda yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing.

Membuka bisnis ini tentunya tidak perlu modal, cukup kemampuan dan keahlian yang anda miliki sebagai modal dalam menambah penghasilan, dengan memberikan jasa les private anak sekolah.

3. Penulis Lepas

Jenis usaha sampingan yang bisa anda coba adalah menjadi seorang penulis lepas, tulisan anda bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan informasi, selain pastinya dibayar oleh pemilik website atau blog.

Selain itu, apabila memiliki keahlian membuat website, bisa sekalian bikin website bagi yang membutuhkan media tersebut untuk promo jualannya atau tulisannya.

4. Fotografer atau Videografer

Menjadi seorang fotografer atau videografer memiliki prospek yang menjanjikan, pasalnya jasa ini sangat dibutuhkan untuk acara pernikahan, acara wisuda dan lain sebagainya.

Selain itu, anda bisa sekalian menawarkan jasa editing foto maupun video. Hal ini tentunya bisa memberikan nilai tambah atas bisnis dibidang ini. Namun, untuk membuka bisnis ini memerlukan kemampuan dalam bidang fotografi dan videografi.

5. Desain Grafis

Jasa desain grafis saat ini banyak diburu oleh mereka yang ingin membuat brosur, spanduk dan lain sebagainya. Anda bisa membuka usaha dibidang ini secara mandiri maupun kerjasama dengan orang yang ahli dibidang desain.

Selain itu, bisnis desain grafis banyak dibutuhkan oleh mereka yang ingin membuat undangan pernikahan hingga jasa desain pembuatan kaos dengan gambar menarik, bisnis ini cukup luas jangkauannya.

6. Toko Distro

Apabila anda memiliki modal cukup bisa membuka toko distro, atau bisa kerjasama dengan orang yang memiliki modal untuk usaha ini. Beragam produk distro bisa anda jual kepada kaum milenial yang tidak ketinggalan tren dan modelnya.

Tantangan usaha ini, anda harus bisa mengikuti tren yang sedang berkembang, agar minat mereka membeli produk anda bisa lebih tinggi, tentunya mendatangkan keuntungan yang besar.

7. Youtuber

Pada saat ini banyak yang bercita-cita jadi youtuber, memang menjadi seorang konten kreator ini memiliki penghasilan yang lumayan besar, hanya saja memerlukan kemampuan dalam menarik minat penontonnya.

Maka dari itu, menjadi seorang youtuber perlu memiliki ide kreatif dan inovatif, agar bisnis ini bisa terus berkembang dan mampu menghasilkan pemasukan yang besar setiap bulannya.

Demikian ide bisnis sampingan yang cocok bagi pemula maupun mahasiswa yang ingin menambah penghasilan atau uang saku. Dalam membuat bisnis tantangan utamanya perlu memiliki ide dan kreativitas, hal ini berguna bagi anda yang belum punya modal, karena tanpa modal pun bisa bikin usaha.

Related Posts