Inilah Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Bisa Coba di Rumah

Apakah Anda ingin memulai membuka usaha, tapi bingung ingin membuka usaha apa? Anda tidak punya modal? Anda ibu rumah tangga yang sibuk tapi ingin menambah

Greg Pascal

[addtoany]

contoh usaha kecil kecilan

Apakah Anda ingin memulai membuka usaha, tapi bingung ingin membuka usaha apa? Anda tidak punya modal? Anda ibu rumah tangga yang sibuk tapi ingin menambah pemasukan? Jangan khawatir, kata siapa usaha membutuhkan modal besar dan harus repot? Kini Anda bisa memulai usaha dari rumah, tanpa harus meninggalkan pekerjaan rumah Anda. Berikut adalah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda coba. 

Contoh Usaha Kecil-Kecilan

1. Usaha katering atau membuat kue

Apakah Anda pandai memasak? Atau Anda hobi memasak? Manfaatkan keahlian Anda tersebut. Anda bisa membuka usaha rumahan katering atau membuat kue. Anda bisa menawarkan jasa katering Anda pada tetangga sekitar. Jika masakan Anda enak dan banyak yang suka, tak menutup kemungkinan usaha Anda akan semakin banyak pelanggan. 

Membuka katering tidak memerlukan modal yang besar. Usaha modal kecil yang satu ini hanya membutuhkan keahlian dalam memasak. Anda tidak perlu kursus memasak, Anda bisa belajar memasak secara otodidak. Banyak sekali video resep masakan yang mudah dan bisa Anda coba. Jika Anda kreatif, ciptakan menu baru yang anti mainstream agar orang penasaran. 

2. Bisnis dropship atau reseller

Menjadi dropshipper atau reseller bisa menjadi pilihan Anda untuk memulai usaha modal kecil. Anda tidak perlu menyetok barang. Pekerjaan Anda hanya mempromosikan produk yang Anda jual melalui sosial media. Jika ada pembeli yang memesan barang Anda, Anda tinggal menghubungi supplier atau atasan Anda. Sisanya Anda hanya perlu menunggu sampai barang pesanan sampai pada pembeli. Anda tidak perlu membungkus barang lagi, pekerjaan tersebut Anda serahkan pada supplier Anda. 

Menjadi dropshipper hampir tak memerlukan modal. Modal yang Anda butuhkan adalah kekreatifan Anda dalam mempromosikan barang dagangan Anda. Usaha rumahan ini banyak dipilih berbagai kalangan, dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Selain itu waktunya juga fleksibel. Anda tak perlu khawatir pekerjaan Anda lainnya terabaikan. 

3. Membuka jasa penerjemah

Apakah Anda memiliki keahlian dalam bahasa asing? Anda dapat memanfaatkan pengetahuan Anda dengan membuka jasa penerjemah. Anda tak perlu keluar rumah untuk membuka jasa ini. Anda tinggal duduk manis, menunggu klien, mengerjakan pesanan klien, dan Anda akan dibayar. Modal yang Anda keluarkan juga tidak banyak. Anda perlu device seperti laptop atau handphone, dan keahlian dalam berbahasa asing. 

Jangan lupa Anda harus mempromosikan jasa yang Anda tawarkan secara rutin. Anda bisa mengadakan diskon 50% atau gratis jasa penerjemah sebagai permulaan. Setidaknya Anda dikenal di kalangan luas. Apabila klien Anda sudah mulai banyak, barulah Anda memasang tarif yang sesuai pada jasa penerjemah Anda. 

contoh usaha kecil kecilan

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Jasa desain grafis

Apakah Anda cukup percaya diri dengan kekreatifan Anda dalam mendesain? Kenapa Anda tidak mencoba membuka jasa desain grafis? Anda akan membuat konten, mengedit konten, membuat infografis, dan pekerjaan yang berhubungan dengan desain lainnya. Pekerjaan ini mudah dan jika Anda menyukai dunia desain, usaha ini bisa menjadi peluang besar Anda. 

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang desain grafis. Seorang desain grafis dituntut untuk kreatif dan bisa menarik minat orang banyak. Apabila Anda memiliki dua skill ini, Anda wajib mencoba usaha rumahan satu ini. Modal yang Anda butuhkan tidak besar. Anda membutuhkan device yang memadai seperti laptop atau handphone untuk mendesain. Sianya Anda hanya perlu mengasah kekreatifan Anda dalam mendesain. 

5. Penulis lepas

Anda suka menulis? Anda bisa mencoba menjadi penulis lepas. Penulis lepas ada yang menulis fiksi seperti novel atau kumpulan cerpen, ada juga yang non fiksi seperti artikel ilmiah, artikel ringan, dan lainnya. Nah, jika Anda menggemari salah satunya, Anda bisa mencoba menjadi penulis freelance. Baik non fiksi maupun fiksi, semuanya bisa. 

Ada banyak platform sebagai wadah penulis yang bisa menghasilkan uang. Contohnya storial, KBP app, novel me, dan lainnya. Sedangkan untuk penulis artikel, Anda bisa mengirimkan tulisan Anda ke berbagai situs yang menerima artikel dari penulis lepas. Jika Anda ingin menjadi penulis lepas, maka Anda harus memiliki wawasan yang luas. Anda harus banyak membaca agar tidak tertinggal. Penulis adalah pembaca yang rakus. 

6. Membuka bimbingan belajar online

Membuka bimbingan belajar bisa menjadi pilihan Anda jika ingin membuka usaha modal kecil. Anda tidak perlu bertemu langsung dengan murid Anda. Cukup melalui platform zoom, google meet, dan platform lainnya, Anda sudah bisa mengajar. Modal yang Anda keluarkan untuk membuka usaha ini tidaklah besar. Jika Anda tidak memiliki paket internet, Anda bisa menggunakan wifi di tempat umum atau numpang wifi tetangga. 

Usaha satu ini bisa dijalankan siapa saja yang memiliki keahlian di bidangnya. Mahasiswa semester akhir banyak memilih usaha yang satu ini karena modalnya yang kecil dan waktu mengajar yang fleksibel. Selain itu mahasiswa juga bisa menambah pengalaman mereka dalam dunia kerja. Anda bisa membuka bimbingan belajar online sesuai dengan keahlian bidang Anda. 

Demikianlah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda coba.  Anda tidak perlu khawatir modal yang Anda keluarkan. Anda juga tidak perlu khawatir apabila Anda belum berpengalaman, Anda bisa belajar secara mandiri untuk menambah pengetahuan Anda. Anda dapat memilih usaha yang cocok dengan keahlian Anda. 

Related Post