Home Investasi Inilah Cara Investasi Properti untuk Para Pemula

Inilah Cara Investasi Properti untuk Para Pemula

by Lara Nifa
investasi properti

Saat ini Investasi properti menjadi investasi yang diyakini banyak orang sebab investasi ini akan terus meningkat nilainya. Jika Anda ingin berinvestasi properti, maka ada baiknya untuk mempelajarinya terlebih dahulu. 

Investasi real estate harus mampu meningkatkan kekayaan Anda. Sehingga tak heran apabila banyak yang percaya bahwa investasi real estate sangat menjanjikan dan aman dalam jangka yang sangat panjang. Investasi real estat dapat mengambil banyak bentuk, dari bentuk fisik misalnya, gudang, tanah kendaraan, co-working space, hotel, apartemen dan rumah sampai bentuk non-fisik misalnya saham dari perusahaan properti. Dari sekian banyak bentuk tersebut, investasi rumah saat ini yang paling populer.

Tetap saja, investasi ini tidak seindah dan semulus yang Anda bayangkan, seperti membeli dan menjual emas dan saham. Ada banyak hal yang perlu Anda pahami dan persiapkan  untuk mulai berinvestasi di real estat, terutama jika Anda seorang pemula. 

Investasi real estat dalam bentuk perumahan terbagi dalam dua kategori yakni aset tetap dan aset konsumen. Satu-satunya perbedaan adalah penggunaan.  Anda dapat menjual aset tetap Anda kapan saja sambil membeli barang konsumsi untuk rumah Anda. 

Keduanya akan terus menaikkan harga di masa mendatang. Jadi apa  yang perlu Anda lakukan untuk menargetkan dan menghasilkan uang dari investasi real estat di masa depan? Mari simak ulasannya berikut ini. 

Fokuskan investasi 

Menentukan apa yang diharapkan dari investasi real estat menjadi faktor penting. Sejumlah contoh  membeli real estat adalah mempunyai aset untuk tujuan bisnis seperti kantor. Yang lain membeli properti dengan tujuan untuk memilikinya terlebih dahulu, meskipun tidak ditempati dan ditinggalkan untuk jangka waktu yang lama.

Tetapkan jangka waktu 

Akan memakan waktu yang lama untuk mengetahui keinginan Anda dan juga berapa waktu yang diperlukan untuk sampai di tujuan tersebut. Ini juga mempengaruhi jenis investasi yang Anda cari. Seperti, apabila tujuan Anda yaitu menghasilkan uang dalam jangka pendek, maka tentu saja biaya  dan resikonya tinggi.

Jenis investasi rumah 

Seperti yang sudah disebutkan, perumahan dan apartemen merupakan sarana yang paling penting, sehingga merupakan investasi penting yang banyak diminati. Perumahan real estate dapat digunakan sebagai konsumen atau aset tetap. 

Jika Anda ingin mengubah rumah Anda menjadi barang konsumsi, Anda perlu menyiapkan banyak uang. Selain uang muka, terdapat biaya yang nominal relatif tinggi misalnya biaya transfer dan biaya notaris. 

Pertimbangkan juga biaya operasional seperti biaya kebersihan ketika rumah ditempati, biaya lingkungan, biaya air PAM, biaya listrik, dan pembelian berbagai perabot untuk mengisi rumah. Apabila digunakan sebagai properti investasi, dapat disewakan.

Investasi untuk bisnis 

Biasanya tanah lapang  digunakan sebagai investasi real estate perusahaan. Anda dapat membangun berbagai jenis real estat dari lapangan, termasuk bangunan komersial, ruang kantor, gudang, tempat parkir, pemakaman dan fasilitas komersial. 

Pemilik tanah biasanya menyewakan tanah untuk individu atau perusahaan yang mencari lahan untuk mendukung bisnis mereka. Tetapi, jenis investasi  ini tergantung dari faktor lokasi. Tanah lapang di dekat desa dapat digunakan sebagai kantor dan toko. Lahan yang jauh dari desa kini bisa disewa untuk pembangunan gudang, pabrik peternakan dan lainnya. 

Investasi untuk tempat wisata 

Dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi umum bagi pemilik rumah untuk menyewa kamar atau unit mereka sendiri. Banyak  orang yang mencari penginapan artistik dan instagramable. Fasilitas ini dapat menghasilkan uang tambahan hanya dengan merenovasi tampilan apartemen atau kamar. Tetapi, tidak dapat dipungkiri jika tanah lapan dapat digunakan sebagai investasi fasilitas wisata seperti villa, homestay dan hotel.

Cari Lokasi Properti yang Strategis 

Dengan uang yang cukup, maka Anda dapat mencari dan menentukan lokasi properti. Anda harus tahu jika semakin strategis lokasi properti maka semakin tinggi pula harganya. Koneksi transportasi yang baik pun berkontribusi pada kenaikan harga real estat. 

Hal yang harus Anda lakukan yaitu pilih tempat yang menurut Anda cocok, serta cari apartemen rumah yang sesuai dengan uang yang Anda miliki. Juga pertimbangkan aksesibilitas ke kawasan, keamanan, fasilitas umum yang tersedia, dan bebas banjir.

Membeli Saham dari Perusahaan Properti 

Membeli saham di perusahaan real estat adalah cara lain untuk berinvestasi di real estat. Jenis investasi real estat ini sangat murah daripada membeli real estat fisik. Bekerja sama seperti berinvestasi di saham biasa. Dengan kata lain, Anda harus terlebih dahulu membuka rekening di perusahaan investasi dan kemudian memperdagangkan saham real estat. Seperti saham, keuntungan berasal dari naiknya harga saham dan dividen. Ini biasanya didistribusikan pada akhir tahun. Sekarang ada banyak perusahaan real estate yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Related Posts