Home Perencanaan Inilah Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 45

Inilah Cara Hitung Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 45

by Greg Pascal
biaya bangun rumah

Bagi pasangan pengantin baru yang ingin memiliki rumah sendiri, model rumah tipe 45 yang bisa menjadi pilihan. Namun harus mengetahui biaya bangun rumah tersebut dengan cara menghitung perkiraan biayanya, agar bisa mempersiapkan anggaran pembangunan yang dibutuhkan.

Memperkirakan biaya membangun rumah merupakan suatu hal yang cukup penting, agar anda bisa mengetahui besaran anggaran yang harus dipersiapkan, termasuk biaya tambahan lainnya ketika terdapat pengeluaran yang tidak terduga, sehingga dengan adanya perhitungan biaya bangun rumah bisa membantu memperkirakan estimasi biayanya.

Maka dari itu, pada kesempatan ini akan menjelaskan tentang cara menghitung biaya bangun rumah sendiri dan biaya upah tukang bangunan yang harus dipersiapkan. Yuk, simak sampai akhir!

Apa itu Rumah Tipe 45?

Rumah tipe 45 merupakan salah satu model rumah minimalis yang ukurannya dihitung dalam skala per meter persegi. Contohnya rumah type 45/70, artinya ukuran luas bangunan yaitu 45 dan ukuran luas tanahnya 70 meter, baik mengusung konsep rumah 1 lantaI maupun rumah 2 lantai.

Selain itu, rumah minimalis sederhana ada beberapa tipe seperti rumah type 21, rumah type 36, rumah type 45 dan lain sebagainya. Semua bisa dibangun sesuai dengan lahan yang ada, dengan mengusung konsep sesuai selera. Lantas, bagaimana cara menghitung biaya pembangunannya?

Tentukan Konsep Rumah

Sebelum masuk proses penghitungan biaya membangun rumah, tentukan terlebih dahulu konsep rumah yang akan dibangun. Nantinya akan mengetahui estimasi anggaran bangun rumah, dan anda bisa mempersiapkan atau mencari modal merealisasikannya atau mewujudkan memiliki rumah impian.

Model rumah tipe 45 dengan konsep minimalis memang banyak diusung di zaman modern seperti saat ini, karena bisa memberikan kesan nyaman dan perawatannya yang lebih praktis, serta tidak perlu mengeluarkan banyak dana dalam pembangunannya.

Sebenarnya anda bisa saja membeli rumah yang sudah jadi, sehingga anda tinggal menempatinya saja dan mengikuti konsep yang sudah ada sebelumnya, atau bisa memodifikasinya sesuai selera anda. Berbeda halnya, ketika anda membangun rumah sendiri.

dengan membangun rumah sendiri, anda bisa dengan leluasa menciptakan konsep sendiri, desain sendiri sesuai dengan karakter anda, semua keputusan berada di tangan anda. Setelah memikirkan konsep, anda tinggal menghitung biaya yang harus dikeluarkan membangun rumah sendiri.

biaya bangun rumah

Baca Artikel Selanjutnya :

Perhitungan Biaya Bangun Rumah Tipe 45

Estimasi biaya membangun rumah minimalis sederhana type 45 bisa membuat desain 2 atau 3 kamar tidur, tergantung dengan kebutuhan anda. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam menghitung biaya membangun rumah sebagai berikut.

1. Biaya Bahan Bangunan

Untuk biaya bahan bangunan perlu memperhatikan bahan apa saja yang digunakan, umumnya perlu menyiapkan semen, pasir, batu bata, kayu, genteng, cat, paku, besi, alat perkakas dan aspek pendukung lainnya dalam pembangunan rumah.

Untuk membangun rumah minimalis type 45 mungkin tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran, kecuali rumah minimalis 2 lantai. Untuk estimasi anggaran bahan material bangunan ini, diperkirakan akan menghabiskan sekitar Rp 35 jutaan.

2. Biaya Tukang Bangunan

Dalam membangun rumah, tentunya memerlukan tukang, asisten tukang maupun mandor. Apabila kerjanya harian, kisaran ongkos per orangnya sekitar Rp 100 ribu, kemudian dikalikan dengan lama waktu kerjanya.

Misalkan, anda menargetkan pembangunan selesai dalam 1 bulan atau 30 hari dengan jumlah tukang 3 orang, maka biaya yang harus dikeluarkan selama waktu yang telah ditentukan tersebut adalah Rp 100 x 3 x 30 = Rp 9 juta.

3. Biaya Pasang Instalasi

Untuk biaya pemasangan instalasi rumah tipe 45 seperti instalasi listrik, instalasi air dan lain sebagainya. Maka anggaran yang harus disiapkan berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Anggaplah untuk biaya instalasi rumah mengambil jalan tengahnya yaitu sekitar Rp 4 jutaan, maka anda harus menyiapkan biaya tersebut untuk jasa pemasangan instalasi rumah agar nyaman saat dihuni bersama pasangan atau keluarga kecil anda.

4. Biaya Cadangan

Selain biaya utama bangun rumah tipe 45, anda perlu biaya cadangan untuk hal-hal terduga. Misalnya ketika harus menambah bahan material, biaya merapikan, biaya perbaikan bagian yang rusak, menambah taman dan lain sebagainya.

Untuk estimasi biaya cadangan, anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 5 juta, sebagai dana darurat atau tambahan ketika sewaktu-waktu terdapat kekurangan bahan material atau biaya pengerjaan lainnya yang tidak terduga.

Kesimpulan

Dari perhitungan biaya membangun rumah minimalis type 45 diatas, bisa disimpulkan estimasi anggaran yang harus disiapkan jumlahnya adalah Rp 35 juta + Rp 9 juta + Rp 4 juta + Rp 5 juta = Rp 53 juta.

Untuk membangun rumah minimalis tipe 45 agar bisa terealisasi, maka estimasi anggarannya sekitar Rp 53 juta. Meskipun hanya estimasi, informasi ini bisa menjadi gambaran umum, serta bisa menjadi pertimbangan untuk membangun rumah minimalis type 45.

Demikian pembahasan terkait perkiraan biaya bangun rumah dengan konsep minimalis type 45, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang akan membangun rumah dengan konsep tersebut, sehingga dengan menyiapkan anggarannya bisa terwujud membangun rumah impian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda pembaca setia.

Related Posts