Home Bisnis dan Usaha Inilah 7 Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Bisa Mendatangkan Untung

Inilah 7 Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias yang Bisa Mendatangkan Untung

by Lara Nifa
budidaya tanaman hias

Memiliki bisnis sendiri memang menyenangkan, apalagi bisnis tersebut adalah bisnis tanaman hias. Kabarnya, bisnis tanaman hias merupakan peluang usaha yang dapat meraup untung hingga jutaan rupiah. Itu karena beberapa jenis tanaman hias mudah dibudidayakan dan minim modal.

Nah, apa saja ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias yang menguntungkan? Yuk, simak informasi beberapa ide bisnis tanaman hias yang menguntungkan berikut ini.

Keuntungan Usaha Budidaya Tanaman Hias

Bukan rahasia lagi, Indonesia adalah surganya tanaman. Itu karena iklim tropis di Indonesia ramah lingkungan. Jadi, tidak heran jika beberapa jenis tanaman hias dapat dibudidayakan dengan mudah di Indonesia.

Bisa dibilang merintis usaha budidaya tanaman hias di Indonesia memiliki banyak keuntungan. Adapun keuntungan dari usaha budidaya tanaman hias adalah sebagai berikut.

  1. Peminat tanaman hias di Indonesia cukup tinggi.
  2. Pemeliharaan dan perawatan tanaman hias cukup mudah dan minim modal.
  3. Budidaya tanaman hias dapat dilakukan di lahan yang sempit sekalipun.
  4. Kondisi iklim dan cuaca Indonesia yang cukup mendukung untuk melakukan budidaya tanaman hias.

7 Ide dan Peluang Usaha Budidaya Tanaman Hias

Salah satu alasan budidaya tanaman hias dapat dijadikan peluang usaha karena usaha ini bertahan lama. Artinya, setiap tahun peminat tanaman hias selalu mengalami peningkatan. Bisa dikatakan bukan usaha musiman.

Disarankan sebelum Anda memulai usaha budidaya tanaman hias, Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis tanaman hias apa yang disukai banyak orang dan dapat dijadikan ide peluang usaha. Adapun ide dan peluang usaha budidaya tanaman hias adalah sebagai berikut.

1. Budidaya Mawar

Bukan rahasia lagi, bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang banyak disukai. Oleh karena itu, bunga yang satu ini dapat dijadikan peluang usaha. Caranya dengan melakukan budidaya bunga mawar dan menjual bibit mawar kepada pecinta tanaman hias.

Pada umumnya, konsumen menyukai bunga mawar yang dikemas di pot. Jadi, Anda dapat menjual bunga mawar di pot. Atau dapat juga Anda membuat usaha buket bunga mawar untuk event tertentu.

2. Budidaya Bunga Matahari

Bunga yang berwarna kuning cerah seperti matahari ini popule dengan nama bunga matahari. Keindahannya yang memikat banyak orang dapat dijadikan peluang usaha untuk melakukan budidaya bunga matahari.

Kabarnya, 1 pot bunga matahari ditawarkan dengan harga yang relatif mahal. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin merintis usaha tanaman hias, dapat mulai merintis budidaya bunga matahari.

3. Budidaya Melati

Selain bunga mawar, budidaya melati juga dinilai menguntungkan. Itu karena bunga yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta bunga. Baunya yang harum dan wangi membuat bunga melati terlihat elegan.

Anda dapat membudidayakan bunga melati, kemudian menjualnya sebagai bibit melati. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan bunga melati sebagai hiasan, seperti: untuk dekorasi pelaminan atau hiasan acara tertentu.

4. Budidaya Anggrek

Harga jual yang cukup mahal, membuat bunga anggrek layak untuk dibudidayakan dan dijadikan peluang usaha. Namun, perlu diingat bunga anggrek tidak dapat dijual per potong seperti bunga mawar. Jadi, untuk berbisnis bunga anggrek, Anda hanya dapat menjual bibit anggrek dengan harga yang cukup mahal. 

5. Budidaya Bonsai

Satu lagi budidaya tanaman hias yang tidak termakan oleh zaman, yaitu budidaya bonsai. Tanaman yang satu ini memang memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan peluang usaha. Itu karena harga jual bonsai yang mahal.

Pastinya, dengan membudidayakan bonsai, Anda akan meraup keuntungan yang besar. Perlu diingat modal yang dibutuhkan untuk budidaya bonsai juga besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena modal tersebut akan terbayar dengan harga jual bonsai yang mahal.

6. Budidaya Kamboja

Dikenal sebagai bunga keramat, bunga yang satu ini juga layak dijadikan peluang usaha, yaitu kamboja. Kabarnya, budidaya kamboja dinilai menguntungkan dan menjanjikan. Itu karena bunga kamboja mudah dipelihara dan dirawat.

Anda dapat meraup untung dengan budidaya kamboja. Hal tersebut karena hasil budidaya bunga ini dapat dijual dalam berbagai kemasan, seperti: dijual bibitnya, dijual dengan cara dibonsai atau dijual pohonnya sebagai hiasan.

7. Budidaya Sukulen dan Kaktus Mini

Satu lagi budidaya tanaman hias yang dapat dijadikan peluang usaha, yaitu sukulen dan kaktus mini. Kabarnya, tanaman hias yang memiliki nilai estetika yang tinggi ini banyak diminati orang. Umumnya, sukulen dan kaktus mini ini dijadikan souvenir di acara khusus, seperti: pernikahan atau ulang tahun.

Bentuknya yang unik dan kekinian membuat tanaman ini cocok dijadikan hiasan baik untuk hiasan outdoor dan indoor. Saat ini, banyak beberapa jenis kaktus mini dan sukulen yang dibudidayakan. Umumnya, tanaman hias ini dijual bibitnya dan dikemas di pot untuk dijadikan hiasan atau souvenir.

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang peluang bisnis tanaman hias tersebut? Tentunya, melakukan budidaya tanaman hias tidak ada ruginya. Itu karena tanaman hias terus diminati sampai kapan pun. 

 

Related Posts