Home Bisnis dan Usaha Inilah 7 Bisnis rumahan yang tidak ada matinya

Inilah 7 Bisnis rumahan yang tidak ada matinya

by Lara Nifa

Adanya pandemi yang tak kunjung selesai ini, membuat banyak sektor yang terdampak salah satunya adalah ekonomi. PHK besar-besaran nampaknya masih akan berlangsung karena beberapa perusahaan yang terus merugi. Pada akhirnya tidak sedikit orang yang mengalami PHK, memutuskan untuk membangun bisnis. 

Banyak sekali bisnis rumahan yang bisa Anda coba dan keuntungan yang diperoleh pun bisa sangat besar. Dengan membangun bisnis rumahan, Anda juga bisa memiliki waktu yang lebih fleksibel. Di bawah ini ada tujuh contoh bisnis rumahan yang kemungkinan akan terus exist dan tidak mudah redup yang bisa dijadikan ide untuk Anda. 

  • Warung sembako

Semua orang akan selalu membutuhkan kebutuhan primer seperti beras, telur, minyak, bumbu dapur hingga perlengkapan mandi. Membuka warung sembako merupakan langkah tepat karena bisnis ini sudah pasti tidak akan ada matinya. Anda bisa memanfaatkan garasi atau teras rumah jadi tidak perlu sewa tempat lagi. Walaupun modal yang dibutuhkan lumayan besar tapi dengan pengelolaan yang baik, usaha ini akan sangat menjanjikan.

 

  • Souvenir Pernikahan

Bisnis souvenir pernikahan patut dicoba karena usaha di bidang wedding akan terus berkembang dan berlanjut melihat permintaan dari masyarakat yang makin tinggi juga. Gunakan kreativitas yang Anda miliki sehingga bisa menghasilkan souvenir yang unik dan akan banyak dicari. 

Produksinya pun bisa dilakukan dari rumah saja tanpa perlu membuka toko offline  Manfaatkan platform media sosial seperti instagram, facebook atau aplikasi e-commerce shopee, bukalapak, tokopedia dan lainnya sebagai media untuk mempromosikan produk Anda. 

 

  • Bisnis katering

Jangan sia-siakan jika Anda mempunyai keahlian memasak karena itu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak jenis katering yang bisa Anda coba yaitu katering nikahan, acara kantor, ulang tahun hingga katering sehat atau diet yang sedang banyak diminati saat ini. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan katering harian melihat sekarang ada banyak orang yang tidak sempat memasak di rumah setiap harinya karena jadwal yang padat seperti bekerja, sekolah dan lainnya. 

 

  • Jasa jahit

Bisnis yang satu ini juga tidak kalah menarik bagi Anda yang memang mempunyai bakat desainer. Anda bisa membuka jasa jahit di rumah hanya dengan bermodalkan mesin jahit serta peralatannya yang tidak banyak menguras kantong. 

Kenapa bisnis ini tidak akan ada matinya ? Karena baju merupakan kebutuhan primer yang akan selalu dibutuhkan setiap orang. Waktu yang Anda gunakan pun jadi lebih fleksibel karena bisa dikerjakan dari rumah dan kapan saja. 

  • Bisnis cemilan 

Hampir tidak mungkin jika ada orang yang tidak suka ngemil. Mulai dari anak-anak sampai orang tua sangat menyukai cemilan apalagi bisa dinikmati ketika sedang bersantai maupun bekerja. Pilihan cemilan yang bisa dijual sangat beragam contohnya keripik dengan aneka macam rasa, donat kentang, singkong goreng dan masih banyak lagi.

Pilihan-pilihan tersebut tinggal disesuaikan dengan target konsumen yang ada di sekitar rumah Anda. Agar jangkauan konsumen semakin luas, Anda juga bisa bekerja sama dengan platform seperti Gofood, grabfood dan shopeefood. Jadi produk cemilan Anda bisa dijangkau oleh konsumen yang jaraknya jauh dari rumah Anda. Maka tidak diragukan lagi bahwa bisnis ini memiliki peluang yang sangat menguntungkan.

 

  • Tanaman hias 

Tanaman hias sudah menjadi favorit banyak orang sejak dulu. Dan beberapa tahun belakangan ini, tanaman hias yang diperjual-belikan semakin beragam jenisnya Harganya juga sangat variatif mulai dari puluhan ribu hingga bisa mencapai belasan juta rupiah. Tak heran jika bisnis tanaman hias semakin banyak peminatnya dan tidak akan ada matinya.

Jika Anda berminat mencoba usaha ini, pahami dulu jenis tanaman yang akan dijual terkait bagaimana perawatan dan segala risikonya. Dengan cara yang tepat dan pengelolaan yang baik, maka sangat mungkin Anda bisa mendapat keuntungan yang besar.

  • Jasa laundry

Apabila rumah Anda ada di sekitar pemukiman yang masyarakatnya aktif sebagai pekerja atau banyak kos-kosan mahasiswa, maka bisnis laundry kiloan patut untuk dicoba. Mereka akan memilih hal-hal yang bersifat praktis dan efisien di tengah kesibukannya. 

Adanya jasa termasuk laundry tentu sangat membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian. Agar menarik konsumen, Anda juga bisa menawarkan jasa antar-jemput cucian dan berbagai promo menarik lainnya. Bisnis ini sangat menjanjikan dan tidak akan pernah redup, mengingat semakin banyak orang yang memiliki kesibukan di luar rumah.

 

Itulah tadi beberapa contoh yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin memulai bisnis rumahan yang tidak ada matinya atau akan tetap exist. Namun kesuksesan dari bisnis yang dijalankan tergantung pada besarnya tekad dan pengelolaan yang baik. Jadi, disamping menyiapkan modal Anda juga harus memahami terlebih dahulu tentang bisnis tersebut.

Related Posts