Home Featured Ini yang Dimaksud Polis Asuransi dan Manfaat Memilikinya

Ini yang Dimaksud Polis Asuransi dan Manfaat Memilikinya

by Lara Nifa

Di dalam hidup ini banyak hal tak terduga bisa terjadi tanpa bisa kamu prediksi, entah itu kejadian baik atau buruk. Salah satu cara kamu untuk mempersiapkan akan hal-hal yang terjadi nanti salah satunya adalah dengan mempunyai asuransi jiwa. Asuransi jiwa sangat dibutuhkan karena mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat seperti perlindungan dari resiko sakit, kecelakaan maupun resiko kematian.

Ragam Produk Asuransi

Saat ini, sudah begitu banyak perusahaan penyedia jasa produk asuransi jiwa yang sudah tersedia untuk kamu pilih. Kamu bisa memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan kamu cermat dalam memilih produk asuransi yang kamu inginkan. Pelajari dengan teliti setiap produk agar dapat mengcover kebutuhan asuransi kamu.

Perkembangan Asuransi Di Indonesia

Di Indonesia, perusahaan penyedia jasa asuransi berkembang cukup pesat selama beberapa tahun belakangan. Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan jasa asuransi yang baru berdiri. Bahkan menurut data yang dilakukan beberapa lembaga survey, pengguna asuransi di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Kesadaran Akan Asuransi

Masyarakat modern sepertinya sudah semakin paham dan sadar akan pentingnya kebutuhan akan asuransi dalam kehidupan mereka. Masyarakat sudah semakin pintar dalam memilih produk asuransi, apalagi saat ini begitu banyak jenis asuransi yang bisa kamu pilih dan kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi kamu mempunyai banyak pilihan untuk memilih asuransi yang tepat untuk kamu.

Mengenal Polis Asuransi

Dunia asuransi sendiri memiliki banyak istilah yang kadang terdengar asing di telinga kamu. Hal inilah yang membuat beberapa orang mempunyai pengertian yang keliru soal asuransi. Sebelum mulai menggunakan jasa layanan asuransi, ada baiknya kamu belajar memahami berbagai macam istilah seputar asuransi agar kamu tidak bingung dan salah mengartikan istilah yang ada.

Beberapa istilah yang mungkin pernah kamu dengar seputar istilah asuransi adalah polis asuransi. Banyak orang yang keliru mengartikan polis asuransi, sebagian orang menganggap kalau polis asuransi adalah sejumlah dana yang harus kamu bayarkan setiap bulannya kepada perusahaan jasa asuransi. Tentu saja hal ini merupakan kekeliruan, karena ada perbedaan antara premi dan polis asuransi.

Polis asuransi adalah bukti tertulis yang berupa perjanjian antara perusahaan penyedia jasa asuransi dengan pengguna jasa layanan asuransi dalam hal ini adalah kamu sebagai nasabahnya. Isi perjanjian biasanya menjelaskan dengan detail segala aturan serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Dengan polis asuransi, maka masing-masing pihak mempunyai kesepakatan tertulis untuk saling menjalankan tanggung jawab masing-masing pihak sebagaimana tertulis dalam polis asuransi tersebut.

Fungsi Adanya Polis Asuransi

Setelah kamu memahami pentingnya sebuah polis asuransi, jadi sudah seharusnya kamu wajib mengerti keseluruhan isi dari polis asuransi kamu. Dengan kamu mengerti isi polis asuransi kamu, kamu akan terhindar dari kerugian yang terjadi di kemudian hari akibat kamu tidak mempelajari dengan baik isi polis asuransi kamu.

Berikut fungsi polis asuransi bagi nasabah asuransi atau yang biasa kita kenal dengan sebutan tertanggung.

  1. Menjadi bukti hitam putih yang menyatakan jaminan atas berbagai resiko yang terjadi serta penggantian kerugian kepada kamu sebagaimana telah tertulis didalam polis asuransi.
  2. Polis asuransi bisa menjadi bukti pembayaran kepada perusahaan jasa layanan asuransi.
  3. Bisa menjadi barang bukti sah untuk menuntut tanggung jawab penanggung, jika sewaktu-waktu pihak penanggung lalai dalam memenuhi tanggung jawabnya kepada tertanggung.

Sedangkan untuk pihak penanggung atau perusahaan jasa layanan asuransi, berikut manfaat adanya polis asuransi:

  1. Menjadi bukti tanda terima pembayaran premi asuransi oleh pihak tertanggung.
  2. Sebagai bukti tertulis bentuk jaminan dan tanggung jawab oleh pihak tertanggung dalam melaksanakan kewajibannya kepada pihak tertanggung jika terdapat kerugian yang di derita.
  3. Menjadi bukti paling sah untuk menolak segala bentuk ganti rugi oleh pihak tertanggung jika penyebab kerugian tidak sesuai dengan yang tertulis dalam polis asuransi yang ada.

Jenis-Jenis Polis Asuransi

Polis asuransi pun mempunyai berbagai macam jenisnya. Berikut adalah beberapa polis asuransi yang ada di Indonesia:

1. Polis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan berfungsi memberikan jaminan kepada setiap nasabahnya yang sakit dan membutuhkan pengobatan ataupun perawatan. Polis asuransi kesehatan berisi perihal biaya pengobatan seperti rawat inap, perawatan dan tindakan medis lainnya. 

2. Polis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ada beragam jenisnya, ada yang seumur hidup ada pula yang berjangka yang bisa diperbaharui setiap habis waktu nya. Polis asuransi jiwa ini bisa diuangkan kepada ahli waris ketika nasabah dari polis asuransi jiwa tersebut meninggal suatu saat.

3. Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi kendaraan bermotor sangat berguna untuk memberikan proteksi terhadap kendaraan kamu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan seperti terlibat kecelakaan, kerusakan pada kendaraan dan lain sebagainya yang merugikan kamu.

Demikianlah sekilas tentang apa itu polis asuransi dan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari polis asuransi. Pastikan ketika kamu mendapat polis asuransi, bacalah dengan teliti seluruh isi polis asuransi tersebut. Jangan ragu untuk bertanya kepada agen asuransi kamu atau perusahaan penyedia jasa layanan asuransi jika kamu merasa belum jelas.

 

Related Posts