Home Tips Ini Tips Agar Kamu Bisa Mencapai Karir Impian di Usia 30-an

Ini Tips Agar Kamu Bisa Mencapai Karir Impian di Usia 30-an

by Lara Nifa

Banyak orang yang berpikir bahwa usia muda adalah usia terbaik untuk sedini mungkin membuat keputusan dalam karir yang akan membantu mereka  di masa depan. Semakin banyak orang yang kritis dan sadar pentingnya merencanakan karir untuk masa depan.

Setelah lewat fase itu, pada akhirnya kita akan bisa menikmatinya ketika mencapai umur matang di umur 30-an. Apalagi di umur 30-an orang mulai memasuki fase hidup baru seperti menikah dan berkeluarga.

Rencanakan Dengan Baik

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu bisa kamu capai dengan mudah ketika kamu mempunyai perencanaan yang baik. Dua faktor yang menentukan adalah finansial dan karir kamu.

Menjadi sukses dalam berbagai bidang, terutama karir, menjadi impian setiap orang. Meskipun begitu, kamu juga harus berani mewujudkan mimpi itu dengan menetapkan dengan jelas tujuan kamu dan berusaha dengan bersungguh-sungguh dengan tekun mencapainya.

Tips Mencapai Karir Impian

Buat kamu yang sedang merencanakan tujuan hidup kamu kedepan terlebih dalam bidang karir, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar kamu bisa mencapai karir impian kamu di usia 30-an.

1. Buat Tujuan Jangka Pendek

Agar kamu tidak stress dalam mencapai tujuan kamu, kamu bisa mencoba dengan membagi tujuan karir jangka panjang kamu ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek. Dengan membagi dalam tujuan jangka pendek, kamu akan mempunyai target yang lebih realistis untuk kamu capai.

2. Berani Keluar Dari Zona Nyaman

Salah satu kendala terbesar bagi sebagian anak muda untuk mencapai karir impian mereka sebelum umur 30, adalah tidak berani keluar dari kenyaman mereka. Banyak anak muda yang memilih untuk settle dengan kondisi mereka saat ini.

Mereka menganggap dengan kondisi saat ini, mereka merasa cukup. Kamu harus berani keluar dari zona nyaman kamu saat ini jika kamu ingin mencapai karir impian kamu.

Kamu harus berani mengambil kesempatan yang ada jika itu berarti kamu harus bersusah-susah payah lebih dahulu.

3. Disiplin dan Komitmen

Kamu membutuhkan disiplin dan komitmen yang tinggi untuk bisa mencapai karir impian kamu. Akan ada kegagalan yang datang, tapi jangan sampai itu membuat kamu menyerah terhadap kegagalan kamu. Selalulah berusaha untuk bangkit dan jangan pernah menyerah ketika kamu menghadapi kegagalan.

4. Hidup Sederhana

Gaya hidup kamu akan menentukan bagaimana masa depan kamu. Belajarlah untuk hidup sederhana. Hiduplah sesuai kebutuhan bukan untuk berfoya-foya dan bermewah-mewah.

Belajarlah untuk mengelola keuangan kamu dengan baik. Aturlah anggaran kamu dengan bijaksana. Pastikan kamu juga mempunyai anggaran untuk investasi kamu. Investasi kamu akan membantu karir kamu di masa depan.

5.  Memiliki Rencana Cadangan

Terkadang hidup tidak seperti yang kita rencanakan, namun kamu tidak boleh menyerah begitu saja dan pasrah terhadap keadaan. Kamu bisa membuat rencana cadangan yang bisa mendukung rencana utama kamu untuk mencapai karir impian kamu.

6. Membangun Side Income

Pada usia 30an, biasanya banyak orang yang sudah membangun usahanya sendiri, bahkan banyak yang pensiun lebih awal karena sudah mencapai karir yang diimpikan. Sedari dini kamu bisa belajar membangun karir kamu sendiri, mulai dengan mencari side income lewat hobi atau passion kamu. 

Upgrade Soft Skill

Selain beberapa skill diatas, kamu juga harus mengupgrade soft skill kamu. Soft skill sangat penting dan dibutuhkan jika kamu ingin membangun karir kamu dengan baik. Beberapa soft skill yang bisa menunjang karir kamu:

1. Skill Komunikasi

Komunikasi merupakan faktor yang sangat penting ketika menjalani karier kamu. Kamu harus belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang disekitar lingkunganmu, entah lingkungan kerja maupun lingkungan keluarga apapun status kamu. 

Berbicara di depan orang banyak juga salah satu  skill dalam komunikasi yang mendukung  karir kamu kedepannya. Hal lain dalam berkomunikasi selain berbicara adalah kamu harus mampu menjadi pendengar yang baik bagi orang-orang disekitar kamu. 

2. Leadership

Kemampuan kamu untuk menjadi seorang pemimpi juga termasuk hal penting yang harus kamu asah sedari dini untuk membangun karir kamu. Ketika karir kamu semakin berkembang, tidak menutup suatu kemungkinan kamu akan memimpin sebuah tim suatu saat nanti. Tanpa kemampuan leadership, kamu tidak akan dapat membuat tim kamu bekerja dengan efektif. 

Kamu bisa belajar dengan mengambil inisiatif memimpin rapat bersama dengan tim dan kolega kamu untuk melatih skill kepemimpinan kamu, bisa juga dengan belajar mempresentasikan ide dan pendapat kamu didepan tim kamu. Dan berani mengambil keputusan untuk sebuah masalah juga  akan mempertajam intuisi kamu sebagai seorang pemimpin.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencapai karir impian kamu di usia 30an. Ingatlah bahwa tidak ada jalan pintas menuju sukses, dibutuhkan ketekunan dan kerja keras serta keinginan untuk selalu mengupgrade diri menjadi semakin baik yang dapat membuat kamu mencapai karir impian kamu.

Related Posts