Home Uncategorized Ini Tanda Kamu Sudah Jago Kelola Keuangan

Ini Tanda Kamu Sudah Jago Kelola Keuangan

by Lara Nifa

 

Mengelola keuangan merupakan suatu kebiasaan yang tidak banyak di lakukan olej seseorang dengan baik. Banyak orang yang berusaha mengelola keuangan mereka tetapi tetap saja kondisi finansial tidak stabil bahkan memburuk. Karena memang susah sekali mengelola keuangan dengan kondisi ekonomi dalam hidup masih terus mengalami permasalahan. Apalagi jika kebutuhan hidup makin banyak juga pengeluaran lebih banyak dari pada pemasukan sebagai penghasilan. 

Tetapi di antara banyak permasalahan keuangan tersebut, masih ada sebagian orang yang bisa kelola keuangan dengan baik. Orang yang seperti ini biasanya sudah memiliki caranya tersendiri agar bisa selalu mengelola keuangan mereka dengan baik. Maka jika kamu juga ingin juga bisa mengelola keuangan kamu harus mengetahui seperti apa tanda seseorang sudah jago mengelola keuangan. Nah ini tanda kamu sudah jago kelola keuangan. 

1. Mengetahui Perbedaan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tanda yang pertama menandakan bahwa kamu jago dalam kelola keuangan adalah kamu sudah mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan dalam hidup kamu. Sehingga kamu bisa memisahkan berapa uang yang keluar untuk kebutuhan dan berapa banyak uang yanh keluar untuk memenut keinginan kamu. Dengan begitu berarti kamu juga akan bisa lebih memprioritaskan mana yang di dahulukan dan mana yang bisa di beli di kemudian hari. 

Seseorang yanh bisa mengetahui perbedat antara kebutuhan dan keinginan ini biasanya memiliki pola pikir yang tegas dan selalu bijak dalam menggunakan uang untuk membeli sesuatu. Meskipun jika ada seseorang yang hanya mengetahui perbedaan nya saja tanpa bisa mengatur keuangan nya maka itu akan lebih baik dari pada kamu yang tidak mengetahui perbedaan nya. Maka dari itu kamu harus bisa mempertahankan kebiasaan ini agar keuangan kamu makin stabil. 

2. Sudah Bisa Menabung Secara Rutin

Menabung adalah sebuah kegiatan yang mungkin banyak orang tidak senang melakukan nya, selain memang tidak ada sisa uang yang harus digabungkan tetapi lebih banjak lagi orang yang menganggap bahwa menabung adalah suatu hal yang tidak penting untuk dilakukan. Padahal dengan menabung berarti kamu bisa membeli sesuatu di kemudian hari tanpa susah lagi untuk mencari uang yang banyak jika keadaan nya mendesak membuat kami tidak sempat mencari uang terlebih dulu. 

Maka jika kamu adalah seorang yang bjsa menabung secara rutin berarti kamu bukan hanya pintar menyisihkan uang untuk keperluan di kemudian hari. Tetapi kamu memilih tanda bahwa diri kamu adalah seorang yang jago dalam kelola keuangan. Ini merupakan tanda yang baik, karena dengan selalu rutin menabung berarti kamu adalah seorang yang bisa mengandalkan diri sendiri dalam kondisi terhimpit ekonomi. Karena biasanya orang yang tidak memiliki tabungan akan memilih untuk bergantung pada finansial orang lain. 

 

3. Pengeluaran Bulanan Stabil

Melihat kondisi ekonomi yang makin memburuk, pengeluaran semakin banyak, harga semakin mahal padahal pengeluaran terus menambah mungkin akan sulit untuk sebagian orang membuatmu pengeluaran bulanan tetap stabil. Apalagi jika kamu bukan seorang yang hidup sendiri, memiliki anggota keluarga yang harus di biayai dengan kebutuhan berbeda di setiap bulam nya adalah sebuah beban yanh membuat kamu tidak bisa mengeluarkan pengeluaran dengan stabil. 

Tetapi dari berbagai masalah itu, jika kamu adalah seorang yang selalu bisa mengatur pengeluaran tetap stabil berarti kamu adalah seorang yang jago dalam kelola keuangan. Karena tidak banyak orang yang bisa konsisten dalam masalah pengeluaran bulanan ini. 

4. Tidak Boros

Tanda selanjutnya yang mengarah kalau kamu adalah seorang yang jago kelola keuangan adalah kamu tidak boros dalam berbagai hal. Misalnya dalam berbelanja, karena kamu memiliki tanda sebelumnya nya yaitu bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga kamu tidak akan boros dalam berbelanja. 

Seseorang yang tidak boros biasanya adalah jika kamu tidak berlebihan dalam membeli suatu hal, kamu juga tidak memakai sesuatu dengan berlebih-lebihan dan tidak tergiur dengan sesuatu yang baru atau trend di masa sekarang. 

5. Sudah Tidak Memiliki Hutang

Tanda terakhir yang memperlihatkan bahwa kamu adalah seorang yang jago dalam kelola keuangan adalah jika kamu sudah terbebas dari hutang. Dengan tidak memiliki hutang kamu sudah bisa membeli kebutuhan kamu sendiri dengan uang yang sudah dikumpulkan tanpa harus meminjam pada orang lain. 

Jika kamu sudah mengetahui tanda bahwa kamu sudah jago kelola keuangan, maka kamu sudah siap juga menyambut masa depan yang lebih cerah. Karena dengan menglola keuangan yang baik, kamu bisa menjadi seseorang yang lebih baik dalam urusan finansial bisa menjadi kaya dan membeli sesuatu atau menginginkan sesuatu dengan mudah jika keuangan kamu sudah teratur dengan baik. Jadi semoga informasi dalam tulisan ini bermanfaat untuk kamu. v

Related Posts