Home Uncategorized Ini Sumber Modal Untuk Bangun Kedai Kopi

Ini Sumber Modal Untuk Bangun Kedai Kopi

by Lara Nifa

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang mulai dari remaja hingga dewasa.  Di Indonesia sendir kopi merupakan tanaman yang banyak ditanam oleh petani Indonesia. Banyak Negara lain juga mengakui bahwa kopi Indonesia merupakan salah satu kopi terenak di dunia. Untuk itu, pada saat ini semakin banyak nya kedai kopi yang bermunculan dan bersaing dalam menggaet para pecinta kopi. Walaupun banyak nya kedai kopi yang bermunculan, usaha kedai kopi tetap akan berjalan dengan lancar jika kedai kopi mu dapat bersaing dengan kedai kopi yang lain.

Peluang bisnis kedai kopi ini sangat sayang untuk dilewatkan untuk kamu yang sedang mencari ide bisnis terlebih jika kamu juga pecinta kopi. Tetapi sebelum memulai bisnis ini kamu perlu kamu harus memiliki rencana yang matang terutama mengenai modal. Tidak perlu khawatir jika kamu memiliki kendala pada modal untuk membangun bisnis kopi ini. Berikut saya paparkan sumber modal jika kamu ingin mulai membangun bisnis kedai kopi

Sumber Modal Untuk Bangun Kedai Kopi

Modal Sendiri

Memulai usaha untuk membangun kedai kopi merupakan sesuatu yang harus dipersiapkan dengan matang terlebih dalam hal Modal. Dapat kita ketahui bersama modal untuk membangun sebuah kedai kopi dapat dikatakan cukup tinggi. Hal ini karena dalam sebuah kedai kopi banyak unsur yang harus dipenuhi, seperti pengadaan aset tetap, peralatan untuk membuat kopi yang dikategorikan lumayan mahal, perlengkapan, hingga biaya operasional.

Modal pertama yang dapat kita manfaatkan adalah modal pribadi kita. Modal ini bisa kita dapatkan dari tabungan yang telah kita persiapkan ataupun dari sisa gaji yang kita punya. Dari modal awal ini lah bisnis kedai kopi kita dapat dijalankan karena sudah memiliki modal untuk memulainya. Jika modal yang kamu miliki sekiranya sudah cukup untuk membangun sebuah kedai kopi, maka akan semakin bagus karena kamu tidak akan menggaet orang untuk menjalankan bisnis bersama.

Patungan

Jika modal pribadi yang kamu miliki belum cukup untuk membangun sebuah usaha kedai kopi, kamu dapat memilih opsi untuk membangun kedai kopi bersama orang yang bersedia kamu ajak kerjasama. Bisa dari keluarga ataupun teman mu yang juga memiliki modal untuk diajak patungan dalam memulai bisnis ini. Pastikan kamu memilih partner yang tepat untuk dijadikan teman untuk memulai sebuah usaha. Jika perlu kamu harus membuat perjanjian atau kontrak terlebih dahulu untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan nantinya. 

Karena kedepannya bisa saja akan mendapatkan banyak permasalahan seperti pembagian hasil yang tidak adil, dan lain sebagainya. Kemudian ketika memakai modal patungan bersama teman pastinya kedai yang akan kamu jalankan juga akan memiliki dua pemikiran yang berbeda ketika akan menjalankannya. Kesamaan visi, misi, kemudian perjanjian perjanjian yang jelas yang dibuat di awal merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Pinjaman Bank

Opsi selanjutnya untuk mendapatkan modal dalam membangun sebuah kedai kopi adalah dengan melakukan pinjaman Bank. Pinjaman dari bank konvensional yang tidak memiliki bunga yang besar dapa lebih membantumu. Terlebih  jika kamu memilih opsi ini maka tidak perlu campur tangan dari orang lain dalam bisnis kopi mu. Selain dari pinjaman bank, kamu juga dapat memanfaatkan dari lembaga bisnis bukan bank, seperti dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dana KUR dapat kamu manfaat jika usaha yang kamu jalankan memenuhi kriteria untuk mendapatkan pinjaman. Untuk mendapatkan modal ini bisnismu harus sudah berjalan terlebih dahulu, dapat dikatakan dana ini bisa kamu manfaatkan untuk memperbesar bisnis mu. Kriteria untuk mendapatkan modal dari dana Kur adalah jika usaha yang kamu jalankan memiliki prospek bisnis yang bagus dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman.

Modal Ventura

Modal Ventura juga dapat kamu manfaatkan untuk mulai membangun bisnis kedai kopi yang akan kamu jalankan. Modal ventura ini berasal dari sebuah badan usaha yang sedang melakukan investasi melalui penanaman modal bagi perusahaan rintisan yang pengembaliannya ditetapkan dalam jangka waktu tertentu. Manfaat lain dari modal ventura adalah untuk meningkatkan aktivitas dan potensi bisnis yang sedang kamu jalankan. Karena selain mendapatkan modal, bisnis mu juga akan dibantu dalam hal manajemen. Sehingga biaya pemasaran dan produksi akan lebih efisien.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan salah satu dari program pemerintah yang memiliki tanggung jawab sosial dan diwajibkan kepada perusahaan BUMN dan korporasi besar. Jumlah pinjaman yang bisa kamu dapatkan ketika usahamu menjadi mitra binaan dari PKBL adalah maksimum Rp 200 juta. Dengan modal yang lumayan besar tersebut merupakan prospek yang bagus untuk memulai usaha kopi mu menjadi usaha yang lebih besar. 

Related Posts