Home Karir Ini Skill yang Dibutuhkan Jika Kamu Ingin Kerja di Digital Marketing

Ini Skill yang Dibutuhkan Jika Kamu Ingin Kerja di Digital Marketing

by Lara Nifa

Semakin lama teknologi yang bisa dinikmati semua orang zaman sekarang adalah teknologi yang semakin canggih. Dimana ketika semua orang yang ada di dalam hubungan digitalisasi akan dituntut sebagai orang yang kreatif, inovatif dan bisa menerapkan segala hal yang berkaitan dengan praktik kerja dalam digital marketing.

Memang bisa dikatakan pada setiap perusahaan memiliki kriteria sendiri tentang bagaimana konsep peran dari digital marketing yang ada. Namun, perlu diingat dan diperhatikan juga bahwa jika bekerja dalam bidang digital marketing juga tidak bisa asal paham sedikit saja. 

Semua aspek yang berhubungan harus diperhatikan dengan benar, karena itu merupakan skill yang wajib dimiliki dalam pekerjaan sebagai digital marketer. Tidak perlu khawatir, karena secara umum memang pekerjaan sebagai digital marketing memang sama dan tidak berbeda jauh, meskipun spesifikasi dalam bidang digital marketing setiap perusahaan berbeda satu sama lain.

Ini Skill yang Sangat Diperlukan dalam Pekerjaan Digital Marketing

Sebagaimana yang sudah diketahui dalam pekerjaan digital marketing tidak akan lepas dari digitalisasi yang ada dan harus pandai menempatkan diri. Selain itu, perlu diingat dengan baik bahwa tidak akan sukses jika tidak memiliki skill-skill penting.

Karena dalam pekerjaan digital marketing ada beberapa skill penting yang harus dikuasai dan tidak bisa dielakkan. Berikut ini adalah skill yang dibutuhkan dalam bidang kerja digital marketing. Simak Yuk!

Social Media Marketing

Dalam digitalisasi, orang kebanyakan sudah terhubung langsung dengan media sosial yang ada. Hal itu merupakan jalan yang baik agar mempromosikan jasa/barang yang akan ditawarkan ke masyarakat/calon pelanggan.

Skill yang sudah sangat menjadi keutamaan dalam digital marketing adalah dengan menjadi social media marketing. Skill tersebut selain harus mampu memahami dan menguasai berbagai media online/digital yang sedang populer, juga wajib cermat dalam proses membangun suatu brand awareness. 

Seorang digital marketing juga harus cermat dalam menggunakan, membangun, mengelola, memantau suatu campaign, promosi dalam media sosial. Semua harus dilakukan dengan konsisten dan terus konsisten hingga bisa menarik perhatian calon pelanggan atau audiens.

Dan semua harus diperhatikan bahkan pada saat mengunggah postingan dalam media sosial berupa kapan mengunggah (dari hari dan waktu unggah), kemudian perhatikan merespon dan membangun komunikasi yang baik secara dua arah dengan para audiens dalam media sosial.

Paid Advertising

Selanjutnya skill yang harus dikuasai dalam digital marketing adalah paham akan fitur apa saja yang ada pada setiap platform yang berbeda-beda. Mulai dari bagaimana caranya membuat iklan, dan juga mempromosikan semua dalam media sosial. Iklan juga strategi yang sangat penting dalam suatu bisnis dan harus sekreatif mungkin agar bisa menarik perhatian para audiens lebih mudah terjangkau.

Fitur periklanan pada setiap media sosial pada umumnya tetap berbeda satu sama lain, maka dari itu perhatikan. Apalagi sekarang yang sedang populer adalah Facebook Ads, Google Ads, Instagram Business dan masih banyak yang lainnya.

Data Analitik

Sudah sewajarnya skill dalam memahami dan menganalisis data dalam dunia digital marketing patut dimiliki. Sebab, evaluasi itu sangatlah penting demi mengembangkan semua usaha dan bisnis selama berjalan, mengetahui masalah dan menemukan solusinya.

Tentu itu dilakukan dengan kemampuan data analytics yang cakap. Jika sudah paham tentang cara menganalisa suatu data maka strategi selanjutnya akan lebih berkembang di masa depan. Contohnya dengan Google Analytics yang bisa bantu menganalisa data.

Writing & Story Telling

Kemudian, skill yang juga harus dimiliki dalam digital marketing adalah kemampuan menulis. Dalam media sosial tidak akan lepas dari kolom caption yang wajib diisi guna mempermudah audiens mengetahui deskripsi produk/jasa yang ditawarkan. Skill menulis adalah skill yang wajib dimiliki seorang pekerja digital marketing yang bisa menarik perhatian audiens agar mau membeli/menggunakan jasa yang ditawarkan.

Tidak hanya menuliskan caption yang kreatif dan menarik saja, skill yang harus dimiliki digital marketing juga harus bisa story telling yang bagus, cakap dan cermat. Hal itu bisa membantu memperluas adanya suatu peluang yang ada agar mendapatkan perhatian audiens.

Strategic Planning

Skill selanjutnya adalah memiliki rencana yang matang atau strategi marketing yang bisa membantu meningkatkan penjualan. Jika hasil penjualan bisa lebih meningkat maka harus membuat rencana yang matang dan sebuah strategi yang bagus dan tepat.

Kemudian mempelajari dan secara tekun bagaimana cara membuat suatu konten yang unik dan menarik dan apa saja konten yang akan coba dibuat dengan kreatif. Menyusun segala macam perencanaan dalam membuat suatu konten dalam jangka waktu tertentu, contohnya membuat jadwal berapa kali dalam seminggu harus membuat konten.

Bisa dikatakan, skill yang satu ini tidak mudah dipahami hanya dalam sekali duduk saja tetapi juga berdasarkan pengalaman. Semua rencana yang sudah dibuat dengan matang pun juga haru terus menerus berulang kali dalam waktu yang cukup lama agar seseorang cukup mahir dalam skill yang satu ini.

Related Posts