Home Karir Ini Kisah Beberapa Pengusaha Sukses yang Sangat Menginspirasi

Ini Kisah Beberapa Pengusaha Sukses yang Sangat Menginspirasi

by Lara Nifa

Akhir- akhir ini, banyak orang tertarik bidang entrepreneur atau wirausaha daripada menjadi pegawai biasa. Karena sukses secara finansial dengan membangun usaha menjadi alasan buat sebagian orang untuk memutuskan berhenti menjadi karyawan dan memulai bisnis mereka sendiri.

Tidak Ada jalan Pintas

Tidak ada jalan pintas buat kamu yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses, apalagi kamu memulai merintis usaha kamu dari nol. Bukan hanya berani mengambil resiko serta menghadapi banyak sekali tantangan, untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kamu juga harus siap menghadapi kegagalan yang berulang kali datang ketika memulai ataupun menjalankan usaha kamu.

Modal paling penting yang kamu harus miliki ketika kamu memulai sebuah usaha adalah keterampilan, pengalaman, serta mental dan komitmen yang kuat. Karena membangun usaha hanya bermodalkan uang saja tidak cukup. Kamu butuh semua modal diatas untuk mencapai kesuksesan usaha kamu.

Definisikan Suksesmu

Setiap orang mempunyai standar ataupun persepsi  kesuksesan yang berbeda- beda. Bila kamu ingin menjadi seorang pengusaha, kamu wajib memiliki standar kesuksesan kamu sendiri. Mempunyai standar kesuksesanmu akan membuat kamu termotivasi serta tidak gampang menyerah ketika menghadapi tantangan dalam membangun usaha kamu. 

Kisah Sukses Pengusaha  Yang Menginspirasi

Banyak cerita sukses para pengusaha yang berjuang jatuh bangun membangun usahanya dari nol, Semuanya melewati proses panjang yang tidak mudah sebelum akhirnya mereka mencapai puncak kesuksesan mereka. Berikut beberapa kisah pengusaha sukses dunia dan Indonesia yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Jack Ma

Jauh saat sebelum jack Ma menjadi bos Alibaba, Jack Ma sempat ditolak masuk universitas sampai 2 kali. Pernah melamar di KFC, dari 24 orang pelamar hanya Jack Ma yang ditolak. Sempat merasakan kegagalan berulang kali, tapi semangat pantang menyerahnya membuat dia tidak mundur hingga sukses mendirikan e-commerce besar yang kita kenal sekarang ini, Alibaba.

 

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah salah satu pengusaha terkaya di dunia sekarang ini. Namanya bahkan tercatat dalam peringkat ketiga orang terkaya di seluruh dunia dengan total kekayan yang tercatat 144 triliun US Dollar. Jeff Bezos merupakan CEO dari situs e-commerce terbesar dunia saat ini, Amazon.

Perjalanan Jeff Bezos mendirikan Amazon pun tidak mudah, sempat berulang kali merugi bahkan sampai ratusan juta dan hampir mengalami kebangkrutan, Amazon yang awal mula dirintis dari garasi rumah jeff Bezos ini, sekarang menjadi situs e-commerce yang menjangkau seluruh dunia.

3. Steve Jobs

Almarhum Steve Jobs adalah salah satu inovator teknologi sepanjang masa yang kamu kenal. Sepanjang karirnya, beliau sukses merevolusi teknologi dalam Personal Computer atau komputer pribadi, film animasi, musik, hingga smartphone canggih di genggaman mu.

Namun siapa sangka, dibalik kesuksesannya  Steve Jobs pernah mengalami kegagalan berulang kali? Pada Tahun 1976, Steve Jobs beserta rekannya Steve Wozniak mendirikan sebuah perusahaan, Apple. Macintosh adalah produk Apple yang sukses melambungkan nama Steve Jobs. Sempat Didepak dari perusahaannya sendiri, Apple kini menjadi salah satu perusahaan teknologi tercanggih berkat ketekunan dan semangat pantang menyerah Steve Jobs.

4. Bob Sadino

Lahir di Lampung, dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino, merupakan salah satu pengusaha sukses senior di Indonesia yang banyak dijadikan panutan oleh para pengusaha muda Indonesia. Bosan bekerja menjadi seorang karyawan, Bob Sadino memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan memutuskan untuk menjadi pengusaha.

Sempat jatuh bangun, usahanya kini menjadi sukses berkat keuletannya dalam menjalankan bisnis. Segala macam usaha pernah dijalani beliau mulai dari jasa penyewaan mobil, hingga sempat menjadi buruh bangunan pernah dilakoni mending Bob Sadino. Saat ini Kem-chicks menjadi salah satu jaringan supermarket yang menyediakan  produk pertanian dan peternakan segar. 

5. William Tanuwijaya

Siapa yang tidak kenal Tokopedia? E-commerce asli produk anak bangsa ini sukses melantai di bursa dan menjadi salah satu unicorn startup sehingga menarik banyak investor startup dunia untuk mengucurkan dana ke Tokopedia.

Kesuksesan Tokopedia tak lepas dari peran CEO sekaligus pendirinya William Tanuwijaya. Lahir dan besar di Medan, William merantau ke Jakarta untuk berkuliah, Selama berkuliah William juga bekerja sampingan sebagai penjaga warnet yang membuat dia mengenal teknologi untuk pertama kalinya.

Bersama rekannya Leontinus Alpha Edison, William merintis Tokopedia pada tahun 2009 dan menjadikan Tokopedia berkembang menjadi salah satu e-commerce terbaik di Indonesia saat ini. 

Kamu Juga Bisa Menjadi Pengusaha Sukses

Meski sekarang ini masih banyak orang yang mengatakan bahwa menjadi pengusaha adalah sebuah bakat, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menjalankannya. Karena pada dasarnya, bakat tanpa usaha juga sudah pasti tidak akan bisa berhasil. Maka daripada itu, tetaplah berusaha sekeras mungkin agar menjadi pengusaha yang sukses. 

Related Posts