Home Administrasi Ini Dia Keuntungan serta Cara Mengurus NPWP Secara Online yang Bisa Anda Ikuti!

Ini Dia Keuntungan serta Cara Mengurus NPWP Secara Online yang Bisa Anda Ikuti!

by Greg Pascal
cara mengurus npwp

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan kartu yang perlu dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia sebagai identitas wajib pajak. Jika Anda belum memiliki NPWP, Anda harus tahu cara mengurus NPWP dengan cepat dan praktis.

NPWP menjadi kartu atau surat penting yang perlu dilampirkan dalam setiap dokumen perpajakan, hal ini sesuai dengan fungsi utama NPWP sebagai dalam bentuk administrasi perpajakan. Kartu ini juga dijadikan tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak ketika melaksanakan hak serta kewajibannya dalam membayar pajak.

Setelah memiliki kartu NPWP, kewajiban Anda yaitu membayar pajak dengan tepat waktu. Jangan sampai Anda hanya memakai fasilitas negara seperti jalan tol, tapi tidak mau membayar pajak. 

Keuntungan Mengurus NPWP Online

Wajib Pajak yang tidak mendaftarkan diri untuk mengurus NPWP, akan ada sanksi sesuai dengan perundang-undangan perpajakan. Apabila Anda ingin membuat NPWP tetapi masih dengan status belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan, Anda tetap bisa melakukan pengajuan membuat NPWP secara online atau offline.

Cara membuat NPWP pribadi bisa dilakukan secara offline dengan langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Atau cara lainnya adalah secara online melalui internet dengan e-Registration (E-REG DJP) dan nantinya mendapat kartu NPWP digital.

Cara mengurus NPWP secara online yang dinilai lebih menguntungkan dibandingkan secara offline. Berikut keuntungan yang bisa Anda rasakan:

  • Tidak perlu keluar rumah, panas-panasan atau macet-macetan untuk pergi ke kantor pelayanan pajak.
  • Menghemat waktu dan tenaga
  • Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Mudah dilakukan, hanya dengan menggunakan smartphone dan kuota internet

Cara Mengurus NPWP Secara Online

Jika Anda tidak memiliki waktu luang yang banyak atau malas pergi ke kantor pelayanan pajak, Anda bisa mendaftar NPWP secara online. Caranya cukup mudah, berikut ini langkah-langkah dalam cara mengurus NPWP online yang bisa Anda ikuti, di antaranya yaitu:

  1. Masuk ke website resmi Dirjen Pajak di www.pajak.go.id atau ereg.pajak.go.id/login. Selanjutnya pilih system e-Registration.
  2. Terlebih dahulu lakukan pendaftar akun dengan mengklik “daftar”. Isi nama, alamat email, kata sandi (password) lalu klik ‘Save‘ pada kolom data pendaftaran pengguna.
  3. Lakukan aktivasi akun dengan mengecek cek kotak masuk (inbox) pada email yang Anda gunakan untuk mendaftar akun sebelumnya. Buka email tersebut yang dikirimkan oleh Dirjen Pajak. Selanjutnya ikuti petunjuk pada email tersebut untuk melakukan aktivasi.
  4. Setelah berhasil melakukan proses aktivasi, Anda harus login ke sistem e-Registration lalu memasukkan email dan password akun yang Anda buat sebelumnya. Atau anda juga bisa klik link yang ada pada email aktivasi kedua dari Dirjen Pajak.

cara mengurus npwp

Baca Artikel Selanjutnya :

Setelah log in, Anda akan diarahkan ke halaman registrasi data Wajib Pajak. Anda harus mengisi formulir pendaftaran. Isi data dengan tepat dan benar pada formulir yang tersedia. Jangan lupa untuk cek ulang data yang telah Anda input dan selanjutnya akan muncul surat keterangan terdaftar sementara untuk Anda.

  • Selanjutnya Anda akan mengirim formulir pendaftaran. Setelah data terisi lengkap, pilih tombol daftar untuk mengirim formulir secara elektronik.
  • Selanjutnya, cetak (print) dokumen seperti yang terlihat pada layar yaitu:
    1. Formulir Registrasi Wajib Pajak
    2. Surat Keterangan Terdaftar Sementara
  • Setelah Anda cetak (print), tanda tangani formulir registrasi tersebut, lengkapi dokumen, dan satukan dengan berkas kelengkapan lainnya yang telah Anda siapkan.
  • Setelah semua berkas kelengkapan siap, kirimkan formulir ke KPP tempat WP terdaftar. Selain itu kirimkan juga Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang sudah Anda tandatangani.

Berkas tersebut dapat diberikan langsung ke KPP atau dikirim melalui Pos Indonesia. Paling lambat dikirimkan 14 hari setelah formulir secara elektronik terkirim.

  1. Opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah memindai (scan) dokumen tersebut dan meng-upload dalam bentuk soft file dan kirim melalui aplikasi e-Registration sebelumnya. Ini bisa Anda lakukan kalau Anda tidak ingin repot-repot mengirimkan berkas secara langsung atau datang langsung ke pos di KPP.
  2. Setelah semua selesai Anda lakukan dan sudah mengirimkan berkas dokumen, cek status Anda dan tunggu kiriman kartu NPWP. Anda dapat cek status NPWP melalui halaman history pendaftaran dalam aplikasi e-Registration atau melalui email.

Jika status belum disetujui, artinya Anda harus memperbaiki beberapa data yang ternyata kurang lengkap. Namun jika status telah disetujui, selanjutnya kartu NPWP elektronik Anda akan dikirim ke alamat terdaftar melalui Pos.

Itulah beberapa hal mengenai cara mengurus NPWP secara online yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat NPWP dengan mudah. Pasalnya, kita perlu taat hukum, salah satu caranya yaitu membayar pajak dengan tepat waktu.

Related Posts