Home Bisnis dan Usaha Ini Dia Ide Bisnis yang Cocok untuk Fresh Graduate

Ini Dia Ide Bisnis yang Cocok untuk Fresh Graduate

by Lara Nifa

Kehidupan manusia yang saat ini sudah serba digital dan semuanya sudah menggunakan teknologi super canggih, hal ini diiringi dengan tumbuhnya berbagai macam ide usaha sampingan yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, selama terkoneksi oleh jaringan internet.

Selain itu proses penyebaran isu atau informasi pun jauh lebih mudah dan cepat, sehingga hal ini memberikan peluang untuk bisnis yang dijalankan dapat diketahui orang banyak dan tidak memerlukan waktu yang lama. Nah, berikut ini ada beberapa ide bisnis yang paling cocok untuk dilakukan oleh Anda yang merupakan fresh graduate. Simak sampai habis ya!

1.       Menjadi dropshipper

Sambil menunggu dipanggil perusahaan tempat Anda melamar, Anda dapat menjalankan bisnis online yakni menjadi dropshipper.

Hanya bermodal sambungan internet serta PC atau smartphone, Anda sudah dapat berjualan di marketplace serta mendapatkan keuntungan secara langsung. Adapun produk yang tergolong tinggi peminat seperti kebutuhan rumah tangga serta fashion yang menjadi jenis produk sampai saat ini paling banyak peminatnya dan selalu diburu oleh masyarakat secara luas.

2.       Bisnis Jasa Titip Barang

Jika Anda merupakan orang yang suka berlibur ke luar negeri serta suka berbelanja, membuka bisnis jasa titip atau biasa dikenal dengan sebutan jastip ini dapat menjadi usaha sampingan yang seru untuk Anda lakukan, karena sejalan dengan hobi Anda sendiri yaitu berbelanja berbagai macam barang kebutuhan.

Menjalankan usaha jastip ini sangatlah mudah, Anda cukup membelikan produk sesuai permintaan para pelanggan, kemudian mengirimkan produk tersebut ke pelanggan dengan tambahan biaya ongkos kirim serta jasa pembelian produk.

Biaya untuk jasa pembelian tersebutlah yang menjadi pendapatan Anda. Anda bebas menentukan berapa besaran biaya jasa tersebut namun tetap menyesuaikan.

3.       Bisnis Katering

Anda yang suka serta gemar memasak, tentu bisnis satu ini akan sangat cocok jika Anda lakukan yakni menjalankan bisnis katering rumahan.

Sampai saat ini bisnis katering merupakan salah satu usaha yang peminatnya tidak pernah habis, mengingat para pekerjaan kantoran mempunyai jadwal yang sangat padat, dan durasi waktu saat makan siang pun juga sangat terbatas.

Menyajikan menu makanan yang lezat dan unik dan selalu mempertahankan cita rasa khas, dan proses untuk pemesanan sampai pengiriman yang mudah dan praktis merupakan hal-hal yang wajib diperhatikan, bila ingin usaha katering Anda dapat bertahan dan semakin berkembang, maka terapkanlah skema tersebut.

4.       Jasa penulisan konten

Ide bisnis berikut ini Anda perlu mengeluarkan dana sedikit untuk memperoleh ilmu dalam penulisan konten, sehingga Anda nantinya dapat menjual atau menawarkan jasa penulisan konten yang bagus dan pastinya profesional.

Tapi bila Anda memang mempunyai basic sebagai penulis tentu akan sedikit dimudahkan, dengan bermodal PC atau laptop, Anda dapat memperoleh keuntungan secara langsung, serta pada prosesnya Anda dapat bekerja kapanpun dan dimana saja.

5.       Agen pembayaran sistem elektrik

Membuka jasa sebagai agen pembayaran sistem elektrik tidak memerlukan modal besar. Justru, tersedia banyak sekali promo yang semakin menguntungkan Anda. Nantinya Anda harus melakukan top-up terlebih dahulu di e-wallet untuk bayar PLN, air, sampai transfer dana antar bank. Usaha sampingan cukup menggiurkan dan bisa Anda pilih sebagai ide bisnis.

6.       Guru les privat

Anda bisa memanfaatkan ilmu serta wawasan yang telah didapatkan dengan membuka les privat. Tak hanya keahlian akademik saja, Anda bisa membuka les privat untuk berbagai macam hal. Mulai dari guru musik, lukis, tari, hingga make up atau memasak. Semuanya bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan.

7.       Bisnis kerajinan tangan

Usaha satu ini juga cocok untuk para fresh graduate yang mau menjalankan usaha sampingan yakni bisnis kerajinan tangan. Jika Anda memiliki kemampuan dalam hal ini, serta bisa menentukan desain menarik dan unik, dan belum banyak orang lain yang memilikinya. Tentu bisa Anda jadikan senjata utama untuk mendapatkan keuntungan.

8.       Jasa desain grafis

Anda yang merupakan lulusan ilmu desain grafis tentu Anda bisa langsung membuka dan menjalankan bisnis satu ini. Banyak sekali pengusaha diluar sana yang membutuhkan jasa dari para desainer grafis untuk menyusun tampilan website perusahaan terlihat menarik atau sekedar menciptakan tampilan suatu produk agar lebih bagus.

9.       Menjadi tour guide

Menjadi seorang tour guide bisa dikatakan sebagai bisnis sampingan yang tak kalah menggiurkan, apalagi bila Anda memang suka jalan-jalan atau bahkan pintar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Seorang tour guide tentu akan semakin bertambah ilmunya, karena selalu mengulas tentang kebudayaan dan sejarah dari suatu hal serta sering berkomunikasi oleh orang dari berbagai negara. Secara tidak langsung, selain mendapatkan uang, Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang berharga serta ilmu-ilmu dari banyak sudut pandang serta kultur dari dari setiap negara.

Related Posts