Home Bisnis dan Usaha Ini Dia Cara Kerja Afiliasi yang Harus Anda Ketahui

Ini Dia Cara Kerja Afiliasi yang Harus Anda Ketahui

by Lara Nifa
cara kerja bisnis affiliasi

Pernahkah Anda mendengar tentang bisnis afiliasi? Bisnis yang satu ini termasuk yang sangat menjanjikan dan bisa bertahan lama. Kenapa? Karena bisnis ini berhubungan erat dengan digital marketing yang sekarang sedang menjadi trend. Digital marketing sekarang ini berkembang dengan sangat pesat, mengingat bahwa hampir semua bisnis menggunakan ini. 

Bisnis afiliasi sendiri berkaitan erat dengan digital marketing, dimana dalam bisnis ini Anda akan mendapatkan komisi apabila bergabung dengan program afiliasi. Lalu, sebenarnya bagaimana cara kerja dari bisnis afiliasi? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya berikut ini. 

Cara Kerja Bisnis Afiliasi 

Secara garis besar, bisnis yang satu ini sendiri mengharuskan Anda menawarkan atau menjual sebuah produk melalui platform atau blog yang Anda punya. Caranya adalah dengan menggunakan iklan atau banner dan konten. Nah, untuk cara kerja dari bisnis ini, berikut ini penjelasannya: 

Mendaftar di program afiliasi 

Cara pertama adalah dengan mendaftar di program afiliasi. Agar Anda bisa mengikuti program ini, maka harus mendaftar dulu. Ada beberapa perusahaan yang memang menyediakan program afiliasi. Dimana Anda pun bisa melakukan pendaftaran di website mereka. Bila Anda sudah mendaftar, maka akan diberikan kode referral. 

Apa itu kode referral? Kode yang satu ini sangatlah unik dan hanya setiap orang akan mendapatkan kode berbeda. Fungsi dari kode ini sendiri adalah sebagai sebuah konfirmasi jika konsumen membeli produk dari Anda. 

Tapi, ada beberapa perusahaan yang menawarkan program afiliasi kepada Anda. Contohnya adalah influencer atau blog yang memang sudah dikenal dan mempunyai trafik yang tinggi. Dimana tentu saja blog dan influencer tersebut sesuai untuk menjadi tempat pemasaran dari perusahaan tersebut. 

Mempromosikan produk afiliasi 

Bila sudah mendaftar, maka selanjutnya Anda harus melakukan promosi supaya produk bisa dilirik calon pembeli. Adapun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar promosi produk afiliasi. Berikut ini adalah caranya: 

  1. Review produk 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat review produk pada platform atau blog yang Anda miliki. Ketika Anda ingin terjun ke bisnis afiliasi, maka syarat pertama adalah Anda membuat blog atau platform. 

Jadi, cara pertama untuk promosi ini adalah dengan mereview produk afiliasi. Namun, ketika Anda ingin review produk, pastikan jenisnya sama dengan niche yang sama dengan blog yang Anda miliki. Hal ini sendiri sangatlah penting agar marketing yang Anda lakukan bisa efektif ke target audiens. 

Kalau Anda ingin lebih bagus lagi dalam mereview produk, maka lebih baik membahas pengalaman ketika Anda menggunakan produk afiliasi. Anda harus menjelaskan kekurangan dan kelebihan dari produk. Dimana dalam konten tersebut akan Anda akhiri dengan kode referral. 

  1. Buat Banner 

Selain Anda membuat atau menulis sebuah review, maka Anda bisa memasang banner atau iklan pada halaman blog Anda. Cara yang satu ini sendiri akan membuat promosi semakin efektif. Perlu Anda tahu, manusia sendiri biasanya akan lebih cepat memproses sebuah gambar daripada teks. 

Jadi, ketika Anda memasang banner dari program afiliasi akan mampu membuat calon pembeli semakin tertarik. Apalagi dalam gambar biasanya sudah banyak berisi informasi yang dibutuhkan. 

Namun, perlu Anda perhatikan dalam meletakan banner dalam website. Karena ketika Anda terlalu banyak meletakan terlalu banyak banner, akan membuat pengunjung website tidak nyaman. Akibatnya sudah jelas, website Anda akan ditinggalkan begitu saja. 

Letakan saja di beberapa tempat yang efektif, semisalnya pada bagian atas halaman web, samping atau pada bagian tengah konten. Tapi yang jelas, jangan menaruhnya secara berlebihan. Agar tampilan website pun bisa menjadi lebih indah dan enak dilihat. 

  1. Manfaatkan media sosial 

Digital marketing sudah jelas tidak akan lepas dari media sosial. Dimana agar bisnis afiliasi Anda bisa berkembang lebih jauh, maka penggunaan media sosial untuk memaksimalkan promosi sangatlah membantu. Anda bisa memberikan review singkat dari setiap produk afiliasi dalam setiap postingan. 

Anda bisa memanfaatkan seluruh platform media sosial, bahkan Youtube pun bisa menjadi tempat promosi yang sangat tepat. Anda bisa juga menggunakan forum online, seperti Kaskus, agar bisa memperluas promosi yang sedang Anda lakukan. 

Pembeli Menggunakan Kode Referral 

Setelah segala promosi sedang dilakukan dan ada pengunjung yang datang serta tertarik dengan produk afiliasi. Maka mereka akan menggunakan kode referral yang Anda miliki. Bagi pembeli yang menggunakan kode ini, maka mereka akan mendapatkan diskon. Sedangkan Anda akan mendapatkan komisi. 

Komisi 

Nah, setelah Anda berhasil menjual sebuah produk kepada pembeli yang menggunakan kode referral, selanjutnya Anda akan mendapatkan komisi seperti yang disebutkan tadi. Untuk hitungan komisi sendiri tergantung dari perusahaan tempat Anda bergabung produk afiliasi. Ada yang memberikan komisi tergantung dari berapa banyak yang bisa Anda jual. Ada juga yang memberikan komisi jika ada pengunjung yang klik banner atau per lead. 

Itulah cara kerja afiliasi yang perlu Anda tahu. Dari penjelasan di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa bisnis afiliasi sangatlah menjanjikan. Dimana hal paling penting adalah Anda harus rajin promosi dan membuat konten yang menarik. 

Related Posts