Home Featured Ini Daftar Saham dari LQ45 yang Sangat Menguntungkan di Masa Depan

Ini Daftar Saham dari LQ45 yang Sangat Menguntungkan di Masa Depan

by Lara Nifa

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar istilah investasi saham? Pasti yang ada dipikiran kamu saat mendengar tentang investasi saham adalah keuntungan yang besar dan berlipat. Investasi saham, bukan cuma hanya sekadar bagaimana mendapatkan profit yang besar dari keuntungan berinvestasi, tapi juga bagaimana kemampuan kamu menganalisa dengan baik untuk menentukan saham mana yang menghasilkan keuntungan maksimal.

Ketika belajar berinvestasi dalam instrumen saham, kamu harus belajar menganalisa, membaca laporan keuangan perusahaan terkait, melihat grafik pertumbuhan, membandingkan data yang ada sekarang dengan data di masa lampau untuk memprediksi pergerakan harga saham dan membuat strategi dalam berinvestasi untuk memaksimalkan profit kamu serta mengurangi resiko.

Investasi Saham Itu Mudah

Banyak orang yang berpikiran bahwa berinvestasi di saham membutuhkan modal yang sangat besar dan berinvestasi saham hanya ditujukan untuk kalangan tertentu saja. Padahal faktanya, siapa saja bisa berinvestasi saham bahkan tanpa memerlukan modal awal yang besar.

Apalagi di tengah canggihnya zaman, dimana kecanggihan teknologi begitu berkembang pesat,  berinvestasi saham pun menjadi semakin mudah. Kamu bisa mulai berinvestasi saham bahkan hanya lewat smartphone kamu dari rumah saja tanpa perlu melakukan hal yang rumit. 

Mengenal Saham LQ45

Dalam bahasa sederhananya, saham adalah tanda bukti kepemilikan kamu atas suatu perusahaan. Asikkan kamu bisa punya perusahaan hanya dengan modal kecil. Investasi saham banyak disarankan sebagai salah satu instrumen investasi jangka panjang buat kamu yang ingin memulai investasi. 

Salah satu jenis saham yang bisa kamu lirik sebagai instrumen investasi adalah saham indeks LQ45. saham indeks LQ45 adalah kumpulan saham-saham yang kinerjanya paling baik di bursa saham Indonesia yang terdiri dari 45 jenis bidang saham atau emiten dinilai berdasarkan tingkat likuiditasnya. Saham Indeks LQ45 ini sebenarnya di dikenakan sebagai pelengkap saham utama yakni IHSG dan berguna untuk para analis saham dalam mengawasi dan memantau harga saham yang bergerak tiap harinya. 

Ciri-Ciri Saham LQ45

Saham yang masuk dalam daftar saham indeks LQ45 sudah diseleksi dan dipilih dengan ketat oleh lembaga yang berwenang. Untuk bisa menjadi saham LQ45 saham harus sudah tercatat setidaknya selama 3 bulan di Bursa Efek Jakarta dan menduduki peringkat 60 teratas pada bidangnya dengan jumlah kapitalisasi yang tinggi selama setahun. Selain itu juga saham yang dipilih sebagai saham indeks LQ45 harus memiliki prospek pertumbuhan yang baik serta keuangan perusahan yang stabil dan mencatat nilai transaksi pasar yang tinggi.

Daftar Saham LQ45

Berikut beberapa saham LQ45 yang mempunyai potensi menghasilkan keuntungan besar:

 

  1. ACES – Ace Hardware Indonesia Tbk.
  2. ADRO – Adaro Energy Tbk.
  3. AKRA – AKR Corporindo Tbk.
  4. ANTM – Aneka Tambang Tbk.
  5. ASII – Astra International Tbk.
  6. BBCA – Bank Central Asia Tbk.
  7. BBRI – Bank Rakyat Indonesia Tbk.
  8. BBTN – Bank Tabungan Negara Tbk.
  9. BMRI – Bank Mandiri Tbk.
  10. BBNI – Bank Negara Indonesia Tbk.
  11. BSDE – Bumi Serpong Damai Tbk.
  12. BTPS – Bank BTPN Syariah Tbk.
  13. CPIN – Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
  14. CTRA – Ciputra Development Tbk.
  15. ERAA – Erajaya Swasembada Tbk.
  16. EXCL – XL Axiata Tbk.
  17. GGRM – Gudang Garam Tbk.
  18. HMSP – H.M. Sampoerna Tbk.
  19. INKP – Indah Kiat Pulp and Paper Tbk.
  20. INCO – Vale Indonesia Tbk.
  21. INDF – Indofood Sukses Makmur Tbk.
  22. INTP – Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
  23. ITMG – Indo Tambangraya Megah Tbk.
  24. ICBP – IndofoodCBP Sukses Makmur Tbk.
  25. JPFA – Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
  26. JSMR – Jasa Marga (Persero) Tbk.
  27. KLBF – Kalbe Farma Tbk.
  28. MDKA – Merdeka Copper Gold Tbk.
  29. MEDC – Medco Energi Internasional Tbk.
  30. MIKA – Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.
  31. MNCN – Media Nusantara Citra Tbk.
  32. PGAS – Perusahaan Gas Negara Tbk.
  33. PTBA – Bukit Asam Tbk.
  34. PTPP – PP (Persero) Tbk.
  35. PWON – Pakuwon Jati Tbk.
  36. SMGR – Semen Indonesia (Persero) Tbk.
  37. SMRA – Summarecon Agung Tbk.
  38. TBIG – Tower Bersama Infrastructure Tbk.
  39. TKIM – Tjiwi Kimia Tbk.
  40. TLKM – Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
  41. TOWR – Sarana Menara Nusantara Tbk.
  42. TPIA – Chandra Asri Petrochemical Tbk.
  43. UNTR – United Tractors Tbk.
  44. UNVR – Unilever Indonesia Tbk.
  45. WIKA – Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Kesimpulan

Demikianlah daftar saham saham dari Indeks LQ45 yang bisa kamu pilih sebagai pilihan investasi saham kamu. Kamu harus ingat kalau investasi itu bukan spekulasi, pelajarilah dengan detail setiap profil risiko investasi dan saham yang akan kamu pilih sebagai instrumen investasi kamu.

Sedikit tips yang bisa kamu gunakan, belajarlah untuk mendiversifikasikan portofolio saham kamu. Jangan berinvestasi sekaligus pada satu jenis saham, tapi bagilah kedalam beberapa jenis saham. Dengan demikian kamu bisa memaksimalkan portfolio kamu. Selamat berinvestasi.

Related Posts