Ini Ciri Investasi Bodong yang Perlu Kamu Ketahui

Kerap kali orang punya suatu tujuan keuangan yang ingin dicapai demi masa depan yang jadi lebih terjamin. Salah satu cara yang bisa dilakukan selain dengan menabung adalah dengan berinvestasi.

Namun sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh oknum penipu agar bisa meraup keuntungan. Banyak juga modus yang diberikan kepada calon korban dengan berbagai macam penawaran menarik.

Jangan sampai kamu tertipu dan mudah digoda oleh iming-iming yang tidak masuk akal dari investasi bodong yang sekarang ini sedang marak terjadi. Bahkan sudah ada banyak korban yang ada di Indonesia bahkan, padahal sudah ada banyak himbauan kepada masyarakat agar tidak mudah tergoda dengan investasi bodong yang hanya akan membawa kabur uang kamu.

Pada umumnya, sebenarnya yang bisa menyebabkan kenapa sampai ada saja kasus penipuan investasi bodong ini sendiri karena kurangnya literasi masyarakat luas, khususnya yang ada di Indonesia. Maka dari itu, tenang saja, karena ada beberapa ciri dari investasi bodong yang akan segera kamu ketahui jadi kamu akan lebih waspada untuk kedepannya.

Ciri Investasi Bodong yang Wajib Diketahui, Semua Tawaran Tidak Masuk Akal

Ada baiknya jika kamu tahu lebih banyak tentang apa itu investasi bodong dan bagaimana ciri-cirinya. Guna terhindar dari adanya investasi bodong yang akan menjerat korbannya. Maka dari itu, ini beberapa ciri dari investasi bodong yang wajib kamu ketahui.

Keuntungan yang Ditawarkan Tidak Masuk Akal

Kamu tentu sudah tahu bahwa tidak akan ada sesuatu yang instan di dunia ini. Kebanyakan investasi bodong akan memberi jaminan bahwa kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu sebulan atau seminggu saja.

Sudah bisa dipastikan itu adalah hal yang tidak masuk akal. Jangan sampai kamu mudah terjerat dengan adanya investasi bodong tersebut, maka kamu harus mengamati bahwa jika sebagai contoh ada penawaran berupa 5% perbulan dan 60% bisa diterima setiap tahunnya, maka sudah pasti tidak masuk akal.

Bisa Menerima Keuntungan Cair dalam Jangka Waktu yang Singkat

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa sebenarnya dalam mendapatkan keuntungan, tentu saja tidak ada yang instan. Karena semua itu membutuhkan proses, apalagi yang namanya investasi. 

Kamu bisa saja dijanjikan bahwa kamu bisa segera mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat. Tentu saja itu hanya omong kosong belaka, dan itu hanyalah modus yang ditawarkan pada calon korban.

Biasanya target korban yang disasarkan adalah orang yang seperti memiliki kesan tidak tahu tentang teknologi, orang yang sudah lanjut usia, orang yang masih polos, dan orang yang sedang putus asa akan keuangannya yang sedang tidak sehat, serta ada sasaran target untuk orang yang sedang butuh dana banyak di dalam jangka waktu yang sebentar.

Kamu juga harus paham dengan benar, bahwa sebenarnya investasi yang benar adalah mencari keuntungan yang jangka waktunya saja tidaklah singkat.

Tidak Adanya Risiko Saat Klaim

Masih ada lanjutannya dari yang sebelumnya yakni, ada juga investasi bodong yang ciri-cirinya merujuk pada risiko yang tidak ada saat klaim. Padahal, jika diperhatikan dengan baik, jenis-jenis dari investasi sendiri tentu saja memiliki risiko, meskipun itu ada resiko yang minim sekaligus.

Hal ini harus kamu ingat dengan baik, bahwa dengan tidak adanya risiko dalam investasi maka sudah jelas itu adalah hal yang tidak masuk akal. Jadi kamu harus lebih cermat lagi jika berinvestasi. Kalau saja memang masih ada resikonya itu masih bisa jadi bahan pertimbangan.

Bawa Skema Rekrut

Kemudian, bisa kamu perhatikan dengan benar bahwa dalam ciri investasi bodong terdapat adanya ciri mereka akan membawa suatu skema rekrut. Dari skema yang sudah dibawa tersebut maka mereka akan berusaha merayu kamu.

Setelah itu, mereka akan berusaha dengan menggadang-gadangkan sekam itu di depan kamu, sembari memberikan jaminan bahwa kamu akan bisa menerima imbal hasil yang melimpah. Bahkan kamu akan dijanjikan diberikan hasil yang berkali lipat.

Ini bisa dikatakan dengan menjaring adanya anggota baru yang masuk dengan memanfaatkan kedok investasi yang aman dan resmi. Padahal, ini hanya akan membuat orang tertentu saja yang menerima imbalan atau keuntungan itu.

Pengelolaan Investasi Tidak Jelas

Hal lain yang patut kamu waspadai adalah dengan uang yang masuk untuk investasi dilakukan dengan pengelolaan yang tidak jelas sama sekali. Tidak hanya itu saja, bahkan semua hal yang ada didalamnya dilakukan dengan cara yang tidak jelas, seperti tekniknya.

Tidak hanya itu saja, adapun sistem dari kepengurusan dalam bentuk strukturnya saja tidak jelas. Lalu dari struktur kepemilikannya, dan alamat dari kantor atau aktivitas usaha berupa domisili usaha dari investasi yang tidak ada.

Skema Ponzi 

Maksud dari skema ponzi sendiri yakni skema yang ada pada penipuan dalam bidang investasi. Hal yang ada di dalamnya semacam korban diberikan keuntungan yang tidak nyata.

Padahal, yang katanya keuntungan tersebut hanyalah uang yang diberikan dari investor yang sebelumnya. Nanti, polanya para pelaku investasi bodong ini akan cari target korban baru untuk investasi. 


Posted

in

by