Home Perencanaan Ini Cara Mengurus Akta Kelahiran, Bisa Online Ataupun Juga Secara Offline

Ini Cara Mengurus Akta Kelahiran, Bisa Online Ataupun Juga Secara Offline

by Greg Pascal
cara mengurus akta kelahiran

Akta kelahiran adalah salah satu dokumen yang penting dalam sepanjang hidup kita. Akta kelahiran ini akan memberikan informasi mengenai asal usul kita tak terkecuali identitas orang tua kita. Nah berikut ini ada cara mengurus akta kelahiran secara lengkap, baik online maupun offline.

Syarat Mengurus Akta Kelahiran Baik Offline Maupun Online

Sebelum memulai langkah cara mengurus akta kelahiran baik online maupun offline, Anda harus menyiapkan beberapa persyaratannya. Berikut persyaratan yang harus Anda lengkapi untuk membuat akta kelahiran.

  1. Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan
  2. Surat Keterangan Kelahiran dari dokter/bidan/penolong kelahiran/Nakhoda Kapal Laut atau Pilot Pesawat Terbang dengan memperlihatkan aslinya, asli dan juga foto kopi
  3. Surat Nikah/Akta Perkawinan orang tua
  4. Fotokopi KK dan KTP orang tua
  5. Nama dan identitas saksi pelaporan kelahiran
  6. Persetujuan Kepala Dinas/Suku Dinas, ini dibutuhkan apabila pelaporan kelahirannya telah melebihi 60  hari sejak tanggal kelahirannya.

Cara Mengurus Akta Kelahiran Offline

Untuk cara pertama bikin akta kelahiran adalah pembuatan akta kelahiran yang dilakukan secara konvensional atau secara offline. Alasan mengapa ini bisa dilakukan secara offline meski sudah ada yang online adalah umumnya layanan online ini tidak tersedia di semua daerah di tanah air.

  1. Langkah pertama adalah dengan memasukkan data dari persyaratan yang wajib Anda bawa ke Disdukcapil. Data-data di atas kemudian akan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan alias SIAK.
  2. Data tersebut kemudian akan diberikan paraf petugas sebagai tanda verifikasi, dokumen pun siap dicetak menjadi akta kelahiran yang sudah disematkan QR code sebagai pengganti tanda tangan dan cap basah. 
  3. Akta kemudian dapat Anda ambil di Disdukcapil dimana Anda mendaftarkan akta kelahirannya.
  4. Setidaknya untuk proses pencetakannya membutuhkan waktu 5 hari kerja sejak tanggal diterimanya berkas persyaratan secara lengkap.
  5. Anda biasanya akan dimintai nomor handphone agar dapat dihubungi saat akta sudah tercetak dan siap ambil.

Meskipun begitu, pengurusan akta kelahiran secara konvensional juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut cara mengurus akta kelahiran secara konvensional atau secara offline.

cara mengurus akta kelahiran

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Mengurus Akta Kelahiran Secara Online

Apabila daerah dimana Anda tinggal sudah mendukung layanan online untuk pengurusan akta kelahiran, maka Anda bisa melakukan pendaftarannya dari rumah melalui gadget atau laptop Anda. Meskipun demikian, ada beberapa pengurusan syarat yang tetap harus dilakukan di dinas setempat.

Langsung saja kita mulai cara mengurus akta kelahiran online.

  1. Yang pertama, Anda harus menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Umumnya persyaratan ini dibutuhkan dalam bentuk hasil scan. Anda bisa menggunakan smartphone Anda untuk memotretnya.
  2. Langkah kedua, Anda harus mendaftar terlebih dahulu secara online di website dinas dukcapil setempat. Untuk wilayah Jakarta misalnya di https://kependudukancapil.jakarta.go.id/ sedangkan untuk wilayah Bogor di http://disdukcapil.bogorkab.go.id/. 
  3. Selanjutnya, salin NIK Kepala Keluarga atau nomor ponsel yang sudah terdaftar di Kemkominfo.
  4. Nantinya sistem akan mengirimkan validasi pendaftaran melalui nomor ponsel Anda yang terdaftar. Perhatikan, nomor yang sudah didaftarkan tersebut tidak dapat didaftarkan lagi menggunakan NIK yang berbeda.
  5. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang ada pada di laman termasuk mengisi semua data dengan benar dan teliti.
  6. Tunggu beberapa saat, nantinya pemohon akan mendapatkan bukti pendaftaran melalui e-mail.
  7. Selanjutnya Anda akan menerima akta kelahiran dalam bentuk dokumen digital yang juga dikirim melalui email.
  8. Dokumen digital tersebut merupakan dokumen sah dan pemohon bisa mencetak sendiri dengan kertas yang sudah ditentukan.
  9. Anda juga bisa mencetaknya di kantor Dispendukcapil setempat dengan membawa bukti pendaftaran yang telah Anda terima di e-mail.

Sangat mudah bukan? Baik online maupun offline, pembuatan akta kelahiran tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Hal ini merupakan layanan dari pemerintah dalam melakukan pendataan warga negaranya. Oleh karena itulah, segera urus akta kelahiran anak Anda.

Cara Mengurus Akta Kelahiran Yang Hilang

Selain itu, ada juga cara mengurus akta kelahiran yang hilang. Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Langkah pertama tentu Anda harus mempersiapkan persyaratannya. Berikut syaratnya:
    1. Surat Keterangan Kehilangan dari Polsek setempat
    2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua
    3. Kartu Keluarga (KK)
    4. Jika ada, fotokopi akta kelahiran yang lama juga bisa dilampirkan untuk mempermudah pencarian data.

Persyaratan tersebut bisa dipersiapkan dengan sesuai orangtua pemilik Akta Kelahiran yang hilang.

  1. Selanjutnya bawa persyaratan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) atau Kantor Pencatatan Sipil sesuai tempat penerbitan Akta Kelahiran yang lama. Bila akta tersebut sebelumnya diterbitkan di wilayah Kota Semarang, maka Anda harus mengurusnya di Disdukcapil atau Kantor Pencatatan Sipil di Kota Semarang.
  1. Nantinya Anda hanya perlu untuk menunggu waktu pencetakannya. 

Mudah bukan cara mengurus akta kelahiran baik secara konvensional, online maupun juga pergantian akta karena hilang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related Posts