Home Bisnis dan Usaha Ingin Mencoba Bisnis Online? Yuk Intip Peluang Usaha Online di Bawah Ini

Ingin Mencoba Bisnis Online? Yuk Intip Peluang Usaha Online di Bawah Ini

by Greg Pascal
peluang usaha online

Bisnis online bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk mengisi waktu luang atau menambah pemasukan Anda. Anda tidak memerlukan modal yang besar untuk menjalankan usaha online. Banyak sekali pilihan usaha online yang tidak memerlukan modal yang besar. Modal yang Anda butuhkan biasanya seperti kuota internet, perangkat, dan kekreatifan Anda saja. Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba rekomendasi peluang usaha online berikut.  

1. Membuka Kursus Online

Jika Anda merasa ahli pada suatu bidang ilmu, kenapa tidak mencoba membuka kursus online saja? Usaha online yang satu ini tidak memerlukan modal yang besar. Anda memerlukan kuota internet, perangkat seperti laptop atau handphone, dan ilmu yang Anda kuasai. Anda bisa membagikan ilmu pengetahuan pada murid Anda walau tidak bertatap muka secara langsung. Apalagi jika Anda memiliki skill berkomunikasi yang baik, tidak menutup kemungkinan usaha online Anda akan sukses dan banyak pelanggan.

2. Jasa Terjemah

Jika Anda cukup percaya diri dengan kemampuan berbahasa asing Anda, Anda bisa membuka jasa penerjemah. Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa terjemah. Biasanya penerjemah bahasa Inggris dan Mandarin banyak dicari oleh pelanggan. Anda bisa menerjemahkan dokumen, jurnal, naskah, dan lainnya.

Namun untuk menerjemahkan dokumen, Anda harus menjadi penerjemah tersumpah terlebih dahulu. Membuka jasa terjemah tak hanya menambah pemasukan Anda, tapi juga menambah skill Anda dalam berbahasa asing. Usaha online ini bisa dilakukan siapa saja. Modal yang diperlukan juga tidak banyak. 

3. Membuka online shop

Membuka online shop adalah pilihan bisnis online yang bisa Anda coba. Anda tidak perlu stok barang jika ingin membuka usaha ini. Memang tak jarang pula beberapa online shop memilih untuk stok barang. Alasannya supaya mereka tahu benar kualitas produk yang mereka jual dan dapat mengontrol penjualan. Namun jika Anda tak punya banyak modal, Anda tidak perlu stok barang. Anda cukup mempromosikan produk yang Anda jual ke sosial media Anda.

Jika ada pembeli yang tertarik dan hendak membeli produk Anda, Anda bisa menghubungi penjual suplier Anda. Supplier yang akan melakukan pengiriman. Anda hanya tinggal duduk manis sambil menunggu komisi dari supplier. Skill yang Anda butuhkan adalah skill komunikasi pada calon pembeli Anda. Bisnis online ini bisa dilakukan siapa saja dan waktunya juga fleksibel. 

peluang usaha online

4. Jasa desain web

Jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang desain website, Anda bisa mencoba usaha online yang satu ini. Peluang pasar dari usaha ini cukup banyak. Banyak pebisnis kalangan kecil dan menengah ingin membuat website semenarik mungkin untuk menarik minat calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan peluang ini. Buat website semenarik mungkin lalu Anda tawarkan pada yang membutuhkan.

Bisnis online yang satu ini memerlukan kekreatifan yang tinggi. Dengan membuat website, calon pembeli akan semakin yakin dengan perusahaan atau barang yang akan mereka beli. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai mengolah pengetahuan web development Anda. 

5. Jasa desain grafis

Satu lagi usaha online yang berhubungan dengan desain, yakni desain grafis. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang desain, Anda bisa coba membuka jasa desain grafis. Pekerjaan Anda akan meliputi pembuatan konten sosial media, pembuatan infografis, poster, logo, dan masih banyak lagi. Jasa desain grafis masih banyak dicari oleh banyak kalangan. Anda perlu kreatif dalam membuat desain grafis yang menarik.

Jika Anda tidak memiliki skill dalam desain grafis, jangan khawatir. Anda bisa mengikuti kursus online desain gratis yang banyak diadakan berbagai lembaga. Setelah mendapat pelatihan gratis, Anda harus mengasah kemampuan desain Anda agar Anda semakin jago dalam desain. Usaha online ini bisa dilakukan siapa saja dan tak terikat tingkat pendidikan. 

6. Admin sosial media

Menjadi admin sosial media tak banyak memakan modal. Anda hanya memerlukan device seperti handphone dan kuota internet. Pekerjaan ini tak memerlukan banyak skill. Tapi tergantung perusahaan. Biasanya admin sosial media bertugas menjawab chat pelanggan, membuat konten sosial media, ada juga yang sampai mendata penjualan. Selain itu menjadi admin sosial media juga tak terikat waktu.

Anda bisa menjalankannya di waktu senggang Anda. Beberapa perusahaan mengharuskan pelamarnya lulusan jurusan tertentu agar mendalami konten yang akan dibuat. Namun tak sedikit juga perusahaan yang menerima admin sosial media minimal mahasiswa. 

Itulah beberapa rekomendasi peluang usaha online yang bisa Anda coba. Anda bisa memilih usaha yang cocok dengan passion Anda. Usaha online banyak dipilih karena waktu yang fleksibel dan modal yang dikeluarkan juga tidak banyak. Jika Anda terus mengasah kemampuan Anda, tak menutup kemungkinan usaha online yang Anda bangun akan semakin sukses dan berkembang.

Related Posts