Home Tips Ikuti Cara Ini Untuk Bisa Atur Waktu, Pekerjaan Tidak Akan Tertunda

Ikuti Cara Ini Untuk Bisa Atur Waktu, Pekerjaan Tidak Akan Tertunda

by Lara Nifa

Mengatur waktu seringkali sulit kita lakukan dalam kegiatan sehari hari. Banyak faktor yang menyebabkan waktu yang telah kita rencanakan tidak sesuai dengan harapan kita. Seringkali factor tersebut berasal dari dalam diri kita sendiri. Faktor terbesar tersebut adalah malas. Waktu seringkali terbuang sia sia karena kita yang sering menunda pekerjaan karena sedang malas. 

Hal ini sebenarnya sangat tidak boleh kita lakukan. Karena semua pekerjaan akan terus terhambat jika kita terus menyia nyia kan waktu. Selain dari faktor diri kita sendiri menunda nunda pekerjaan juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya, seperti banyak nya pekerjaan baru yang muncul, dan lain sebagainya.

Berikut Cara Untuk Bisa Atur Waktu Agar Pekerjaan Tidak Tertunda

Membuat Daftar Pekerjaan Sehari Hari

Sebelum memulai semua pekerjaan, ada baiknya semua pekerjaan yang harus kita lakukan dibuat terlebih dahulu. Dengan menulis daftar semua pekerjaan tersebut kita jadi bisa melihat berapa banyak pekerjaan yang harus kita lakukan.

Kemudian kita juga dapat melihat jika kita menunda untuk melakukan satu pekerjaan pasti akan berdampak pada pekerjaan lainnya. Menulis daftar pekerjaan ini dapat dikatakan sebagai alarm untuk terus mengerjakannya sesuai dengan waktu seharusnya. Cara ini juga agar  kita bisa mengontrol semua pekerjaan yang telah dilakukan. 

Tentukan Waktu dalam Setiap Pekerjaan

Setelah selesai membuat semua daftar pekerjaaan, selanjutnya adalah kita harus membuat waktu dalam setiap pengerjaanya. Cara ini dapat kamu manfaatkan agar kamu dapat mengerjakan pekerjaan dengan focus dan terkontrol. 

Kamu harus mulai belajar membatasi waktu untuk menyelesaikan tugas dalam jangka waktu tertentu. Jika cara ini kamu lakukan dengan disiplin dan konsisten maka kedepannya kamu akan lebih mudah untuk mengatur waktu, dan setiap pekerjaanmu tidak akan tertunda.

Selesaikan Pekerjaan Sesuai Dengan Prioritas

Setelah mengatur waktu dan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, kamu juga harus menentukan prioritas dalam setiap pekerjaan tersebut. Dengan membuat daftar prioritas tersebut kamu tidak akan kebingungan lagi untuk menyelesaikan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. 

Dalam membuat prioritas pekerjaan tersebut dapat kamu bagi menjadi 4 bagian yang pertama tugas penting yang mendesak, merupakan tugas pertama yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Kemudian tugas penting tetapi tidak mendesak, merupakan tugas yang dapat kamu kerjakan setelah pekerjaan pekerjaan penting yang mendesak. 

Ketiga tugas tidak penting tetapi mendesak, merupakan tugas yang tidak terlalu penting tetapi harus kamu selesaikan segera. Dan yang terakhir tugas tidak penting dan tidak mendesak, merupakan tugas yang tidak perlu kamu kerjakan. Kamu bisa menghapus tugas ini dari daftar pekerjaanmu, karena akan membuang buang waktumu.

Tetapkan Waktu Untuk Istirahat

Bekerja terlalu lama akan membuat mental dan fisik mu mengalami kelelahan, untuk itu mengambil waktu untuk istirahat adalah hal yang sangat penting. Menetapkan waktu waktu tertentu untuk dijadikan waktu istirahat juga berguna agar waktu lainnya tidak sembarangan kamu gunakan untuk waktu istirahat. Apalagi untuk kamu yang bekerja didepan layar komputer. Waktu untuk mengistirahatkan mata dapat menghindari kelelahan pada mata.

Hindari Multitasking

Semakin banyak pekerjaan yang kita selesaikan secara bersamaan sebenarnya bukan sesuatu yang bagus. Tugas yang kita kerjakan secara bersamaan tersebut nantinya tidak memiliki hasil yang maksimal. Lebih baik jika kita mengerjakan pekerjaan satu persatu, karena jika kita fokus pada satu pekerjaan hasil yang kita dapatkan juga nanti nya akan maksimal. 

Batasi Distraksi

Distraksi yang mengganggu ketika kita sedang melakukan pekerjaan adalah hal yang akan mengganggu focus kita. Untuk itu sebelum memulai suatu pekerjaan batasi distraksi distraksi yang sekiranya nanti akan mengganggu. 

Seperti matikan terlebih dahulu handphone kita jika sekiranya tidak ada hal yang penting. Kemudian batasi penggunaan social media ketika kita sedang bekerja. Dan saat jeda istirahat sebaiknya kita melakukan aktivitas lain yang dapat membantu kita agar lebih fokus. 

Belajar Untuk Mengatakan ‘Tidak”

Belajar untuk mengatakan “tidak” jika sekiranya pekerjaan tersebut tidak mampu untuk kita lakukan. Selain mengenai pekerjaan, kita juga harus bisa mengatakan tidak untuk hal hal yang membebankan diri kita sendiri. 

Tidur Minimal 7 – 8 Jam Sehari dan Olahraga Secara Rutin

Setelah melakukan aktifitas sehari hari yang begitu melelahkan, tubuh kita harus diistirahatkan dengan tidur yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan rata rata orang dewasa untuk tidur adalah 7 – 8 jam sehari. Tidur juga dapat kita manfaatkan untuk mengisi energi kita yang terbuang habis akibat penatnya melakukan pekerjaan. 

Jika tidur kita cukup maka pekerjaan yang akan kita lakukan nantinya tidak akan terganggu akibat mengantuk. Kemudian setelah tidur yang cukup, kita juga harus olahraga secara rutin. Olahraga sangat penting untuk tubuh kita agar tetap bugar. Karena semua pekerjaan akan berjalan lancar jika tubuh kita dapat bekerjasama dengan baik.

 

Related Posts