Home Bisnis dan Usaha Ide Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan

Ide Usaha yang Cocok di Daerah Pegunungan

by Lara Nifa

Tinggal di daerah pegunungan adalah impian bagi sebagian orang yang sudah jenuh dengan hingar bingar perkotaan. Cuaca yang sejuk dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata membuat siapa pun akan betah tinggal di daerah pegunungan. 

Namun apakah ada peluang usaha yang cocok di daerah pegunungan ? Ternyata meskipun jauh dari pusat kota, daerah pegunungan menyimpan banyak potensi usaha yang tak kalah menjanjikan. Nah, untuk kamu yang ingin merintis usaha di daerah pegunungan, simak artikel ini sampai selesai yuk !

Ini Dia Ide Usaha yang Patut Dicoba di Daerah Pegunungan 

Bagi kamu yang berencana ingin beranjak dari perkotaan untuk tinggal dan memulai usaha di daerah pegunungan, berikut kami berikan 6 ide usaha yang cocok.

  • Usaha Perkebunan 

Daerah pegunungan pasti identik dengan tanah yang subur, sehingga tak heran jika segala jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di sana. Nah, potensi tersebut bisa kamu manfaatkan dengan menjadi pengepul sumber pangan seperti buah, sayur, berbagai rempah hingga kopi dan teh. Usaha ini sangat menjanjikan karena pangsa pasarnya pun tak main-main. Karena mayoritas perusahaan besar akan mengambil stok bahan bakunya dari pemasok di daerah pegunungan.

Selain itu, penjual di pasar pasti juga akan membutuhkan sumber pangan tersebut untuk dijual ke konsumen akhir. Banyak  target pasar yang bisa kamu pilih, apalagi sumber pangan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari yang tentunya akan selalu dicari. 

  • Usaha Ternak Hewan

Di daerah pegunungan biasanya masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan. Selain perkebunan, kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan beternak. Apalagi lingkungan di daerah pegunungan sangat sejuk dan asri, sehingga cocok digunakan untuk ternak hewan. Kamu bisa memilih lahan yang letaknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman agar tidak mengganggu. 

Pilih hewan ternak yang menjanjikan dan dibutuhkan setiap saat, contohnya kambing, sapi, ayam atau bebek. Modal yang harus kamu siapkan pun tidaklah banyak. Kamu bisa memulainya dengan skala yang kecil, misalnya 2-3 ekor saja. Dan secara bertahap bisa ditambahkan setelah kamu sudah mendapatkan keuntungan. 

  • Usaha Warung Kopi

Peluang usaha ini memang sudah menjamur di kota-kota besar, namun sekarang pun mulai merambah di kota kecil. Pasalnya, saat ini budaya ngopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat terutama kalangan anak muda. Dan seperti yang kita ketahui, dataran tinggi selalu identik dengan cuacanya yang dingin. 

Menyeduh kopi panas sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan yang indah pasti akan sangat menyenangkan. Nah, ini adalah peluang yang harus kamu manfaatkan dengan membuka warung kopi di daerah pegunungan. Kamu bisa menggunakan kopi khas daerah pegunungan tersebut untuk menambah daya tarik wisatawan. Tambahkan juga beberapa menu pendamping seperti pisang goreng, singkong goreng, aneka gorengan dan lain-lain.

  • Usaha Warung Sembako

Usaha sembako merupakan pilihan tepat jika kamu ingin membuka usaha di wilayah pegunungan. Karena letaknya yang jauh dari pusat kota, untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari pun tidak mudah. Para penduduk harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk bisa mendapatkannya. 

Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu mencoba jenis usaha yang satu ini. Kamu bisa menjual berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, gula dan lain sebagainya. Dan mayoritas kebutuhan yang kamu jual memiliki daya tahan yang lama sehingga tak masalah jika harus stok dagangan dalam jumlah yang banyak.

  • Usaha Penginapan

Sudah sewajarnya jika di daerah pegunungan banyak tempat wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan domestik hingga mancanegara. Mereka ingin menikmati pemandangan alam dan sejenak melepas penat dari rutinitas setiap harinya. Dan tak sedikit yang datang dari jauh sehingga berkunjung sehari tidak akan cukup.

Melihat hal itu, usaha penginapan bisa jadi referensi yang cocok untuk kamu coba. Apalagi jika kamu memiliki modal yang cukup untuk membangun homestay atau villa. Namun kamu harus mempertimbangkan lokasi penginapannya. Karena banyak wisatawan yang lebih memilih penginapan dengan lokasi strategis atau tidak jauh dari tempat wisata, toko sembako, maupun warung makan.

  • Usaha Wisata Outbond

Ide usaha satu ini cocok sekali dibuka di daerah pegunungan karena didukung oleh alamnya yang menakjubkan sehingga membuat siapapun tidak akan bosan. Wisata outbond ini sangat digemari oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Mereka ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan dengan suasana yang berbeda. 

Tak hanya rombongan keluarga saja, banyak perusahaan dan organisasi yang biasanya juga tertarik melakukan kegiatan outbond. Sehingga usaha ini patut kamu pertimbangkan.

Itulah beberapa pilihan usaha yang bisa kamu coba di daerah pegunungan. Saat ini perputaran ekonomi di desa-desa sudah semakin pesat, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk membuka usaha di daerah pegunungan tak jauh dari tempat wisata.

Related Posts