Home Bisnis dan Usaha Ide Usaha Sampingan dengan Peluang Menjanjikan, Cocok Bagi Karyawan

Ide Usaha Sampingan dengan Peluang Menjanjikan, Cocok Bagi Karyawan

by Lara Nifa

Menjalankan usaha sampingan bisa mendatangkan penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan. Kalau omsetnya besar bahkan lebih menguntungkan. Sebagai karyawan, Anda juga bisa memulai usaha sampingan loh. Ini merupakan kebanggan tersendiri, membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari dan menambah aset kekayaan. Kalau berencana memulainya, pastikan bahwa usaha sampingan Anda harus berjalan berdampingan dengan kegiatan kantor. Jangan sampai dijadikan alasan untuk malas atau tidak produktif terhadap pekerjaan Anda, yah!

Berikut ini kami punya beberapa rekomendasi ide usaha sampingan yang cocok dijalankan karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan anak sekolah. Asal direncanakan dengan matang, punya modal, dan bisa mengeksekusinya sebaik mungkin maka akan muncul peluang yang menjanjikan.

Jualan Kopi Racikan

Kalangan milenial hingga generasi Z saat ini sedang menaruh minat tinggi terhadap usaha minuman kopi. Kalau Anda jeli, tentu akan melihat peluang untuk memulai usaha sampingan seperti jualan kopi racikan. Tak perlu membuka kedai besar, cukup jajakan ke kerabat dekat atau teman-teman kantor. Silahkan coba ide usaha sampingan karyawan ini kalau Anda tertarik dan memiliki bakat sebagai barista.

Anda dapat melakukan eksperimen sampai memperoleh hasil racikan kopi yang lezat. Kalau benar-benar serius ingin mengikutinya, tak masalah sampai mengambil kursus barista. Sehingga Anda lebih mudah memahami cara meracik kopi dan mengetahui biji kopi berkualitas.

Dropshipper Atau Reseller Online

Menjadi reseller online tidak membutuhkan modal besar. Gaji karyawan Anda sangat cukup untuk memulai usaha sampingan ini. Cara kerjanya pun mudah, Anda hanya perlu menjual barang-barang yang disediakan oleh pihak distributor atau supplier. Manfaatkan sosial media atau platform e-commerce ternama untuk menjajakan barang. Mulailah dengan membuat konten, menjual produk berkualitas dengan harga bersaing, membangun kepercayaan pelanggan, dan menciptakan loyalitas. Begitupun saat Anda memulai usaha sebagai dropshipper.

Tips menjadi reseller atau dropshipper online yang sukses adalah mengutamakan pelayanan konsumen, memberi kenyamanan, dan cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan terkait dagangan. Anda juga harus rutin memperbaharui barang-barang tertentu. Keuntungan dari bisnis ini adalah fleksibel waktu dan tempat, bisa dikerjakan sepulang kerja di rumah. Anda tak perlu repot mengurus pengiriman barang, karena pihak supplier yang akan mengurusnya. Salah satu barang dropship atau reseller murah dan mudah dapat pembeli adalah fashion.

Penerjemah Lepas (Freelance)

Jika Anda menguasai bahasa asing seperti bahasa inggris, korea, italia, mandarin, jepang, dan lain-lain, silahkan dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai penerjemah lepas atau freelance. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh penerjemah lepas adalah mentranslate surat kabar, dokumen kantor, artikel maupun jurnal. Untuk tarif, Anda dapat menghitungnya sesuai jumlah kata. Bayaran seorang penerjemah lepas cukup menggiurkan, dalam satu project saja mulai dari 100 ribu – 500 ribu rupiah. Ini merupakan salah satu alternatif usaha sampingan yang cocok bagi karyawan, bisa dikerjakan selepas jam kantor, dan pekerjaannya pun tidak memakan waktu lama.

Broker Kendaraan atau Properti

Bisnis kendaraan bermotor dan properti cukup menjanjikan kalau bisa menjual banyak unit. Anda akan untung besar dari komisi-komisi penjualan. Misalnya, untuk setiap properti atau kendaraan yang terjual Anda akan diberikan 1% komisi dari harga. Coba hitung totalnya apabila unit yang terjual lebih dari 10 buah. Tentu sangat menjanjikan lebih dari gaji karyawan.

Meskipun terjun ke dunia bisnis, bukan berarti Anda bisa seenaknya mengabaikan pekerjaan utama. Supaya tidak terbengkalai, keputusan yang bijak adalah menjadi broker kendaraan atau properti secara online yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Silahkan cari mitra kerja yang terpercaya.

Jasa Pembuatan Website

Keberadaan website atau blog tidaklah asing di era teknologi seperti saat ini. Seperti yang kita tahu, penggunaan platform tersebut tak hanya fokus pada promosi semata. Sebab sudah banyak perusahaan besar yang mulai menggunakannya untuk menampilkan citra produk atau layanan mereka. Ini tentu menjadi kesempatan bagi orang-orang yang memiliki keahlian dalam membuat dan mendesain website. Jadikan jasa pembuatan website sebagai usaha sampingan, maka Anda akan untung besar. Apalagi modal yang dibutuhkan tak banyak, hanya perlu internet dan perangkat komputer pribadi. Silahkan tawarkan harga yang sesuai dengan permintaan klien.

Desain Grafis

Keahlian lainnya yang dibutuhkan banyak perusahaan saat ini adalah jasa desain grafis. Bagi Anda yang dianugerahi bakat atau kemampuan di bidang ini, maka jangan disia-siakan begitu saja. Manfaatkan kemampuan desain grafis Anda untuk menghasilkan uang. Anda bisa membuka jasa pembuatan banner, logo, undangan, bahkan kartu nama. Promosikan layanan Anda melalui social media untuk mendatangkan pelanggan potensial.

Itulah beberapa rekomendasi ide usaha sampingan setelah pulang kerja. Kalau ragu memulai karena modal kurang, Anda bisa mengajukan pinjaman, menjual aset tak terpakai, atau menggunakan sebagian tabungan. Selamat mencoba, semoga usaha sampingan sukses besar.

Related Posts