Home Bisnis dan Usaha Ide Usaha Kreatif yang Menghasilkan Cuan

Ide Usaha Kreatif yang Menghasilkan Cuan

by Lara Nifa

Manusia memang diciptakan untuk bisa menjadi sosial dan sebenarnya tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Karena itu tentunya akan membutuhkan kreatifitas agar dapat memberikan manfaat untuk yang lain. Caranya adalah dengan menjadi seorang pebisnis yang sukses, sehingga nantinya bisa membantu banyak orang.

Ide Bisnis Kreatif Dengan Modal Minim

Dengan Anda memiliki jiwa kreatif yang tinggi pastinya memang harus dimiliki seorang pengusaha. Karena akan mudah bagi Anda untuk melahirkan karya-karya baru yang tentunya bisa menarik minat banyak orang, karena jika tidak begitu bisnis Anda bisa jalan ditempat atau bangkrut.

Dimana bila sampai bangkrut akan banyak sekali yang merasa kehilangan dan tentunya akan berdampak pada kehidupan mereka, khususnya orang-orang yang bekerja dengan Anda. Karena itulah sebagai pebisnis Anda dituntut untuk selalu berinovasi.

Berikut dibawah ini adalah beberapa ide usaha kreatif yang mungkin bisa menginspirasi :

Cemilan Unik

Saat ini sudah banyak sekali pebisnis di bidang kuliner yang menuangkan kreativitasnya pada makanan dan tentu saja bisa menjadi favorit banyak orang. Seperti makaroni pedas dan juga keripik kaca. Mungkin Anda juga dapat melakukan hal tersebut dengan membuat camilan yang unik dan belum ada.

Bisa juga dengan mengembangkan camilan-camilan yang sudah ada. Caranya bisa membuat varian lainnya, membuat jenis makanan yang sama tetapi dengan teknik memasak berbeda atau sesuatu yang baru.

Kerajinan Rotan

Seperti yang Anda ketahui bila rotan merupakan salah satu tanaman yang kerap kali digunakan oleh para pengrajin agar bisa menjadi sebuah benda dan tentu bisa bermanfaat bagi banyak orang. Kerajinan dari rotan terbilang bervariasi.

Anda pasti pernah melihat kursi dari rotan, wadah makan, piring dan lain-lainnya. Cobalah Anda berinovasi menggunakan tanaman yang satu ini agar menjadi sesuatu yang dapat menarik minat banyak orang. Misalnya dijadikan dipan, sandal atau lainnya.

Sewa Kostum

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia ini memiliki banyak sekali ragam budaya serta adat istiadatnya. Mulai dari acara pernikahan dengan pakaian tradisionalnya yang beraneka ragam, acara peringatan tertentu dan mengharuskan masyarakat untuk menggunakan pakaian khusus serta masih banyak lainnya.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka jasa persewaan pakaian tradisional atau kostum dari berbagai daerah. Tentunya untuk harga bisa disesuaikan dengan lamanya penggunaan.

Bisnis Jasa Curhat

Bisnis yang satu ini memang terdengar unik. Namun, jangan salah karena kenyataannya banyak sekali orang yang butuh untuk mencurahkan isi hatinya kepada seseorang yang memang mau mendengarkan mereka.

Apalagi jasa ini tidak mengharuskan Anda membeli sesuatu, jadi benar-benar tanpa modal. Anda hanya harus memulai dengan membuat promosi pada media sosial saja. Kemudian klien boleh menelpon atau sekedar bertukar pesan melalui kotak masuk serta whatsapp. Untuk masalah tarif, Anda bisa bernegosiasi terlebih dahulu dengan klien. 

Animator

Saat ini segala hal yang berkaitan dengan seni desain sedang sangat marak dicari, termasuk seorang Animator. Jika, Anda memang memiliki keahlian tersebut tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai ladang uang.

Jasa seorang animator itu terbilang cukup mahal, mengapa? Karena tidak semua orang bisa membuat gambar-gambar seperti itu. Belum lagi peralatannya yang tidak murah, sudah pasti menjadikan seorang animator sangat dicari.

Hadiah Wisuda

Saat ini sudah menjadi kewajiban ketika ada teman, saudara atau rekan yang baru lulus wisuda diberikan hadiah. Bisa berupa karangan bunga, plakat, boneka dan lain sebagainya.

Nah, ini bisa banget dijadikan sebagai peluang untuk memperoleh tambahan. Namun, akan lebih baik bila Anda menggunakan sistem pre-order dengan catatan para konsumen memberikan DP terlebih dahulu dan akan dilunasi pada saat pengambilan.

Hand Lettering

Bila Anda perhatikan, belakangan ini banyak sekali bermunculan orang-orang yang memiliki kelebihan dalam bidang seni menulis atau lebih dikenal dengan hand lettering. Percayakah Anda walau keahlian ini terlihat sepele, namun ternyata bisa memberikan penghasilan yang menjanjikan. 

Bahkan tidak jarang juga dimanfaatkan sebagai hadiah. Tentunya ini sangatlah unik dan masih memiliki peluang besar bila Anda mengambil kesempatan tersebut. Anda bisa berlatih dengan lebih giat agar dapat membuat karya yang indah.

Bucket

Sekarang ini sedang tren memberikan hadiah kepada orang-orang tersayang atau rekan bisnis dengan bucket.Bucket disini tidak melulu merupakan buket bunga segar. Anda bisa menawarkan hal lainnya, misal membuat buket dari alat make up, uang kertas, snack, boneka atau benda lain. 

Beberapa ide di atas mungkin terlihat sepele, namun jika Anda tetap optimis dan berusaha keras. Bisnis-bisnis tersebut tentu akan dapat berkembang dan bertahan, bahkan mungkin saja Anda bisa membuka cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

Namun, tentunya percakapan tersebut hanya bisa dicapai dengan tekad yang kuat, niat, serta pantang menyerah. Hal utama yang harus Anda tahu adalah perencanaan yang matang. Tanpa adanya semua itu, mustahil Anda akan mendapatkan kesuksesan.

Related Posts