Home Perencanaan Ide Usaha Jajanan Rumah Modal Kecil

Ide Usaha Jajanan Rumah Modal Kecil

by Lara Nifa
usaha jajanan rumahan modal kecil

Jajanan rumahan adalah ide yang pas untuk menjadi salah satu alternative bisnis kuliner yang cukup menjanjikan. Hal ini terjadi karena minat terhadap jajanan pasar serta makanan ringan cukup tinggi setiap harinya. Jajanan rumahan yang dulunya harus dijajakan secara offline, sekarang bisa anda jual secara online karena kemajuan teknologi. Anda tidak perlu memusingkan tentang modal yang sangat besar untuk memulai usaha ini, karena pada kenyataannya modal kecil saja anda sudah bisa membuka usaha kuliner yang diminati di setiap kalangan. Berikut ini mari kita simak beberapa jenis usaha jajanan rumah modal kecil yang bisa anda coba dan praktekkan sendiri.

Usaha jajanan rumah modal kecil

Dewasa ini, banyak orang yang memilih untuk beralih ke bisnis kuliner salah satunya adalah jajanan rumahan. Ya, sebab jajanan rumahan ini sangat diminati dan memiliki potensi besar mendapatkan laba yang cukup tinggi.

 Maka dari itu banyak orang yang berlomba-lomba ingin mendirikan usaha seperti ini. Namun, banyak yang masih berpikir kalau memulai usaha apakah harus dimulai dari modal yang besar? tentu saja tidak. jadi mari kita lihat usaha rumahan apa saja yang bisa anda buat dengan modal yang sedikit atau relative kecil.

  • Seblak

Jajanan paling populer sepanjang masa. Makanan ini bisa anda temui di setiap daerah di seluruh Indonesia. Seblak yang tadinya berasal dari daerah Bandung, Jawa Barat kini sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat hingga mudah dibanjiri oleh pelanggan apalagi pecinta kuliner pedas.

Anda bisa memulai bisnis kuliner rumahan dengan usaha berjualan seblak yang berbahan utama kerupuk seblak serta macaroni yang gurih dan lezat. Anda juga bisa menambahkan beberapa toping seperti mie, bakso, sosis, sayur dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut sangat mudah didapat serta pastinya memiliki harga yang terjangkau.

  • Martabak Manis Aneka Toping

Martabak juga menjadi salah satu kudapan yang biasa dicari oleh banyak orang untuk menemani santai ketika minum teh atau kopi. Peminat makanan ini juga tak mengenal usia, dari mulai anak muda hingga orang tua. 

usaha rumahan

Anda bisa memulai bisnis ini dengan berjualan di rumah atau dengan gerobak dan dijajakan di pinggir jalan. Tentu saja anda harus mencari tempat strategis untuk menjajakan martabak seperti pasar atau tempat nongkrong ataupun di tengah kota. Selain itu, anda bisa membuat martabak dengan toping yang berbeda-beda agar menarik dan mudah menjaring pelanggan.

  • Hot Dog Kentang

Makanan yang populer dari negeri gingseng ini juga sangat diminati masyarakat terutama anak muda. Yang menjadikan kuliner ini sangat laris di pasaran adalah karena sering muncul di drama korea. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan bisnis ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan dan mendapatkan untung yang besar. 

Dalam membuat hot dog ini, anda tentunya tidak harus memiliki keahlian khusus sebab resepnya mudah ditemukan di berbagai situs dan anda juga bisa mempelajarinya dengan mudah. Baha-bahan yang digunakan pun juga sangat mudah didapat serta harganya sangat murah. Bila anda belum memiliki keinginan untuk berjualan diluar, anda bisa menjajakannya secara online melalui berbagai aplikasi.

  • Usaha Pisang Nugget

Pisang adalah salah satu buah yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satu yang paling populer adalah banana nugget atau pisang nugget. Makanan olahan pisang dengan berbagai macam toping ini juga sangat populer karena memiliki rasa dan tekstur yang unik daripada olahan pisang biasa. Pisang nugget ini juga sangat mudah untuk membuatnya maka dari itu bisa anda jadikan salah satu alternatif jajanan rumahan yang bisa anda jual.

  • Jajanan Jagung Susu Keju

Jasuke atau jagung susu keju juga tak kalah menarik daripada kuliner di atas loh. Kudapan berbahan dasar jagung manis yang dicampur dengan susu lalu diberi keju parut ini juga mudah ditemukan dimanapun. Cemilan ini umumnya dikategorikan sebagai jajanan pinggir jalan. Selain lezat, camilan ini juga bergizi dan memiliki banyak peminat. Jasuke bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan juga loh.

  • Kerupuk Pedas

Satu lagi alternative jajanan rumahan yang bisa anda jual yaitu kerupuk pedas. Akhir-akhir ini, kerupuk pedas juga tak kalah populer dibandingkan kuliner lainnya. Hanya bermodal kerupuk pedas seperti basreng, cimol goreng ataupun macaroni goreng yang dicampur dengan bumbu pedas yang gurih, anda bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli cemilan yang bisa dinikmati terutama untuk para pecinta pedas.

Demikianlah ulasan dari ide usaha jajanan rumahan modal kecil yang bisa anda coba praktekkan di rumah. Selain rekomendasi-rekomendasi di atas, masih banyak lagi ide usaha dengan modal yang kecil yang bisa anda temukan dalam berbagai platform di internet. Kuncinya hanyalah anda harus tetap konsisten mempertahankan rasa, kualitas serta harga agar jualan anda tetap diminati oleh pelanggan meskipun dengan modal yang minim.

Related Posts