Home Bisnis dan Usaha Ide Usaha Dengan Modal Kecil

Ide Usaha Dengan Modal Kecil

by Lara Nifa

Untuk Anda yang memiliki keinginan membuka sebuah usaha, tidak perlu merasa risau bila hanya memiliki dana terbatas. Karena bila Anda mempunyai rencana bisnis yang tepat, maka peluang untuk bisa sukses tetap akan terbuka lebar.

Pada dasarnya bila Anda memang sudah memiliki sebuah niat dan tekad ingin membuka suatu bisnis, memulai dengan modal yang kecil sekalipun tetap bisa berkembang pesat selama pengelolaannya baik dan benar. Begitu pula jika usaha tersebut dimulai hanya bermodalkan Rp 1.000.000, asalkan memang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Hmm, kira-kira bisnis atau usaha apa ya yang dapat buka hanya dengan modal Rp 1.000.000? Silahkan simak beberapa ide usaha di bawah :

Menjual menu sarapan di rumah

Selanjutnya adalah ragam menu sarapan, sebenarnya banyak yang menjual jenis ini. Namun, tidak ada salahnya mencoba bukan? Anda bisa menjual menu-menu yang variatif, misalnya seperti pecel sayur, aneka bubur, soto, nasi kuning dan lain sebagainya.

Namun, memang jenis bisnis kuliner ini mengharuskan Anda untuk bangun lebih cepat guna mempersiapkan banyak makanan tersebut. Tetapi, tentu Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena dengan membuka usaha ragam menu sarapan, akan sangat membantu orang-orang yang selalu beraktivitas sejak pagi dan tidak sempat memasak. 

Menjual makanan ringan

Siapa yang tidak suka ngemil? Makanan kecil atau selingan ini memang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya dari anak-anak saja, tetapi juga orang tua. Untuk awalnya Anda bisa mencoba membeli jajanan kiloan yang biasanya dijual di pasar-pasar.

Anda dapat membeli beberapa jenis sekaligus, kemudian dibungkus dengan berat tertentu atau bisa juga bila snacknya besar satu plastik diisi beberapa biji. Untuk harganya, juallah standar saja misal Rp 1000 hingga Rp 5000 tergantung berat dan isinya. Anda bisa menitipkannya ke warung-warung atau kantin dan wedangan.

Menjual ragam minuman

Untuk modal pembukaan warung kopi, sebenarnya terbilang cukup besar. Apalagi bila Anda ingin menyewa lokasi, tentunya ini yang akan membuat Anda harus mengeluarkan uang lumayan banyak.

Walau modalnya terbilang besar, namun keuntungan yang Anda dapatkan tidaklah mengecewakan. Hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah peralatan serta kualitas dari kopi yang nantinya akan Anda jual.

Usaha t-shirt pre-order

Selain bisnis pada bidang kuliner, membuka usaha di sektor fashion juga merupakan pilihan yang tepat. Karena sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, bila Anda ingin membuka langsung sebuah toko atau distro, tentu akan mahal sekali dan modalnya pasti besar.

Jadi, Anda bisa melakukannya dengan cara menerima order. Kemudian, Anda dapat mencari sebuah distro atau toko atau bisa juga bekerja sama dengan penjahit yang memang menerima pesanan pakaian dengan sistem made by request. Dengan begitu, tentunya Anda tidak perlu membeli alat/mesin cetak dan pastikan sebelumnya harus membuka pre-order terlebih dulu.

Jasa pengetikan

Belakangan ini jasa mengetik sedang banyak diminati oleh banyak orang, hal ini disebabkan karena dua tahun terakhir mayoritas dari masyarakat tidak bisa beraktivitas diluar rumah. Jadi, jasa pengetikan ini sangatlah digemari.

Anda tidak perlu khawatir dengan orderan yang sepi, karena jasa ini memang banyak dicari khususnya oleh siswa atau mahasiswa yang mayoritas memiliki tugas untuk membuat laporan serta makalah.

Jika dirumah dilengkapi dengan printer, maka bisa juga sekalian dengan mencetaknya. Untuk harga dari jasa tersebut, Anda bisa menghitungnya per lembar atau per kata. Misal tugas tersebut mencapai 2000 kata, bisa dihargai Rp 20.000 atau silahkan dinegosiasikan dengan pelanggan.

Aneka roti atau kue kering

Hmm, Anda memiliki kegemaran membuat kue atau roti? Bagaimana bila hobi tersebut dijadikan sebagai sumber penghasilan? Pasti akan menyenangkan bisa mendapatkan uang dari hal-hal yang memang disukai. Pastinya bila Anda sudah sering membuat kue atau roti, perlengkapan yang dimiliki juga lengkap.

Berarti modal awal yang dibutuhkan hanyalah untuk bahan baku dan pastinya juga Anda telah mengetahui besaran nominalnya. Untuk pemasarannya, mulailah dari orang terdekat, misalnya ibu-ibu komplek, saudara, teman atau rekan kerja. Jangan lupa memberikan trademark sendiri pada produk Anda, agar ada perbedaan dengan yang lainnya.

Aneka minuman

Tidak hanya makanan yang bisa memberikan kepada Anda pundi-pundi rupiah, minuman juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi rekening agar menjadi semakin gendut. Bila Anda mau mengikuti tren yang sedang populer saat ini, maka bisa membuka bisnis minuman dengan menjual beraneka jenis.

Bila biasanya kebanyakan dari pebisnis kuliner hanya akan menjual satu jenis saja. Maka, mengapa tidak Anda coba untuk menjual beragam jenis minuman. Misalnya dalam satu stand, tidak cuma menawarkan jus buah tetapi juga ada aneka minuman susu, kopi serta teh.

Jadi, konsumen mempunyai banyak pilihan dan membuat mereka akan selalu kembali ke stand yang Anda miliki. Untuk bisnis ini Anda dapat bekerja sama dengan teman atau mengerjakan sendiri.

Related Posts